» » » Cara Membuat Puding dari Lidah Buaya

Selain dijadikan aneka es lidah buaya, daun tanaman lidah buaya juga sudah banyak dimanfaatkan menjadi makanan ringan yaitu pudding. Resep kali ini akan mengantarkan kita dua alternatif cara membuat pudding dari daun lidah buaya untuk bersama-sama kita coba di rumah masing-masing. 

Bahasa keren sajian ini adalah "pudding aloe vera" yang sudah lumayan terkenal. Jika ingin mencoba juga mari ikuti cara membuatnya yang akan dijelaskan rinci mulai dari persiapan alat yang dibutuhkan, bahan-bahan sampai dengan proses pembuatannya.

Kalau kita sering belajar dengan resep - resep baru maka kita akan mendapatkan lebih banyak referensi. Harapannya, referensi seperti ini bisa membangkitkan kreativitas kita dalam menyajikan berbagai olahan untuk keluarga.

Untuk puding misalnya, tentu kita bisa menyajikan berbagai pilihan kreasi. Jadi, untuk satu jenis makanan kita memiliki beberapa pilihan. Kan tidak akan bosan. kalau kita harus menyajikan menu yang sama dalam waktu dekat. Benar tidak?

A. Resep Pertama Puding Lidah Buaya

Untuk membuat pudding menggunakan cara pertama kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu bahan dasar pudding dan juga bahan saus. Bahan-bahan tersebut seperti pada daftar bahan di bawah ini.


Bahan Dasar Puding

Agar-agar merah
Gula pasir
Susu cair
Sari lidah buaya, siap beli

1 bungkus
5 sendok
750 ml
200 gram


Bahan Saus Jeruk

Air
Konsentrat jeruk
Gula pasir
Jeruk Sunkist, potong-potong
Maizena, larutkan dgn 3 sdm air
250 ml
4 sendok
3 sendok
1 buah
1 sendok teh



Kalau bahan telah siap semua langkah-langkah untuk membuat resep lidah buaya ini adalah sebagai berikut:
  • Untuk pudding; campur agar-agar, gula pasir, susu cair. Masak hingga mendidih. Angkat.
  • Masukkan sari lidah buaya, aduk rata. Tuang adonan ke dalam Loyang, diamkan hingga mengeras.
  • Untuk Saus Jeruk; Didihkan air, masukkan gula pasir, konsentrat jeruk. Masak hingga gula larut.
  • Masukkan potongan jeruk, larutan maizena. Masak hingga mengental. Angkat.
  • Sajikan pudding lidah buaya dengan saus jeruk. 
Mudah bukan untuk membuat pudding dengan saus jeruk tersebut, sekarang silahkan anda coba di rumah jika berkenan dan sesuai dengan kesukaan keluarga. Kalau kurang suka dengan resep yang di atas silahkan coba resep pudding kedua yang akan dijelaskan di bawah ini. 

Resep Kedua Puding Aloe Vera 

Jika anda tidak mencoba resep yang pertama silahkan coba resep pudding yang ada berikut ini sebagai alternatif pudding yang mungkin berkenan. Cara membuatnya mudah dan tidak terlalu ribet tinggal kita siapkan bahan-bahannya saja dan ikuti langkahnya. Untuk bahannya silahkan siapkan sesuai yang ada di daftar bahan berikut.

Bahan Puding Aloe Vera
  1. Lima batang lidah buaya
  2. Air secukupnya
  3. Agar-agar
  4. Susu kental manis
  5. Gula secukupnya

Cara Membuat Puding Aloe Vera
  • Lidah buaya dikupas, potong-potong, lalu cuci sampai bersih dan lendirnya hilang.
  • Blender lidah buaya dengan air secukupnya, kemudian saring agar ampas lidah buaya terpisah.
  • Campurkan hasil saringan lidah buaya dengan agar-agar, susu kental manis (sesuai selera), dan gula pasir (sesuai selera). Aduk sampai rata.
  • Masak campuran tersebut sampai mendidih sambil diaduk-aduk.
  • Masukkan ke dalam cetakan, kemudian masukkan ke dalam kulkas jika sudah tidak terlalu panas.

Pudding merupakan salah satu masakan yang banyak digemari khususnya bagi anak-anak, semoga saja dengan tambahan "Cara Membuat Puding dari Lidah Buaya" tersebut di atas dapat memberikan alternatif menu-menu ringan yang dapat kita sajikan.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post