» » » Cara Membuat Resep Bubur Tinutuan Manado

Resep bubur merupakan salah satu makanan spesial yang dapat kita hidangkan di waktu-waktu spesial. Salah satu menu bubur yang banyak dikenal adalah bubur tinutuan Manado daerah Sulawesi Utara. Melalui update ini kita akan coba membuat menu tersebut.

Seperti kita tahu, Manado merupakan salah satu lokasi yang juga memiliki kekayaan kuliner yang cukup menarik. Salah satunya adalah jenis makanan khas Manado yang masuk dalam kategori bubur yaitu "bubur tinutuan".

Masakan ini menjadi salah satu rekomendasi karena keunikan rasa yang ada dan kelezatan masakan tersebut. Biasanya, beberapa yang juga akan berkaitan dengan masalah ini yaitu:

1) Resep bubur manado
2) Bubur manado
3) Bubur
4) Resep tinutuan

Sekedar gambaran saja, sekilas makanan ini tidak berbeda dengan jenis makanan dari daerah lain. Sama dengan bubur lain, tinutuan juga terbuat dari bahan beras.

Yang sedikit berbeda, bubur ini menggunakan tambahan bahan dasar lain seperti labu kuning dan juga ubi merah. Selain itu, yang membuat panganan ini menarik bubur ini juga menggunakan jagung manis, bayam dan juga melinjo jadi sudah cukup beragam. 

Tentu saja, kita tidak hanya akan berbicara mengenai hal tersebut tetapi intinya adalah kita akan mencoba resep masakan bubur tinutuan tersebut. Jadi kita akan belajar untuk menyajikan sendiri sajian tersebut di rumah agar jika kita ingin menyantapnya tidak perlu jauh-jauh. Mau ikutan belajar memasak masakan tersebut?

A. Bahan Bubur

Seperti bubur lain, tinutuan terbuat dari bahan dasar beras yang dihaluskan, untuk bahan-bahan lain yang digunakan untuk masakan ini yaitu:
  • 200 gram beras, cuci bersih
  • 1 ½ liter air
  • 2 lembar daun salam
  • 2 batang serai
  • 600 ml santan dari ½ butir kelapa
  • 1 ½ sdm garam
  • 200 gram labu kuning, potong-potong
  • 200 gram ubi merah, potong-potong
  • 2 buah jagung manis, iris bulirnya
  • 150 gram bayam
  • 75 gram daun melinjo
  • 5 tangkai kemangi, ambil daunnya

Tidak berbeda jauh dengan bubur lain ya, namun bisa kita lihat bahwa bubur manado ini menggunakan bahan yang cukup beragam sehingga rasanya sudah tentu akan lebih menarik.

B. Cara Membuat Bubur Tinutuan Manado

Membuat Bubur Tinutuan Manado tidak sulit seperti menu-menu bubur lainnya. Jika sobat netter ingin mencobanya mari ikuti panduan yang ada. Langkah-langkah membuat resep Manado ini yaitu:
  1. Masak beras dengan daun salam dan serai sampai beras hancur. 
  2. Tambahkan santan dan garam, aduk rata. Biarkan sampai mendidih lagi.
  3. Masukkan labu kuning dan ubi merah, aduk. Biarkan sampai labu dan ubi matang. 
  4. Masukkan jagung manis, bayam, dan daun melinjo, aduk rata.
  5. Kecilkan apinya, lanjutkan memasak sampai bubur kental. 
  6. Tambahkan daun kemangi, aduk sebentar, angkat.
  7. Sajikan untuk 6 orang
Bubur Tinutuan Manado

Bagaimana? Cara membuat bubur tinutuan Manado tersebut dapat kita coba bersama-sama di dapur kita. Dengan mencoba resep baru ini kita memiliki referensi masakan lain yang spesial yang dapat disajikan pada waktu-waktu tertentu sesuai selera.

Memasak itu mudah kok. Yang terpenting itu sebenarnya kreatif. Meski tidak memiliki banyak resep sekalipun. Kita bisa mencari ide dari berbagai jenis masakan yang ada di nusantara. Salah satunya bisa dilihat disini.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post