» » » Cara Memasak Sego Abang Sayur Lombok Ijo Wonosari

Menu unik Yogyakarta ini namanya Sego Abang Sayur Lombok Ijo Wonosari, hari ini kita akan mencoba mengulas cara memasaknya untuk bekal hidangan kita diakhir pekan nanti. Menu ini merupakan menu masakan kreasi nasi yang dibuat dengan bumbu dan cara khusus dari daerah Wonosari.

Seperti kita ketahui masakan sego abang ini terbuat dari bahan utama yaitu beras merah. Untuk itu mari sedikit kenali kandungan gizi yang ada pada bahan utama tersebut. Dengan demikian kita akan merasa lebih bermanfaat ketika menyajikan hidangan Wonosari tersebut.

Segelas nasi beras merah tumbuk mengandung 216,45 Kalori, 88% kecukupan harian (daily value – DV) mineral mangan, 27% DV selenium, 21% DV magnesium, 18,8% DV asam amino triptofan, 3,5 gram serat, dan protein yang lebih tinggi dari beras putih yaitu 2-5%. Selain itu nasi tersebut juga mengandung asam lemak alfa-linolenat, zat besi, vitamin B kompleks, serta vitamin A.

Mangan membantu produksi energi dari protein dan karbohidrat, serta membantu pembuatan asam lemak yang penting bagi sistem saraf. Magnesium, selain menguatkan tulang, juga menjadi bagian dari 300 enzim di dalam tubuh, termasuk enzim yang mengatur penggunaan insulin, yang berperan dalam penyakit diabetes. 

Kandungan serat yang tinggi akan mempercepat masa tinggal sisa makanan dalam usus, sehingga menurunkan risiko kanker usus. Terlebih, beras merah juga kaya selenium, yang dapat mengurangi risiko kanker ini.

Mengonsumsi minimal 6 porsi beras merah per minggu sangat baik untuk wanita pascamenopause yang punya problem kolesterol, tekanan darah tinggi, dan gejala penyakit jantung.

Bahan-Bahan Sego Abang Sayur Lombok Ijo

Kita akan menyiapkan bahan untuk kedua masakan ini yaitu bahan sego abang dan sayur lombok ijo, selengkapnya dibawah ini.

Sego Abang
  • 500 gr beras merah (cara memasaknya sama dengan beras putih)
Sayur Lombok Ijo
  • 250 gr tempe dipotong kecil
  • 500 ml santan encer
  • 2 sdm bawang merah iris
  • 1 sdm bawang putih iris
  • 1 sdt terasi
  • 1 iris lengkuas
  • 1 lbr daun salam
  • 5 btr kemiri dihaluskan
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 10 bh cabai ijo diiris serong
  • 200 gr kacang panjang dipotong kecil
  • 100 ml santan kental

Cara Memasak Sego Abang Sayur Lombok Ijo Wonosari

Untuk cara membuat menu dari daerah Wonosari ini silahkan ikuti langkah-langkah memasak yang ada berikut.

Rebus santan encer dengan tempe, masukkan bawang merah, bawang putih, terasi, lengkuas, daun salam, kemir, garam , dan gula sampai mendidih.

Masukkan kacang panjang masak sebentar, masukkan santan kental, aduk rata.

Setelah mendidih, masukkan cabai hijau, masak sebentar.

Angkat dan sajikan untuk 5 porsi

Jangan lupa, hidangkan nasi lombok hijau dengan nasi abang beserta pelengkap empal goreng, jeroan goren, dan tempe goreng.


Singkat, padat dan jelas, begitulah cara memasak sego abang sayur lombok ijo Wonosari yang dapat saya paparkan untuk panduan kita semua. Selamat mencoba, dan selamat menikmati masakan khas daerah tersebut. Kalau sobat ingin mencoba masakan Jogja lain silahkan coba juga menu sambel goreng krecek dan juga burger tempe bacem yang merupakan warisan kuliner daerah Yogyakarta.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post