» » » » Ayam Panggang Spesial Keraton

Membuat Ayam Panggang Spesial Keraton Yang Wow - Resep ayam panggang kali ini sedikit wow karena disini kita akan mencoba membuat ayam panggang spesial keraton yang belum pernah dibahas sebelumnya. 

Kalau ingin tahu bagaimana bedanya menu tersebut mari langsung baca penjelasannya. Meski saya sedikit lupa keraton yang dimaksud dalam masakan ini tetapi tetap saja masakan ini layak untuk dikreasikan di dapur kita agar lebih memperlengkap menu ayam panggang yang sudah biasa kita sajikan. 

Karena merupakan resep khas daerah maka sudah pasti menu ini memiliki cita rasa khas yang mewakili daerah asalnya. Untuk edisi spesial kali ini kita akan mencoba memasak menu khas tersebut di dapur kita.

Siapa tahu saja menu masakan ini bisa menjadi salah satu menu kesayangan untuk keluarga tercinta. Bagi yang ingin ikutan mencoba mari langsung kita persiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Tidak sabar kan mencicipi istimewanya masakan tersebut?

A. Bahan dan Bumbu

Ayam panggang keraton asli ini tidak jauh berbeda dalam hal penggunaan bahan dan bumbunya. Daging ayam dengan beberapa campuran yang diolah dengan rempah asli membuat masakan ini nendang dilidah. Supaya tidak penasaran mari langsung kita siapkan bahan dan bumbu yang diperlukan.


Bahan Dasar

Ekor ayam, potong 2 bagian
Jahe, memarkan
Daun salam
Air panas
Tomat, cincang kasar
Gula merah, sisir
Minyak goreng
Garam, lada & kaldu non MSG

:
:
:
:
:
:
:
:
1/2 ekor
2 ruas
2 lbr
750 ltr
150 gr
1 sdm
3 sdm
secukupnya


Bumbu Gerus Kasar

Bawang merah
Bawang putih
Cabe merah

:
:
:
5 butir
3 siung
5 bh


Bahan dan bumbu yang umum digunakan di atas tentunya tidak akan mempersulit kita yang hendak merasakan wow-nya menu spesial ini. Setelah semua siap, mari langsung ke tahap selanjutnya.

B. Cara Membuat Ayam Panggang Keraton 

Menu ayam panggang pasti tidak sulit membuatnya, tidak percaya, langsung saja kita ikuti langkah-langkahnya seperti dijelaskan sebagai berikut.

  • Panaskan minyak, masukan bumbu halus, ayam, jahe & daun salam, aduk & masak hingga ayam berubah warna 
  • Tambahkan air panas, aduk hingga mendidih 
  • Masukan tomat, gula merah & garam, lada, penyedap non msg aduk & masak dengan api sedang hingga kuah hampir kering & ayam cukup empuk. 
  • Siapkan bara api, panggang ayam sambil di bolak balik & diberi sisa bumbu agak mengering 
  • Angkat dan sajikan 

Benarkan? Buktinya hanya dengan menghabiskan beberapa menit saja masakan ini sudah siap disantap. Supaya lebih mantap lagi jangan lupa untuk mencari alternatif menu pelengkap ayam bakar yang dapat disajikan.


Terakhir, agar tidak ketinggalan update menu-menu spesial daerah lainnya maka jangan lupa untuk mencatat alamat ini. Terima kasih atas waktu dan kesediannya mencoba masakan ini, sampai bertemu di menu wow lainnya.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post