» » Minuman Wedang Temulawak

Temulawak adalah bahan jamu tradisional yang baik untuk kesehatan. Untuk resep kali ini kita akan mencoba membuat minuman hangat dari temulawak. Tahu kasiat dari bahan jamu ini kan? Benar, temulawak dikenal luas sebagai bahan untuk menambah nafsu makan dan juga baik untuk anti peradangan.


Dari dulu secara turun - temurun kita sebenarnya sudah diajarkan banyak bagaimana menjaga kesehatan dengan bahan-bahan rempah alam di nusantara. Salah satunya dengan jamu tradisional yang sekarang mulai di tinggalkan.

Temulawak juga salah satunya. Makanya kita mengajak untuk juga menyajikan minuman hangat dengan bahan dasar seperti ini. Kita sajikan untuk keluarga. Disela-sela minuman yang biasa disajikan. Pagi atau sore, wedang temulawak ini bisa jadi pilihan.

A. Bahan-bahan

Bahan dasarnya tentu saja temulawak. Kemudian ada juga beberapa bahan lain yang tentunya akan menghasilakan minuman yang segar dan mantap. Bagi yang mau ikutan tidak usah susah-susah mencari resepnya. Kita kupas disini. Berikut silahkan langsung disiapkan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan.
  • 100gram temulawak, kupas kemudian iris tipis-tipis
  • 200gram gula aren
  • 50gram kencur, kupas lalu potong tipis-tipis
  • 8lbr daun pandan, disimpulkan
  • 100 mililiter air
  • 40gram asam jawa tanpa biji
  • 20gram jintan
  • 2 liter air

Asing ya? Ada satu dua bahan yang mungkin terasa asing ditelinga kita. Ya itu karena kita memang sudah tidak seperti dulu yang selalu menjaga kesehatan dengan minuman yang baik. Tidak apa-apa, kita bisa mencari bahan-bahan tersebut di pasar tradisional atau lainnya. 

B. Cara membuat wedang temulawak

Untuk membuat minuman atau wedang ini seperti apa sih caranya? Ya mudah kok. Sama saja dengan membuat jenis wedang lainnya. Yang terpenting siapkan terlebih dahulu semua bahan-bahan yang kita butuhkan. Proses pembuatannya silahkan ikuti langkah berikut ya.
  1. Sanrai temulawak bersama dan kencur sampai layu serta tak langu
  2. Masukkan ke blender, tambah asam jawa, jintan, serta air. Proses sampai lembut dan halus.
  3. Tuangkan pada panci. Lalu direbus dalam api kecil sampai mendidih. 
  4. Angkat dan sisihkan.
  5. Panaskan sisa air, gula, serta daun pandan sampai mendidih. Saring kedalam air kencur. 
  6. Wedang temulawak sudah siap untuk anda sajikan. 
Minuman ini cocok disajikan selagi hangat baik pagi maupun sore hari atau sesuai selera. Tentu minuman wedang jamu ini bisa menjadi alternatif teman santai bersama cemilan - cemilan sehat lainnya. Sehat itu kebutuhan loh!

Supaya badan segar dan sehat tentu minuman - minuman ini bagus untuk disajikan bagi anggota keluarga tercinta di rumah. Untuk bulan puasa juga bisa kan? Supaya tidak hanya minum yang manis - manis melulu. Ya sudah, semoga resep minuman ini bermanfaat ya.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post