» » » Resep Bubur Gunting Enak dari Samarinda

Masih dengan resep khas daerah Kalimantan Timur yaitu Samarinda, hari ini kita akan membuat sebuah sajian enak yaitu bubur gunting. Resep bubur gunting ini sengaja kita bahas disini untuk melengkapi menu-menu khas yang sebelumnya sudah kita coba bersama-sama. 

Tentunya menu ini dapat kita jadikan sebagai salah satu variasi menu sarapan atau lainnya.

Bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan "resep bubur gunting" ini tidak banyak dan mudah disiapkan. Selain bahan dan bumbu yang sedikit sehingga mudah disiapkan menu khas Samarinda ini juga memiliki kelebihan yaitu cara membuatnya yang tidak sulit atau mudah. 

Rekan semua yang ingin mencoba menyajikan masakan khas daerah yang satu ini dapat mulai menyiapkan bahan dan bumbu yang dibutuhkan sesuai pada daftar berikut.



Bahan Dasar

Tepung ketan
Air kapur sirih
Air daun suji
Garam
Santan
Gula merah, disisir
Garam

125 gr
¼ sdt
100 ml (20 daun suji dan 5 daun pandan) hangatkan
¼ sdt
500 ml dari ½ kelapa
150 gr
¼ sdt



Kalau sudah siap dengan bahan, bumbu dan juga alat masak yang akan digunakan, silahkan langsung mulai memasak bubur gunting enak tersebut dengan langkah-langkah yang sudah disiapkan dibawah.
  • Aduk rata tepung ketan, garam, air kapur sirih, air daun suji sampai kalis.
  • Bentuk bulat memanjang lalu gunting serong.
  • Rebus santan, garam dan gula merah sambil diaduk sampai mendidih.
  • Masukan adonan yang sudah digunting-gunting. 
  • Rebus sampai matang sambil diaduk perlahan. 
  • Selamat mencoba
Saya rasa lengkap sudah artikel masakan tentang cara memasak Bubur Gunting Enak dari Samarinda kali ini. Semoga dapat menambah kaya resep-resep yang sudah ada di rumah. 

Resep Bubur Gunting Enak dari Samarinda

Jangan lupa kalau sudah mencoba menu ini silahkan coba juga resep Samarinda lain yang tak kalah enak dan seru. Selain bubur di atas masih ada banyak resep bubur lain yang tak kalah segar kok. Pilih saja ya, dibagian akhir tulisan ini.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post