» » » Masakan Ikan Cuka dari Riau

Sajian Ikan Cuka dari Riau dan Cara Membuatnya - Ada banyak cara untuk mengolah ikan menjadi sajian yang diminati. Ikan bisa digoreng, dipanggang, di kuah, di asap atau bahkan digoreng dulu lalu di beri kuah dan lain sebagainya. Banyak sekali variasi menu ikan yang bisa dipilih.

Nah, menu ikan cuka ini merupakan masakan asli daerah Riau yang dimasak dengan cara digoreng terlebih dahulu lalu kombinasikan dengan kuah yaitu yang disebut cuka. Kebayang tidak bagaimana bentuk masakan tersebut?

Bahan untuk masakan ikan cuka ini biasanya digunakan ikan tenggiri. Jika kita ingin berkreasi maka dapat kita gunakan jenis ikan lain yang sesuai dengan selera masing-masing. Dalam memilih ikan pengganti ini hendaknya kita pilih ikan sejenis tenggiri baik dari segi rasa maupun dagingnya.

Untuk membuat masakan ikan cuka Riau ini caranya tidaklah sulit. pertama kita siapkan bahan dan bumbunya kemudian ikan kita goreng dan kita beri kuah cuka. Mungkin ada yang ingin ikutan mencoba masakan ini?

A. Bahan dan Bumbu

Kalau mau memasak ya pertama yang dipersiapkan adalah bahan dan juga bumbu yang akan digunakan. Apa yang akan kita siapkan untuk menu ini, rempah bumbu yang bagaimana yang perlu disiapkan? Bahan dan bumbu yang akan digunakan yaitu seperti pada daftar berikut.


Bahan dan Bumbu Masakan

Ikan tenggiri
Cabai giling
Cabai merah, iris halus
Bawang merah, iris halus
Tomat, potong 4 bagian
Lada bubuk
Pala bubuk
Daun jeruk, iris halus
Serai, iris halus
Jahe, iris halus
Gula pasir
Garam
Air jeruk nipis
Air minyak goreng

500 gr
2 sdm
2 bh
5 bh
2 bh
1/2 sdt
1/4 sdt
2 lbr
1 btg
2 cm
1 sdt
1 sdt
1 sdm
50 ml


Nah, bahan dan bumbunya sudah ada di daftar, tinggal disiapkan saja. Tidak sulit kan untuk menyiapkan bahan dasar serta bumbu masakan di atas? Silahkan langsung disiapkan sesuai takaran yang ada pada daftar di atas.

B. Cara Memasak Ikan Cuka

Siap dengan bahan dan bumbu kita dapat langsung menuju dapur untuk memasak menu khas daerah tersebut. Cara membuat masakan ini yaitu:
  • Pertama-tama lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam.
  • Diamkan sebentar, goreng sampai matang dan kering.
  • Setelah itu tumis bawang merah sampai harum kekuningan.
  • Masukkan cabai giling, cabai merah iris, tomat, lada, pala, daun jeruk, serai, jahe, gula pasir, dan garam, aduk sampai harum.
  • Bubuhkan 1/2 sdm air jeruk nipis dan 50 ml air. 
  • Masukkan ikan, masak sambil diaduk sebentar agar bumbu meresap.
  • Angkat dan sajikan selagi hangat.

Jika kita kreatif, kita dapat mengkreasikan resep di atas baik itu dengan mengganti bahan dasarnya dengan jenis ikan lain, menambahkan atau mengurangi takaran bumbu yang digunakan atau bahkan menambahkan sedikit bumbu lain agar rasa masakan sesuai dengan selera. 

Dalam berkreasi dengan resep khas Riau tersebut yang harus kita ingat adalah bahwa kita hendak menyajikan sebuah masakan khas dari daerah lain jadi jangan sampai kita kehilangan ciri khas rasa yang dimiliki oleh masakan tersebut.

Sajian Ikan Cuka dari Riau dan Cara Membuatnya

Selain Sajian Ikan Cuka dari Riau dan Cara Membuatnya di atas masih banyak menu-menu khas Nusantara lainnya yang dapat kita buat dan kreasikan di rumah, silahkan lihat dan coba juga masakan lain yang diinginkan.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post