» » » Resep Masakan Gulai Banak (Otak)

Resep Masakan Gulai Banak (Otak) - Seingat saya, resep dengan bahan dasar otak belum pernah kita coba jadi hari ini mari mencoba membuat masakan gulai banak yang merupakan menu khas Palembang. Dengan menu dengan bahan dasar otak sapi ini kita akan membuat keluarga tercinta makin sayang dan menantikan resep-resep kejutan kita sehari-hari.

Mengapa memilih otak sapi untuk Gulai Banak? Jika ada yang belum tahu ternyata otak sapi benar-benar memiliki banyak nilai gizi. Otak sapi cukup rendah lemak dan merupakan salah satu sumber alami beberapa vitamin A jadi wajar jika menu yang akan kita bahas ini menggunakannya sebagai bahan masakan.

Menurut studi, otak sapi mengandung nutrisi lebih tinggi dibandingkan dengan organ sapi lainnya dan mengandung minyak alami yang sehat. Seperti dilansir dari M.natural news, anak yang tumbuh dengan tambahan asupan otak sapi akan memiliki otak dan sistem saraf yang lebih sehat. Selain itu, otak sapi dikatakan sebagai makanan tinggi kolesterol, ternyata otak sapi memiliki kandungan kolesterol yang cukup baik bagi tubuh. Dimana kolesterol ini berguna untuk produksi hormon esensial bagi tubuh. Tapi sebelum membahas lebih jauh lihat juga:


Meski dikatakan mengandung kolesterol yang cukup tinggi tetapi jika kita menyajikan menu seperti ini dengan wajar dan tidak terlalu sering dan banyak tentunya akan sehat seperti yang dijelaskan dari hasil penelitian khususnya untuk anak yang sedang tumbuh kembang.

Bahan Masakan Gulai Banak

Pertama mari langsung saja disiapkan bahan-bahan yang akan dibutuhkan untuk memasak resep ini. Bahan-bahan tersebut yaitu:

Bahan Dasar
  • 1 potong otak sapi atau kerbau
  • 10 lembar daun mangkokan (tapak leman)
  • 1 batang serai
  • 1 lembar daun kunyit
  • 2 potong asam kandis
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 750 cc santan dari 1 butir kelapa
Bahan Bumbu Halus
  • 15 buah cabe merah keriting
  • 12 siung bawang merah
  • 3 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 2 cm lengkuas
Kalau dilihat dari bahan dan juga bumbu yang ada pada daftar di atas memang masakan ini tidak berbeda dengan masakan gulai lainnya. Namun jika kita sudah mencoba sendiri masakan ini maka kita akan tahu bagaimana rasa dari masakan tersebut. 

Cara Membuat Gulai Banak Palembang

Hanya beberapa tahap yang perlu kita lakukan untuk membuat menu khas gulai sapi Palembang ini. Tahap pembuatan tersebut yaitu seperti dijelaskan di bawah ini.
  1. Rajang halus daun mangkokan, kemudian remas-remas dengan 1 sendok makan garam. 
  2. Diamkan selama menit, lalu cuci bersih, tiriskan.
  3. Didihkan air, masukan otak kedalamnya selama 5 menit, lalu angkat. 
  4. Buang kulit ari dan urat-urat darahnya.
  5. Setelah bersih potong-potong bentuk dadu.
  6. Campurkan santan dengan bumbu-bumbu, masak sampai mendidih sambil sekali-kali diaduk.
  7. Masukan daun mangkokan. 
  8. Biarkan sebentar sampai daun layu, baru masukan otak. 
  9. Setelah santan kembali mendidih baru diangkat dan dihidangkan.
Tidak sulit bukan? Ya, seperti jenis masakan lain menu yang satu ini juga tidak begitu sulit untuk kita buat sendiri di rumah. Dengan tambahan menu khas dari daerah Padang ini maka kita akan memiliki lebih banyak menu makanan yang bisa disajikan setiap harinya atau di hari-hari spesial.
Menu Khas Gulai Banak (Otak) dan Cara Membuatnya
Bahan dasar gulai banak

Sekarang hidangan spesial Menu Khas Gulai Banak (Otak) dan Cara Membuatnya kali ini siap untuk kita sajikan di meja keluarga. Jangan sampai lupa, masih banyak masakan Khas Palembang lain yang juga dapat kita jadwalkan untuk menu-menu pilihan keluarga.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post