» » » Sambal Goreng Krecek

Masakan Sambal Goreng Krecek Resep Asli Yogyakarta - selain gado-gado dan gudeg ada juga masakan khas Yogyakarta lain yang tak kalah lezat untuk dinikmati yaitu sambal goreng krecek. Dalam update ini kita akan mencoba cara membuat sambal goreng krecek supaya kita dapat menikmatinya di rumah.

Ada yang sudah tahu apa itu krecek? Benar sekali. Krecek adalah krupuk kulit sapi. Bahan krecek terbuat dari kulit sapi yang dipotong kecil kecil dan di goreng sehingga menjadi kerupuk kulit. Setelah menjadi kerupuk kulit kemudian dicampurkan pada masakan tertentu, bisa bersama tahu atau tempe atau oncom.

Krecek atau krupuk kulit sapi dapat digunakan dalam masakan, cara masak menggunakan bumbu-bumbunya sama dengan bumbu-bumbu sambal goreng, hanya kuahnya agak banyak.

1) Gudeg adalah 
2) Cecek sapi adalah 
3) Krecek yogyakarta 
4) Resep krecek kacang tolo 
5) Resep krecek kerupuk kulit 
6) Krecek in english 
7) Krecek mentah 
8) Krecek sapi 

Di daerah Jawa Tengah yang dimaksud krecek adalah sambel goreng tempe dengan kerupuk kulit. Sambel goreng krecek ini sangat sedap dan enak jika disatukan dengan masakan yang terdapat nasi putih.

A. Bahan dan Bumbu

Sesuai dengan namanya, sambal goreng krecek adalah sejenis sambal goreng yang dibuat dengan bahan utama krecek. Krecek adalah kerupuk yang terbuat dari kulit. Untuk membuat masakan khas Yogyakarta yang satu ini silahkan ikuti panduan yang diberikan.

Bahan dasar
200 gr krecek (kerupuk kulit goreng)
2 sdm minyak untuk menumis
3 lbr daun salam
50 gr udang kupas
100 gr petai
300 ml santan
250 gr tempe dipotong dadu, goreng setengah matang
10 bh cabai rawit

Bahan bumbu yang dihaluskan
2 1/2 sdm irisan cabai merah
2 sdm irisan bawang merah
1 sdm irisan bawang putih
1 sdt irisan lengkuas
1 sdt irisan terasi
2 sdt garam
3 sdt gula pasir

B. Cara Membuat Sambal Goreng Krecek

Langkah atau cara membuat sambal goreng asli Yogyakarta ini adalah seperti dijelaskan dibawah ini. Silahkan diikuti.

Rendam krecek dalam air, tiriskan, sisihkan.

Tumis dengan minyak bumbu yang telah dihaluskan bersama daun salam, setelah keluar aroma, masukkan udang dan petai, aduk, tuang santan, masukkan tempe.

Setelah mendidih dan matang, masukkan krecek dan cabai rawit, aduk, masak sebentar, angkat dan hidangkan. (Sumber: KOMPAS Minggu)


Lumayan bukan menu asli daerah ini? Makanya silahkan langsung mencobanya di rumah masing-masing biar ikut merasakan sensasi Jogja dari masakan ini. Kalau sudah anda bisa mencoba menu khas Yogyakarta lainnya yang sudah disiapkan dibagian akhir pembahasan. Sampai disini, selamat mencoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post