» » » Sate Kambing Yang Menggoda Khas Pamekasan

Sate Kambing Yang Menggoda Khas Pamekasan - Ada banyak jenis sate yang dapat kita buat, salah satunya sate kambing yang menggoda yaitu sate khas Pamekasan. Meski tidak berbeda jauh dengan menu sate dari daerah lain namun masakan Pamekasan yang satu ini jelas memiliki rasa khas daerah. Ingin tahu, mari coba bersama-sama kreasi resepnya berikut.

Jenis masakan yang sudah sangat terkenal ini tentu saja akan berbeda di masing-masing daerah. Sebagai contoh, sate kambing di jawa tentu akan berbeda dengan sate kambing yang diolah orang sumatra. Masing-masing tentu membawa keunikan tersendiri. Jika anda salah satu penggemar jenis masakan sate maka tidak salah jika anda mencoba bagaimana rasa sate khas Pamekasan. 

Tidak berbeda jauh dengan di daerah lain, Sate Kambing Khas Pamekasan ini menggunakan bahan, bumbu dan metode yang seperti biasanya. Sebagai bahan dasar tentu sesuai namanya yaitu daging kambing segar, untuk bumbu tetap menggunakan kacang dan bumbu rempah lainnya. 

Proses pembuatan sate ini juga tidak berbeda dengan beberapa varian sate lain yang sudah sering kita santap. Meski begitu Resep Sate Kambing Pamekasan tentu akan menghasilkan cita rasa yang tidak sama persis dengan di daerah lain. Hal ini mungkin terletak pada faktor orang yang memasak. 

Bahan dan Bumbu Sate Khas Pamekasan

Bahan dan bumbu sate khas Pamekasan tidak berbeda jauh, bahan dan bumbu-bumbu tersebut yaitu dapat kita siapkan seperti dalam daftar di bawah. Silahkan siapkan sesuai dengan takaran yang telah dituliskan dalam daftar.



Bahan Dasar

Daging kambing
Kecap manis
Jeruk limau
Tusuk sate

:
:
:
:
500 gram
150 ml
2 buah
20 buah


Bahan Bumbu

Kacang tanah, goreng
Bawang putih
Bawang merah
Cabe merah
Air
Garam
Kecap manis

:
:
:
:
:
:
:
250 gram
4 siung
5 butir
2 buah
500 ml
Secukupnya
100 ml


Pelengkap

Lontong

:
Secukupnya

Untuk pelengkap tentu saja dapat disesuaikan dengan selera masing-masing karena biasanya ada juga yang lebih suka menyantap sate dengan nasi putih. Jadi, silahkan sesuaikan dengan selera masing-masing.

Cara Membuat Sate Kambing Yang Menggoda

Cara membuatnya tidak sulit. Pertama kita dapat langsung menyiapkan bahan, bumbu dan pelengkap yang dibutuhkan. Setelah itu siapkan daging yang akan masak dalam kondisi bersih dan siap kita olah. Langkah memasak dan mengolah bahan dan bumbu tersebut seperti dalam penjelasan berikut.

  • Potong daging kambing bentuk dadu, lalu tusuk dengan tusuk sate, sisihkan.
  • Haluskan semua bahan bumbu kacang kecuali kecap, daun jeruk, dan air hingga lembut
  • Campur dengan kecap dan air, masak hingga berminyak dan matang, angkat.
  • Lumuri sate kambing dengan kecap yang telah ditambahkan sedikit bumbu kacang hingga permukaannya rata.
  • Bakar sate hingga matang sambil dibolak-balik dan dilumuri sisa bumbu kecap, angkat.
  • Sajikan sate kambing dengan bumbu kacang, jeruk limau, dan lontong untuk 20 tusuk.

Jika anda menghendaki rasa yang berbeda maka dapat ditambahkan dan atau dikurangi bumbu atau bahan yang dipakai. Selain itu takaran bahan dan bumbu juga akan mempengaruhi rasanya jadi pastikan sesuai dengan selera sobat semua.

Cukup mudah saya rasa, dan pastinya sobat pengunjung semua juga sudah sangat akrab dengan jenis masakan tradisional ini sehingga pastinya tidak akan sulit menyajikannya. Semoga dapat menjadi inspirasi kreasi masakan di rumah masing-masing. Terima kasih atas kunjungannya.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post