» » » » Cara Memasak Lodeh Kluwih

Resep Lodeh Kluwih. Hari ini kita akan mencoba sebuah resep baru lagi. Yang akan jadi bahan pokoknya adalah buah kluwih. Akan kita pelajari bagaimana cara memasak lodeh kluwih mulai dari bumbunya apa saja dan prosesnya bagaimana. 


Jangan heran, sayur lodeh adalah salah satu jenis sayur yang bisa kita kreasikan dengan bahan yang berbeda-beda. Dengan bahan berbeda tentunya cita rasa masakan yang dihasilkan juga akan lebih bervariasi.

Bahan yang akan kita gunakan dalam masakan kita kali ini adalah buah kluwih. Yang seperti nangka itu. Tapi rasana lebih khas. Selain itu ada juga campuran daging sapi.

Bahan tersebut nantinya juga akan kita campuri dengan tempe. Tapi yang semangit, tahu kan? Tahu dong, ibu dan rekan remaja putri pasti sudah tahu tempe semangit itu seperti apa. Campuran ini akan memperkaya rasa sekaligus akan membuat masakan lebih lembut.

A. Bahan dan bumbu lodeh kluwih

Beberapa bahan sudah kita bahas di atas. Lalu bahan lainnya apa saja ya? Bumbu yang digunakan seberapa banyak? Kalau hanya membayangkan tentunya akan penasaran. Apalagi kalau belum tahu rasa nikmat dari masakan ini.

Tidak usah lama-lama. Berikut sudah disiapkan daftar untuk bahan - bahan yang diperlukan untuk memasak kluih. Bumbu - bumbu yang digunakan juga sudah ada dalam daftar kok. Yang mau masak kluwih silahkan disiapkan ya.

Bahan- Bahan: 
• 1 buah kluwih 
• 1 ons daging tetelan sapi 
• ½ buah kelapa ambil santannya 
• 2 bungkus tempe semangit 
• 2 sendok makan minyak goreng 
• 7 batang kacang panjang 

Bumbu- Bumbu: 
• 6 siung bawang merah 
• 4 siung bawang putih 
• 5 cabe merah 
• 5 cabe hijau 
• 1 sendok teh ketumbar 
• Terasi ecukupnya 
• Gula merah secukupnya 

Dilihat dari bumbunya tidak jauh berbeda dengan masakan lain bukan? Ya, yang sedikit membedakan adalah disini kita juga menggunakan sedikit terasi. Dan, yang juga perlu dicatat, kita menggunakan gula merah sebagai perasa manis. Siapkan semuanya ya!

B. Cara memasak lodeh kluwih

Sulit tidak untuk membuat masakan ini? Sama sekali tidak sulit. Pernah masak sayur santan belum? Nah, kurang lebih prosesnya seperti itu. Untuk rekan remaja putri yang baru belajar masak, supaya tidak bingung silahkan ikuti langkah-langkahnya seperti di bawah ini.

  1. Kluwih dikupas kulitnya kemudian potong-potong kemudian cuci dan rebus dan tiriskan. 
  2. Daging tetalan sapi dicuci dan rebus hingga empuk dan tiriskan. 
  3. Iris miring cabe merah, hijau dan tempe, sedangkan bumbu lainnya di haluskan. 
  4. Panaskan minyak goreng 
  5. Tumis bumbu- bumbu dan masukan tempe masak hingga aroma wangi. 
  6. Kemudian masukan kaldu ayam tunggu hingga mendidih. 
  7. Setelah mendidih masukan kacang panjang, dan kluwih aduk- aduk. 
  8. Setelah semua matang masukan santan dan masak hingga santan mengental. 
Harus bagaimana, mulai dari mana masaknya? Jangan bingung ya. Santai dan kalem aja deh. Tidak sulit kok. Lagi pula yang namanya masak ya seperti itu - itu saja. Siapkan bahan, siapkan bumbu lalu tumis dan masukkan bahan-bahannya. Umumnya hanya seperti itu.

Bisa diikuti seperti yang dijelaskan di atas ya. Jangan lupa, untuk menghasilkan cita rasa yang sesuai lidah kita sebelum matang atau diangkat dicicipi terlebih dahulu. Harus pas sesuai selera ya. Asin, manis, gurih dan sebagainya bisa disesuaikan.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post