» » » » Resep Es Cendol Atau Dawet

Panas - panas paling enak minum es. Bagaimana kalau kita sedang tidak sempat keluar. Baiknya buat sendiri di rumah. Ada, satu resep es cendol atau es dawet yang bisa kita buat sendiri. Mudah, hasilnya segar mantap. Ada yang mau coba?


Tahu es cendol bukan? Termasuk minuman khas Indonesia, es ini banyak yang suka. Es ini bukan hanya segar dinikmati tetapi juga membuat badan lebih bertenaga. Kok bisa, kan menggunakan gula merah.

Es ini bahan dasarnya adalah tepung beras. Airnya dari bahan santan dan juga gula merah. Legit mantap pokoknya. Apalagi jika minuman ini disantap untuk berbuka. Bisa cepat membuat tenaga kita pulih setelah seharian berpuasa.

A. Bahan - bahan cendol dawet

Cuma buat es saja ribet. Lihat hasilnya dulu. Sekilas sih sangat sederhana tapi tidak gampang juga membuat sajian yang segar dan mantap. Meski hanya minuman es sekalipun. Makanya kita bahas resepnya disini.

Kita mulai dari bahannya dulu ya. Apa saja yang kita butuhkan untuk membuat es cendol ini? Bahan utamanya adalah tepung beras. Ada juga tambahan buahnya sedikit. Supaya cepat silahkan siapkan dulu bahannya berikut.

Bahan Es
100 gr tepung hunkwe
50 gr tepung beras
100 ml air daun pandan dan suji
600 ml air
1 sdt garam
5 bh daging buah nangka, potong-potong
100 gr tape ketan hitam
es batu, secukupnya

Bahan saus gula merah (didihkan, saring) :
500 gr gula merah
100 gr gula pasir
200 ml air
3 lbr daun pandan

Bahan kuah santan (didihkan) :
1500 ml santan
1 sdt garam
2 lbr daun pandan

Ada tiga jenis bahan yang harus disiapkan ya. Ada bahan utama yang untuk membuat cendolnya, ada bahan untuk saus gula merah dan ada juga bahan kuah santan. Silahkan disiapkan semuanya sesuai daftar di atas.

B. Cara membuat es cendol 

Sebenarnya tidak susah-susah amat kok. Kalau mau belajar pasti bisa. Apalagi dengan panduan resep yang sudah rinci dijelaskan. Sekarang, kalau semua sudah siap kita bisa mulai membuat es dawet. Langkahnya seperti apa, ikuti berikut!

  1. Campur tepung hunkwe, tepung beras, air daun suji, air, dan garam, aduk rata lalu masak sambil diaduk sampai adonan matang dan meletup-letup.
  2. Siapkan air matang dalam wadah, lalu taruh cetakan cendol di atasnya. Tuang adonan cendol secukupnya, tekan-tekan sampai adonan keluar. Lakukan sampai adonan habis.
  3. Sajikan cendol dengan saus gula merah, saus santan, potongan nangka, tape ketan hitam dan es batu.

Selesai. Resep cendol dawet di atas bisa dibuat untuk 8 orang atau delapan porsi. Silahkan dicoba ya. Ingat, dalam pembuatannya tentu tidak bisa sama persis. Kadang hasilnya kurang memuaskan. Apalagi jika pertama buat.

Yang paling penting kita bisa menggunakan resep di atas sebagai bahan untuk kreasi. Lebih jauh, kalau ada yang ingin resep es lainnya silahkan cari dan pilih saja berbagai resep pilihan yang sudah disiapkan dibagian akhir. 

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post