» » » Menu Sambal Ikan Asin Sibolga Yang Enak

Menu Sambal Ikan Asin Sibolga Yang Enak - Jika anda salah satu penikmat dan penyuka kuliner Indonesia pasti tidak mau ketinggalan dengan menu masakan yang satu ini, namanya "Ikan Asin Sibolga". Rasa masakannya enak gurih, pokoknya mantap dan sesuai dengan lidah lokal. Mau tahu cara membuat masakan khas daerah yang satu ini?

Yang dari daerah asalnya, mendengar Ikan Asin Sibolga pasti sudah tahu dan paham benar bagaimana spesial nya masakan ini. Sambal yang kering, dengan aroma dan rasa yang khas akan meletup di mulut kita, berani mencoba masakan ini?

Anda bisa berkunjung langsung ke daerah asalnya Sumatra, tepatnya Sumatra Utara atau anda bisa belajar memasak masakan ini sendiri di rumah. Beda rasa, beda sensasi tapi kan tidak sama dengan yang di rumah. Benar bukan?

Ada satu yang khas dalam masakan ini yaitu penggunaan bahan kincung (kecombrang). Bahan yang satu ini memang terkenal khas rasa dan aroma nya. Mungkin anda juga punya resep yang menggunakan bahan tersebut?

Jika anda penasaran anda bisa mengikuti panduan di Resep Sambal Ikan Asin Sibolga yang akan diberikan. Namun, jangan terburu-buru, anda bisa melihat beberapa jenis masakan ikan asin lainnya juga seperti misalnya:

- Sambal ikan asin peda
- Resep sambal ikan asin
- Cara membuat sambal ikan asin
- Bumbu sambal ikan asin
- Gambar sambal ikan asin
- Ikan asin sambal hijau
- Sambal goreng ikan asin
- Ikan asin sambal ijo

Banyak juga bukan pilihan menu sambal ikan asin yang bisa kita hidangkan, semua itu sedap dan enak apalagi jika kita sajikan dengan tangan ajaib kita sendiri. 

Kembali ke pembahasan kita, jika anda ingin mencoba menghidangkan Menu Sambal Ikan Asin Sibolga ini anda bisa mempelajarinya langsung disini. Mulai dari menyiapkan bahan lalu memahami langkah memasaknya, silahkan dibaca berikut.

A. Bahan-Bahan Ikan Asin Sibolga

Ya, seperti telah disebutkan sebelumnya, kita menggunakan bahan khas dalam sajian kita kali ini yaitu kincung atau kecombrang. Untuk bahan dasar tentu kita menggunakan ikan asin, untuk jenis yang digunakan bisa anda sesuaikan selanjutnya. 

Kalau anda juga ingin mencoba memasak sajian khas nusantara ini silahkan anda mulai siapkan bahan dan juga berbagai bumbu yang digunakan. Bahan dan bumbu masakan ini yaitu seperti dalam daftar berikut.
  • 200 gr ikan asin belah
  • 2 kincung, rajang halus
  • 80 gr cabe merah, rajang miring
  • 80 gr bawang merah, rajang halus
  • 2 siung bawang putih, rajang halus
  • 1 sereh
  • 1 sdt gula
  • 2 sdm cuka
  • Garam secukupnya
  • minyak untuk menumis dan menggoreng
Sebagai catatan kreasi, jika anda ingin mencoba memberikan sentuhan berbeda anda bisa mulai dari memilih jenis ikan asin yang berbeda, bisa disesuaikan dengan selera. Selain itu, tingkat kepedasan menu ini juga bisa anda pilih.

B. Cara Membuat Menu Ikan Asin Sibolga Yang Enak

Tidak perlu lama, jika anda sudah dari tahu menyiapkan kebutuhan memasaknya maka tidak lama lagi anda bisa menikmati enaknya Menu Sambal Ikan Asin Sibolga ini. Supaya tidak menunggu terlalu lama anda bisa langsung baca cara memasaknya sesuai pada panduan langkah-langkah berikut.
  1. Potong-potong ikan asin belah, kemudian rendam sebentar untuk mengurangi rasa asin. Cuci kemudian tiriskan.
  2. Goreng ikan asin sampai benar-benar kering, sisihkan
  3. Tumis semua bumbu sampai kering atau setengah kering tergantung selera anda (terakhir gula dan cuka)
  4. Campurkan ikan asin sewaktu akan dimakan, karena jika bumbu setengah kering, ikan asin akan menjadi liat.
Untuk ukuran masakan daerah menu yang ini memang tidak terlalu sulit dan rumit untuk dimasak. Jadi, dengan panduan cara memasak ikan asin sibolga ini pasti anda dengan mudah bisa menyajikan masakan spesial ini.

Setelah selesai dengan menu ini anda bisa mempersiapkan juga hidangan pendampingnya misalnya minuman kesukaan dan lain sebagainya. 

Menu Sambal Ikan Asin Sibolga Yang Enak

Jangan lupa, jika anda memiliki hobi memasak, jika anda ibu rumah tangga atau remaja putri yang peduli akan selera makan keluarga di rumah pastikan anda selalu berkunjung ke website ini. Anda akan dimanjakan dengan berbagai resep masakan yang sangat bervariasi, ditambah setiap hari dan itu membuat anda tidak akan pernah kehabisan ide masakan. 

Cukup itu saja, mudah-mudahan Menu Sambal Ikan Asin Sibolga Yang Enak ini bisa menjadi salah satu sajian kejutan yang membuat anda akan lebih disayangi lagi oleh keluarga di rumah. Salam cinta, salam tulus dan salam sehat dari penulis, terima kasih!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post