» » Resep Bubur Sumsum Khas yang Nikmat

Pada kesempatan sebelumnya, kita sudah mencoba resep bubut Manado sebagai salah satu alternatif menu di rumah. Sekarang kita akan membuat bubur sumsum yang konon berasal dari pulau Jawa. Dengan adanya pembahasan mengenai resep bubur ini semoga saja akan menambah daftar menu sehat yang dapat disajikan bagi seluruh anggota keluarga. 

Seperti kita ketahui, bubur sumsum merupakan bubur lembut yang dibuat dengan menggunakan tepung beras yang kemudian disajikan bersama dengan kuah.

Bubur sumsum ini berasal dari kebiasaan adat istiadat masyarakat yang ada di Pulau Jawa Indonesia. Nama Bubur Sumsum sendiri berasal dari kata sumsum tulang, ini dikarenakan penampilannya yang mirip dengan sumsum tulang.

Bahan – Bahan Bubur Sumsum

Bahan untuk membuat bubur khas yang nikmat ini terdiri dari dua jenis bahan yaitu bahan untuk membuat bubut dan juga bahan untuk membuah saus atau kuahnya. Bahan-bahan tersebut silahkan disiapkan sesuai yang tercantum di bawah ini.



Bahan Bubur Sumsum

Tepung beras
Santan
Garam
Daun pandan, ikat simpul

100 gr
800 ml
1/4 sdt
2 lembar


Bahan Saus (Kuah)

Gula merah, sisir
Gula pasir
Air
Daun pandan, potong-potong

200 gr
50 gr
250 ml
1 lembar




Jangan kaget karena bahan bahan untuk jenis masakan daerah ini memang sangat sedikit dan tidak susah dalam menyiapkannya. Jenis masakan ini memang masakan yang tidak rumit tetapi banyak digemari oleh masyarakat seperti juga jenis masakan bubur gunting dari Samarinda dan juga Bubur Mengguh dari Bali.

Cara Membuat Bubur Sumsum Nikmat

Karena cara membuat bubur ini tergolong mudah maka saya yakin anda semua dapat dengan mudah mengikutinya. Langkah-langkahnya yaitu:
  • Campur tepung beras dengan sebagian santan dan garam, aduk rata
  • Masak sisa santan dan pandan sambil terus diaduk hingga mendidih. 
  • Tuang ke larutan tepung beras , aduk terus hingga kental dan mendidih. 
  • Angkat
  • Saus : Masak semua bahan hingga mendidih dan gula larut. Angkat, saring. 
  • Sajikan bubur dengan sausnya, untuk porsi 6 orang 
Saran penyajian: dalam menyajikan bubur semacam ini kita dapat mengkombinasikan beberapa tambahan yang sesuai dengan selera kita.

Terkadang ada juga yang menghidangkannya dalam keadaan dingin dengan menambahkan es batu. Bisa juga kita menyajikannya dengan dampingan cemilan yang rasanya seirama dengan rasa bubur tersebut.

Pokoknya semua kreasi penyajian akan sangat tergantung dengan selera dan kebiasaan kita dalam menghidangkan makanan ringan seperti ini. Selesai sudah bubur nikmat yang kita buat, sekarang giliran menikmatinya sebagai teman bersantai bersama keluarga di rumah. 

Cara Membuat Bubur Sumsum
Resep Bubur Sumsum Khas yang Nikmat
Meski resep ini bukan sesuatu yang dapat disajikan setiap waktu namun bubur ini tentunya dapat kita sajikan dikala senggang seperti pagi hari saat liburan atau sore hari sambil bersantai. Saya rasa cukup sampai disini saja resep kali ini, silahkan mencoba resep spesial dari blog masakan-khas-daerah tersebut.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post