» » » Menu Khas Nusantara – Sayur Santan Tauco

Menu Khas Nusantara Sayur Santan Tauco - Sebuah resep khas nusantara yang akan kita coba kali ini adalah sayur santan tauco yang telah banyak dikenal dan digemari. Untuk resep ini kita akan belajar cara membuat masakan sayur santan tauco yang nikmat sebagai salah satu menu pilihan keluarga.

Seperti kita ketahui, tauco merupakan bumbu masakan yang terbuat dari biji kedelai yang telah direbus, dihaluskan dan diaduk dengan tepung terigu kemudian difermentasikan. 

Fermentasi tauco dengan direndam dengan air garam, kemudian dijemur pada terik matahari selama beberapa minggu sampai keluar aroma khas seperti terasi. Terdapat berbagai cara mengolah dan membuat tauco dimana tiap daerah memiliki keunikan cita rasa tersendiri.


Umumnya tauco ini digunakan sebagai bumbu atau penyedap dalam membuat lauk pauk, misalnya ayam bumbu tauco, nasi goreng tauco, ikan tumis tauco atau masakan gulai tauco.

Keunikan dari berbagai menu masakan dari mana pun asalnya memang kebanyakan terletak pada perpaduan bumbu yang digunakan. Banyak sekali perpaduan bumbu yang menjadi ciri dari sebuah masakan yang bisa memberikan cita rasa yang sesuai dengan adat dan kebudayaan masyarakat tertentu.

Begitu juga dengan jenis masakan tradisional atau masakan daerah, masing-masing daerah memiliki bumbu khusus yang digunakan dalam berbagai masakan yang dimiliki.

Seperti yang akan kita coba sajikan kali ini yaitu sebuah masakan dari daerah Padang yang menggunakan bumbu khusus yaitu tauco. Sayur santan ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan berbagai sayur santan lain hanya yang membedakan adalah penggunaan bumbu tersebut.

Untuk masalah rasa, tidak perlu diragukan lagi, jenis masakan daerah yang satu ini sudah banyak dikenal karena rasanya yang lezat dan sangat menggugah selera kita. Untuk masyarakat asal, santan tauco sudah menjadi menu yang cukup akrab di kehidupan sehari-hari.

Untuk kita yang bukan dari daerah Padang mungkin rasa dari masakan ini tidak sesuai dengan selera namun jika kita pecinta kuliner pasti bisa menemukan ciri kelezatan dari masakan tersebut.

A. Bahan-Bahan

Sayur yang satu ini terbuat dari bahan utama yaitu berupa tetelan daging sapi yang telah di potong-potong, untuk dapat menyajikan menu ini kita dapat menyiapkan bahan-bahan utama dan bumbu-bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut.

Bahan Dasar
  • 300 gram tetelan sapi, potong-potong
  • 4 lembar daun salam
  • 5 cm lengkuas, dimemarkan
  • 3.000 ml santan dari 1 1/2 butir kelapa
  • 300 gram kacang merah
  • 400 gram buncis potong miring
  • 400 gram labu siam, potong korek api
  • 200 gram wortel, potong korek api
  • 1 sendok makan garam
  • 1 sendok teh gula merah
  • 4 sendok makan minyak goreng
Sayur ini memang memiliki keragaman dalam hal bahan yang dimasak. Seperti terlihat dari daftar di atas, untuk santan tauco kita menggunakan bahan antara lain tetelan sapi, kacang merah, buncis, labu siamdan juga wortel.

Bagi yang ingin mencoba mencicipi masakan ini di rumah bisa mulai menyiapkan semua bahan-bahan di atas.
Bahan Bumbu Halus
  • 10 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 6 butir kemiri
  • 2 sendok teh terasi
  • 6 buah cabai merah
  • 10 sendok makan taoco
Setelah semua bahan siap kita juga langsung menyiapkan berbagai bumbu yang diperlukan. Tidak berbeda jauh, untuk bumbu kita menggunakan bawang, kemiri dan juga cabai. Yang sedikit berbeda pada masakan ini kita juga menggunakan terasi dan juga tauco. Kalau sudah siap kita bisa langsung ke langkah memasak.

B. Cara Memasak

Cara membuat menu khas ini tidaklah sulit dan dapat kita coba di rumah masing-masing. Bagi yang ingin mencoba dan berkreasi dengan menu sayur santan tauco ini dapat mengikuti langkah memasaknya sebagai berikut.
  1. Tumis bumbu halus, salam, dan lengkuas sampai harum.
  2. Tuangkan santan. Aduk sampai mendidih.
  3. Masukkan kacang merah dan tetelan. Rebus sampai lunak.
  4. Tambahkan wortel, buncis, labu siam, garam, dan gula merah.
  5. Aduk-aduk sampai sayuran lunak dan bumbu meresap.
  6. Angkat dan sajikan untuk 8 porsi
Tidak begitu sulit bukan untuk menerapkan pembahasan mengenai Menu Khas Nusantara – Sayur Santan Tauco yang satu ini, nah silahkan sobat netter semua berkreasi dengan resep yang sudah disampaikan di atas.

Resep Sayur Santan Tauco

Jangan lupa, masih banyak resep masakan lain yang dapat kita coba di rumah yang akan dibahas pada blog masakan khas daerah ini jadi jangan sampai ketinggalan update terbaru resep-resepnya ya...selamat mencoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post