» » » Menu Spesial Pindang Daging Masrani – Resep Khas Kalimantan Barat

Pernah dengar masakan yang namanya pindang daging masrani? Ya, hari ini kita akan coba membua menu spesial khas Kalimantan Barat tersebut melalui dapur di rumah. Apa bahan-bahannya dan bagaimana cara membuat menu khas ini, mari kita ikuti langsung penjelasannya berikut ini.


Dari cerita yang beredar, konon dari namanya resep ini merupakan peninggalan orang - orang Portugis yang beragama Nasrani. Dari kata Nasrani menjadi Masrani, rasanya memang ada kemiripan namun kita tidak akan membahasnya terlalu jauh karena sobat netter yang berasal dari Kalbar bisa menjelaskan lebih detail tentang asal usul nama ini.

A. Bahan-Bahan Pindang Masrani

Untuk bahan-bahan yang digunakan kita akan menyiapkan bahan dasar dan juga bahan untuk bumbu halusnya. Yang pertama adalah bahan dasar; siapkan 2 sdm minyak untuk menumis, 3 siung bawang putih iris tipis, 6 butir bawang merah iris tipis, 6 buah cabai merah besar iris serong. Siapkan juga 3 cm jahe iris tipis, 2 batang serai ambil putihnya iris tipis dan 3 cm kunyit, bakar.

Kemudian jangan lupa haluskan 2 sdt garam, siapkan 800 ml air, 50 gram daging sapi, potong tipis melebar dan juga 2 sdt gula pasir.

Setelah semua bahan-bahan yang diperlukan sudah kita siapkan kita tinggal meramu bahan tersebut menjadi masakan lezat yang nantinya akan kita nikmati bersama keluarga di rumah. Cara membuatnya dapat dilihat dibawah.

B. Cara Membuat Menu Pindang Daging Masrani Khas Kalbar

Mari kita coba membuat menu ini dengan mengikuti cara membuat yang akan dijelaskan berikut ini. Sebelumnya jangan lupa untuk membuat catatan untuk resep ini agar nantinya kita akan lebih mudah kalau ingin menyajikan masakan pindang masrani lagi. Cara membuatnya sebagai berikut:

  1. Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah besar, jahe, serai, lengkuas, dan kunyit sampai harum. 
  2. Tambahkan daging, aduk sampai berubah warna. 
  3. Masukkan air, garam dan gula pasir. 
  4. Masak sampai daging matang.
Sekarang menu spesial pindang daging masrani yang merupakan resep khas kalimantan barat siap untuk kita hidangkan. Jangan lupa untuk mencoba resep-resep khas lainnya dengan panduan hanya dari blog masakan-khas-daerah.blogspot.com ini. Sampai disini, semoga bermanfaat.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post