» » » Cara Membuat Soto Banjar Asli Kalimantan Selatan

Makanan ini sedikit ringan namun tetap mengenyangkan yaitu soto banjar. Pasti sudah pernah mendengar masakan khas daerah ini kan, makanya kali ini kita akan mencoba membuat soto banjar asli khas kalimantan selatan di dapur kita. Yuk, langsung saja menuju dapur tercinta.

Soto Banjar Kalimantan Selatan

Siapa yang suka jajan? Makanan ringan selain nasi. Soto menjadi salah satu alternatif yang bisa dipilih. Untuk mengisi kekosongan. Menghilangkan kebosanan. Soto juga ada banyak jenisnya loh. Seperti yang akan kita coba bersama ini. 

Kali ini kita akan belajar kreasi resep yang belum pernah dicoba. Cocok untuk teman santai. Disantap hangat di sore hari sambil menikmati acara kesukaan. Apalagi kalau masih hangat. Bersama orang tercinta lagi. Mantap deh.

A. Bahan-Bahan Soto Banjar Asli

Hoi, saat ini kita akan sedikit sibuk karena untuk menyajikan soto banjar asli ini kita membutuhkan banyak bahan-bahan. Tetapi tenang saja, setelah siap saji saya yakin rasa lelah akan segera terbayar. Yuk langsung saja kita siapkan bahan-bahan soto yang akan kita buat, berikut bahannya.

Bahan - bahan
1/2 ekor ayam kampung, dipotong-potong
1 ½ sendok makan garam
3 cm jahe, dimemarkan dulu
2 lembar daun salam
2 liter asir bersih

Bumbu dihaluskan
10 butir bawang merah
1 sendok teh merica butir
5 siung bawang putih


Bahan ditumis
3 buah kapulaga
3 cm kayumanis
4 butir cengkih
½ buah pala

Pelengkap
100 gram soun kering, seduh air panas, tiriskan
4 butir telur rebus, belah dua
6 buah perkedel kentang
1 batang daun bawang, iris halus
2 batang seledri, iris halus
3 sendok makan bawang goreng, untuk taburan
2 buah jeruk nipis, belah-belah
Secukupnya Kecap manis
Secukupnya Ketupat

Agak banyak ya. Tapi sesuai sih. Kita harus menyiapkan semua bahan seperti yang ditulis di daftar di atas. Ada bahan utama. Ada bahan bumbu halus. Ada juga bahan untuk bumbu tumis dan juga pelengkap. Silahkan disiapkan terlebih dahulu ya.

B. Cara Membuat Soto Ayam Banjar Kalimantan Selatan

Hai, langsung saja diramu berbagai bahan yang sudah disebutkan diatas, agar tidak bingung mari kita lakukan dengan mengikuti langkah-langkah cara membuat soto banjar kal-sel yang ada dibawah ini.

Pertama Rebus ayam bersama garam, daun salam, dan jahe hingga empuk dan juga matang. Jika sudah dirasa mantang dan empuk, angkat dan suir suir dagingnya lalu sisihkan. Biarkan air kaldu mendidih dengan api kecil.

Diwajan lain Tumis bumbu halus, kapulaga, kayumanis, cengkih, dan pala sampai harum. Setelah itu angkat dan masukkan tumisan ke kaldu mendidih. Biarkan mendidih dan elesai.

Cara penyajiannya tergatung selera kita bisa ambil mangkok lalu atur ketupat, soun, perkedel, telur, dan ayam suir. Siram dengan kuah soto. Lalu taburi dengan daun bawang, seledri, dan bawang goreng. Jangan lupa beri kecap dan air jeruk nipis dan juga sambalnya.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
This is the last post.