» » » Krengsengan, Masakan Daging Sapi yang Enak

Krengsengan, Masakan Daging Sapi yang Enak - mungkin anda sudah pernah mendengar nama masakan ini bukan? Ya, di jawa jenis masakan ini sudah cukup terkenal karena asal masakan ini memang dari jawa. Ada yang berasal dari Jawa Tengah dan ada juga yang dari Jawa Timur. Yang jelas masakan ini menjadi salah satu masakan khas daerah yang cukup menarik untuk dicoba.

Seperti pada judul, jenis masakan ini adalah jenis olahan daging yaitu biasanya menggunakan daging sapi atau bisa juga menggunakan daging kambing sesuai selera. Tentu kalau bicara mengenai masakan enak pasti banyak yang suka, benar tidak?

Karena merupakan jenis olahan daging maka sudah pasti akan sangat cocok bagi anda yang suka dengan daging. Seperti kita tahu, daging memang memiliki cita rasa tersendiri yang banyak digemari. Apalagi jika daging diolah menjadi masakan enak dengan menggunakan berbaga bumbu yang khusus. Rasa daging yang lekat dibalut bumbu yang nikmat, siapa yang bisa menolak.

Lalu, bagaimana dengan proses memasak menu daging tersebut? Gampang, untuk membuat krengsengan daging tidaklah sulit bahkan bisa dikatakan cukup mudah. Proses memasak hampir sama dengan ketika anda memasak masakan olahan daging seperti biasa. Jadi anda tidak perlu takut mencoba meski belum pernah sama sekali.

Dengan tambahan resep olahan daging sapi tersebut mudah-mudahan buku resep yang ada di rumah bisa menjadi lebih lengkap lagi. Jadi kita tidak perlu bingung jika ingin membuat menu kejutan untuk keluarga tercinta. Tinggal kita pilih saja bahan apa yang tersedia dan diolah menjadi masakan seperti apa, sesuai resep yang diinginkan, benar tidak?

1) Bahan dan bumbu krengsengan daging

Melalui resep berikut ini kita akan belajar dari awal mulai dari proses menyiapkan kebutuhan sampai pada cara memasak Daging Krengsengan tersebut. Untuk masalah bahan, karena disebut olahan daging sapi maka bahan yang dibutuhkan adalah daging sapi segar. Selain daging, ada juga tambahan bahan lain yaitu petis udang.

Sedangkan untuk bumbu tidak perlu terlalu dirisaukan. Masakan daging sapi ini menggunakan bumbu rempah yang biasa digunakan di masakan lokal. Sebut saja misalnya mulai dari cabai, bawang merah, lada dan sebagainya. Agar lebih jelas, mari siapkan langsung bahan dan bumbu yang dibutuhkan sesuai pada daftar yang ada di bawah ini.

Bahan yang diperlukan
  • 1/2 kg daging sapi (iris tipis menurut selera)
  • minyak goreng secukupnya
  • 1 sendok makan petis udang, larutkan dengan air
Bumbu yang diperlukan
  • 8 buah cabai hijau, potong menurut selera
  • 8 buah cabai rawit, potong menurut selera
  • 2 buah tomat, potong menurut selera
  • 5 buah bawang merah, iris tipis
  • garam secukupnya
  • lada bubuk secukupnya
Bumbu yang dihaluskan:
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 buah cabai merah

Tidak sulit bukan untuk menyiapkan kebutuhan untuk membuat masakan tersebut? Ya seperti pada daftar di atas, kita hanya membutuhkan beberapa jenis bahan utama serta bumbu rempah. Untuk bumbunya sendiri dibagi menjadi dua yaitu bumbu biasa dan bumbu yang dihaluskan. Nah, kalau sudah siap semuanya maka kita bisa ke proses pengolahan atau cara membuat masakan tersebut.

2) Cara memasak krengsengan enak

Bagaimana dengan bahan dan bumbunya, sudah siap semua? Jangan terburu-buru ya, yang penting pertama dipelajari dahulu apa saja bahan dan bumbunya. Setelah itu coba disiapkan semua apabila memang sudah ingin mencoba menyajikan masakan ini. Dengan begitu pada saat memasak nantinya tidak akan bingung karena ada bahan atau bumbu yang lupa disiapkan.

Lalu selanjutnya bagaimana dengan cara memasak daging sapi menjadi krengsengan yang enak? Mudah, pertama siapkan bahan yang dibutuhkan. Setelah itu siapkan juga bumbu-bumbu yang akan dipakai untuk masakan tersebut. Setelah siap semua jangan lupa bersihkan sekalian semua yang akan dimasak agar siap. Jangan lupa juga siapkan alat masak atau perabot dapur yang akan digunakan, dalam keadaan bersih ya. Baru setelah itu anda bisa mengikuti langkah berikut untuk membuat krengsengan!

  1. Tumis bumbu halus dengan minyak sampai harum, masukkan tomat, cabai hijau, cabai rawit, bawang merah iris, aduk-aduk sampai layu.
  2. Masukkan daging sapi, kecap manis, dan lada, aduk-aduk.
  3. Masukkan petis, beri air secukupnya biarkan mendidih sampai daging empuk, dan kuah tinggal sedikit, sajikan.

Kalau anda sudah membaca langkah-langkah di atas pasti anda tidak akan takut mencoba masak masakan ini, iya kan? Pasti dong karena proses memasak krengsengan daging sapi ini cukup mudah hanya disiapkan bumbunya, ditumis lalu di tunggu sampai matang.

Masakan Daging Sapi yang Enak

Tapi jangan salah ya, untuk menghasilkan cita rasa masakan yang enak dan lezat tentu saja harus dilakukan dengan hati. Artinya, perasaan anda dalam memasak juga akan menentukan bagaimana hasil akhir masakan tersebut. Kalau masalah rasa sebenarnya bisa disesuaikan dengan selera. Misalnya anda ingin sedikit pedas, ingin lebih gurih, ingin manis dan lain sebagainya.

Ya sudah, kalau masalah kreasi rasa anda bisa mencoba sendiri di rumah. Yang terpenting dari resep krengsengan di atas anda bisa mendapatkan ide masakan daging sapi yang belum pernah dicoba sebelumnya. Untuk menu kejutan di hari spesial, mudah-mudahan keluarga di rumah akan senang dan lahap menyantap masakan yang anda buat. 

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post