» » » Membuat Sambal Lu’at dan Sambal Belimbing NTT

Singkat kata, setelah beberapa pembahasan mengenai menu masakan NTT kali ini akan kita coba untuk membuat sambal lu’at dan sambal belimbing NTT untuk melengkapi menu-menu sebelumnya. Menu sambal ini merupakan menu sambal khas daerah yang tentunya sangat berbeda dengan sambal-sambal yang ada pada daerah kita karena itu layak kita mencobanya.

Sepertinya pada pembahasan ini tidak perlu ada banyak basa-basi karena memang untuk membuat menu spesial nusantara tidaklah butuh banyak penjelasan. Yang terpenting adalah ada niat untuk mencoba menu yang baru.

Resep atau menu baru, kenapa? Ya supaya tidak bosan dong. Kan kita setiap hari makan. Kalau makan di luar terus juga capek kan. Makanya kita sisihkan waktu untuk berkreasi di rumah dengan menu-menu pilihan.

Kali ini adalah khusus untuk jenis sambal. Hayo, siapa yang suka sambel atau sambal? Harus coba dua resep ini dong. Kan untuk selingan di rumah. Sesekali kita bisa merasakan sensasi berbeda dari hidangan yang disantap.

Benar bukan? Langsung saja siapkan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan lalu masak sambal sesuai dengan cara yang disertakan. Kalau kadar pedas-nya jangan lupa disesuaikan ya. Takutnya kaget kalau tidak disesuaikan.

A. Cara Membuat Sambal Lu’at

Berbicara mengenai bahan tentunya kalau untuk sambal bahan yang diperlukan pastinya cabe. Tetapi, cabe seperti apakah yang kita gunakan dalam sambal lu’at ini, mari lihat dalam daftar bahan dan bumbu berikut.



Bahan dan Bumbu

Cabe rawit. Ulek halus
Jeruk nipis. Iris tipis-tipis
Daun siba, iris halus
Daun kemangi, iris halus
Garam
:
:
:
:
:
100 gram
5 buah
Segenggam.
Segenggam
Secukupnya


Setelah bahan dan bumbu disiapkan langsung saja kita buat sambal ini dengan cara sebagai berikut:
  • Daun siba ditaburi sedikit garam biar layu remas lalu buang airnya, kemudian iris halus
  • Setalah itu campur semua bahan diatas
  • Masukan toples. 
  • Biarkan kurang lebih dua hari baru dimakan.
Yang belum pernah mencoba sambal ini tentunya penasaran, makanya saya sempatkan untuk berbagi sedikit informasi tersebut sebagai bahan bagi pengunjung semua. Selanjutnya kita dapat mencoba membuat menu  NTT lainnya para uraian selanjutnya.

B. Cara Membuat Sambal Belimbing NTT

Untuk menu sambal NTT yang kedua yaitu sambal belimbing, bahan dan cara membuatnya dapat bersama-sama kita simak pada uraian berikut. Pertama mari langsung disiapkan bahan dan bumbu yang ada dalam daftar ini.


Bahan dan Bumbu

Belimbing wuluh
Bawang merah
Cabe rawit
Tomat
Jeruk nipis peras airnya
Jeruk purut. Iris halus
Garam
Gula dan terasi (bila suka)
:
:
:
:
:
:
:
:
10 buah
10 siung
10 biji
3 buah
1 buah
2 buah
Secukupnya
Secukupnya


Setelah bahan dan bumbu siap, silahkan buat sambal belimbing tersebut dengan langkah-langkah memasaknya yaitu pertama belimbing, bawang merah, cabe rawit dan tomat kita ulek halus.

Setelah itu tambah perasan jeruk nipis, garam dan terakhir irisan jeruk purut, sambal siap untuk disajikan sebagai pendamping daging Se’I. Mau dijadikan pendamping masakan lainnya, boleh saja asal sesuai keinginan.

Membuat Sambal Lu’at dan Sambal Belimbing NTT

Saya rasa selesai sudah informasi mengenai Membuat Sambal Lu’at dan Sambal Belimbing NTT yang dapat dibagikan pada kesempatan ini.

Mudah-mudahan menu sambal spesial daerah di atas dapat menjadi inspirasi warga daerah lain untuk mencobanya dan dapat menjadi pengobat rindu bagi warga Nusa Tenggara Timur (NTT) yang sedang berada diluar daerah atau merantau.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post