» » » Menu Gence Ruan dari Kaltim Yang Wow

Yang akan kita coba yaitu menu gence ruan yang merupakan masakan khas dari kaltim yang wow. Menu kalimantan ini adalah menu lauk yang terbuat dari bahan utama yaitu ikan haruan atau sering dikenal dengan sebutan ikan gabus. 


Yang belum tahu. Masakan yang satu ini adalah jenis masakan dengan bahan dasar ikan. Ikan yang digunakan adalah ikan gabus. Ikan ini cukup lezat dan bergizi. Tentu sudah jadi modal masakan ya. Apalagi dipadu dengan bahan-bahan rempah. Pasti mantap.

Penasaran rasanya, penasaran juga bagaimana mengolah masakan tersebut ya. Tidak perlu khawatir ya. Bagaimanakah cara membuat menu gence ruan dari kaltim yang wow tersebut, mari ikuti penjelasannya bersama-sama.

A. Bahan dan bumbu

Kalau mengenai bumbu, bumbu yang digunakan adalah bumbu rempah yang umum digunakan dalam masakan. Sedangkan untuk bahan dasar atau bahan utama, dalam masakan ini digunakan ikan gabus. Bahan dan bumbu selengkapnya untuk masakan ini yaitu seperti dalam daftar.


Bahan-Bahan

Ikan haruan (ikan gabus)
Garam
Gula pasir
Bumbu penyedap
Air
Asam jawa (dari 1 sdt asam jawa dan 1 sdm air)
Minyak untuk menumis

:
:
:
:
:
:
:
2 ekor (300 gram)
¾ sdt
¾ sdt
½ sdt
125 ml
1 sdt
1 sdm


Bumbu Halus

Bawang merah
Bawang putih
Cabai merah besar
Cabai merah keriting

:
:
:
:
10 siung
2 siung
2 buah
4 buah


Bisa dilihat di atas. Silahkan yang mau ikutan mencoba bisa mulai menyiapkan kebutuhannya. Untuk bahan utamanya yaitu ikan haruan. Kalau tidak ada bisa dicoba dengan jenis ikan lain. Selain ikan, jangan lupa siapkan juga bumbu yang dibutuhkan.

B. Cara membuat gence ruan Khas Kaltim

Kalau kita bicara mengenai bagaimana memasak masakan ini tentunya tidaklah begitu sulit. Yang perlu kita lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan, membersihkan bahan utama masakan serta mengolahnya menjadi sebuah masakan yang lezat. Cara memasak secara detail dijelaskan di bawah ini.

  • Belah ikan gabus dari kepala sampai ekor tidak putus. 
  • Lumuri ikan gabus dengan ½ sdt garam. Diamkan selama 15 menit. 
  • Bakar ikan gabus sambil dibolak balik sampai matang dan harum.
  • Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum. 
  • Masukkan garam, gula pasir, bumbu penyedap, air dan air asam jawa. Masak sampai matang.
  • Siram ikan gabus dengan bumbu tumisan. Angkat dan sajikan untuk 2 porsi
  • Menu gence ruan tersebut dapat kita kreasikan sesuai dengan selera kita yaitu dengan mengkombinasikan bahan dasar yang digunakan atau menggantinya dengan bahan lain yang sejenis. 
Untuk bumbu sebaiknya jangan kita ubah terlalu banyak karena itu akan mempengaruhi rasa. Kecuali anda ingin membuat masakan ini lebih pedas atau kurang pedas. Jika terlalu banyak perubahan tentunya yang akan kita dapati adalah sebuah masakan lain. 

Nanti bisa jadi resep gence ruan yang sudah dikembangkan. Ya pokoknya terserah yang masak aja deh. Resep kan hanya jadi referensi saja. Kecuali kalau ingin merasakan cita rasa khas dari derah asalnya. Demikian untuk resep masakan kali ini, semoga menambah inspirasi kita semua.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post