» » Cara Membuat Aneka Resep Es dari Lidah Buaya

Menyambung resep Dodol Lidah Buaya yang sebelumnya telah kita coba sekarang kita akan belajar cara membuat aneka resep es dari daun tanaman lidah buaya. Buat anda penggemar es tentunya resep es dari lidah buaya berikut dapat dijadikan minuman selingan pada waktu-waktu tertentu. 

Seperti kita ketahui tanaman lidah buaya sudah banyak dimanfaatkan sebagai bahan olahan makanan mulai dari makanan cepat saji sampai makanan padat bahkan makanan kemasan.

Salah satu pemanfaatan lidah buaya yang sudah banyak dijumpai adalah pemanfaatan lidah buaya sebagai bahan pembuatan es yang memiliki banyak variasi.

Banyak kalangan juga telah mengetahui bahwa tanaman ini mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh kita karenanya tidak salah jika sekarang ini sudah banyak yang mulai berkreasi dengan tanaman ini. 

Resep es yang akan kita coba buat akan terdiri dari empat kreasi resep es yang berbeda-beda dimana semua bahan dasarnya dari daun tanaman lidah buaya. Resep es tersebut yaitu:
  • Resep Minuman Es Lidah Buaya Biji Selasih
  • Es Dawet Lidah Buaya
  • Es Cendol Lidah Buaya
  • Rambut Es Lidah Buaya
Anda yang berminat dapat mencoba semua resep-resep kreasi lidah buaya tersebut atau memilih resep es yang diinginkan dengan panduan cara membuat yang akan segera diberikan setelah ini. 

Resep Minuman Es Lidah Buaya Biji Selasih

Resep es lidah buaya yang pertama adalah resep dengan paduan bahan dasar lidah buaya dan juga biji selasih. Untuk membuat "es lidah buaya biji selasih" ini mari kita siapkan bahan-bahan yang akan kita gunakan seperti pada daftar berikut!


Bahan Dasar

Daun lidah buaya
Kapur sirih
Air
Garam
Gula pasir
Daun pandan, potong-potong
Vanili
Biji selasih kering, rendam sampai mekar
Air untuk merebus lidah buaya
Es batu
600 gram 
1 sdt
300 ml 
1 sdt
400 gram
2
½ sdt
1 sdm
800 ml
secukupnya


Sudah siap dengan semua bahan yang dibutuhkan kita langsung menuju ke proses pembuatan. Langkah-langkah membuat es ini yaitu seperti dijelaskan di bawah ini.
  • Kupas lidah buaya, lalu potong kotak, cuci bersih.
  • Aduk lidah buaya yang telah dicuci bersih bersama kapur sirih yang dilarutkan dengan 300 ml air dan garam.
  • Diamkan selama kurang lebih 60 menit. Cuci kembali sampai tidak berlendir, tiriskan.
  • Didihkan air, lalu masukkan lidah buaya. Rebus selama 10 menit. Angkat dan tiriskan.
  • Masak 800 ml air dengan gula pasir dan daun pandan sampai gula larut.
  • Tambahkan vanili, lalu masukkan lidah buaya. Aduk sebentar, angkat dan dinginkan.
Dalam membuat es ini sebaiknya kita pilih lidah buaya yang bagus dari pelepah yang lebat agar kualitasnya lebih baik. Untuk penyajian, tambahkan selasih dalam gelas saji berisi lidah buaya dan airnya. Jangan lupa tambahkan juga es batu agar lebih segar. 

Es Dawet Lidah Buaya

Resep es selanjutnya adalah resep es dawet lidah buaya, jika anda tidak berminat dengan es biji selasih atau ingin mencoba juga es dawet ini mari ikuti panduan pembuatan es dawetnya di bawah ini. Untuk menikmati es ini mari siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu kemudian ikuti cara membuat yang sudah disiapkan.

Bahan es dawet lidah buaya
  • Lidah buaya + 10 buah (8 kg)
  • Jeruk nipis 5-6 buah
  • Santan dari 5½ butir kelapa
  • Daun pandan
  • Gula merah/sirup
  • Es batu

Cara membuat es dawet lidah buaya
  1. Lidah buaya dikupas dan dipotong berbentuk dadu.
  2. Kemudian rendam dengan air jeruk nipis selama 3 hari.
  3. Setiap hari, air jeruk nipis diganti dan dicuci bersih.
  4. Panaskan santan, tambahkan daun pandan dan dinginkan.
  5. Gula merah dicampur dengan air, panaskan, kemudian saring dan dinginkan.
  6. Siapkan gelas/mangkok. Masukkan potongan dadu lidah buaya, es batu dan siram dengan santan, tambahkan gula merah/sirup.

Es Cendol Lidah Buaya

Resep es terakhir yang dapat kita sajikan adalah es cendol. Yang hobi dengan es cendol dengan variasi tertentu yuk langsung kita buat saja es cendol lidah buayanya dengan panduan sebagai berikut.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Es Dawet Lidah Buaya
  • 1 kg lidah buaya
  • 250 gram gula merah
  • 250 ml santan kental
  • Garam 
  • Daun pandan secukupnya

Cara Membuat Cendol Lidah Buaya
  1. Mulanya, bagian kulit lidah buaya dikupas. Kemudian bagian dalam (daging) dipotong-potong, diberi garam dan diaduk hingga semua lendirnya keluar.
  2. Bilaslah dengan air bersih hingga 2-3 kali. Potongan yang telah bersih itu dimasak dengan sedikit air (dan daun pandan) hingga matang atau mendidih. Maka potongan daging lidah buaya pun sudah menjelma menjadi cendol.
  3. Cendol lidah buaya sangat nikmat ketika dibuat sirup. Dalam hal ini, 250 gram gula merah dilarutkan dalam 250 ml air dan didihkan. Bisa juga ditambahkan santan, bahkan untuk menikmati sensasi lebih bisa ditambahkan serutan es.
  4. Bagi pedagang kecil, mungkin pola penjualannya tidak beda dengan penjual es cendol kelilingan atau mangkal di tempat tertentu. Tetapi bagi perajin yang ingin menjual dalam bentuk kemasan botol, atau plastik, proses ini tinggal dikombinasi dengan proses sterilisasi / pasteurisasi untuk memperlama masa simpan.
Nah itulah tadi "Cara Membuat Aneka Resep Es dari Lidah Buaya" yang dapat langsung kita praktekkan di rumah.

Kreasi es tersebut akan sangat tegantung dengan ide-ide unik anda dalam menyajikan sebuah hidangan jadi silahkan kembangkan resep di atas menjadi resep minuman khas yang sesuai dengan lidah anda dan keluarga tercinta.


Jangan lupa nantikan berbagai resep minuman segar lain yang terus akan disajikan di blog ini secara rutin. Supaya tidak sudah silahkan catat alamat blog ini atau bergabunglah ke fanpage blog ini. Sekian, selamat mencoba.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post