» » Resep Asem Asem Bandeng Segar

Resep Asem Asem Bandeng Segar - Biarpun sebuah masakan biasa yang kita hidangkan untuk setiap hari namun sebuah masakan jika diolah dengan cara yang mantap pasti akan menghasilkan cita rasa yang nikmat.

Hari ini kita akan mengolah ikan bandeng sebagai bahan dasar untuk menu asem-asem bandeng yang segar dan nikmat. Resep masakan yang akan kita coba ini merupakan resep sederhana dan tidak ribet dan tentunya bisa kita jadikan menu santapan sehari-hari. Masakan ini merupakan satu jenis sayur dengan bahan dasar ikan yang diolah dengan berbagai rempah. 

Disebut asem-asem karena masakan ini berkuah seperti sayur asem namun menggunakan bahan dasar ikan yaitu jenis ikan bandeng. Selain ikan ini tentunya kita bisa mengganti jenis ikan yang sesuai selera namun tetap perlu di perhatikan tekstur ikan yang akan dipilih.

Untuk membuat masakan asem-asem bandeng ini bahkan untuk pemula yang sedang belajar pun tidak akan sulit. Cara membuatnya yaitu pertama bumbu ditumis kemudian masukkan air lalu setelah mendidih kita masukkan ikan bandeng. Kita tinggal menunggu sampai ikan matang dan bisa langsung diangkat. 

Meski sudah dikatakan mudah untuk membuatnya namun kalau kita tidak tahu bahan dan juga bumbu yang dibutuhkan maka masakan ini tentu belum bisa kita buat. Oleh karena itulah kita akan membahas asem - asem bandeng ini secara lengkap untuk panduan bagi kita yang ingin memasak masakan sayur tersebut. 

A. Bahan dan Bumbu Asem - Asem Bandeng

Bahan utamanya hanya ikan saja, sedangkan untuk bumbu kita menggunakan berbagai bahan bumbu rempah yang sudah sering kita gunakan. Yang perlu diingat adalah sangat disarankan untuk kita menggunakan atau memilih ikan yang benar-benar segar.

Cita rasa enak dan segar dari masakan ini sangat di pengaruhi oleh kesegaran bahan ikan yang digunakan. Apa saja bahan dan bumbu tersebut, mari kita siapkan selengkapnya seperti pada daftar berikut!

Bahan yang diperlukan:
Bumbu yang diperlukan:
  • 6 buah bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas lengkuas
  • 5 buah cabai merah
  • 2 buah tomat
  • 1 batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • garam dan penyedap secukupnya
Bahan dasarnya cuma ayam bukan? Kalau untuk bumbu memang kita membutuhkan bumbu yang cukup banyak. Untuk bumbu tersebut kita perlu siapkan bawang, jahe, kunyit dan juga lengkuas.

Seperti jenis masakan dengan bahan dasar lannya, kita juga menggunakan cabai, tomat dan juga serai. Tidak lupa juga kita menambahkan daun salam agar aroma masakan lebih nikmat. Yang sudah tidak sabar ingin belajar memasak masakan ini bisa langsung siapkan bahan pada daftar di atas.

B. Cara Membuat Asem - Asem Bandeng Segar

Cara memasaknya sudah dijelaskan di awal namun jika kita ingin lebih mudah kita bisa mengikuti panduan memasak langkah demi langkah yang akan diberikan dari resep ini. Untuk memasak masakan ini kita ikuti langkah-langkah berikut!
  1. Bawang merah, bawang putih diiris halus. Jahe, kunyit, lengkuas diiris seperti batang korek api. Cabai merah diiris serong.
  2. Tumis semua bumbu hingga harum, masukkan air, masukkan garam, tunggu sampai mendidih baru masukkan potongan ikan bandeng.
  3. Masukkan tomat yang telah dipotong-potong, tunggu sampai ikanya matang baru diangkat.

Tidak ribet bukan, pasti bisa semua dong? Nah, kalau sudah mencoba berkreasi dengan menu baru ini jangan lupa juga ya, masih banyak resep masakan enak lainnya yang perlu kita coba. Bisa dipilih saja mana yang ingin dicoba ya.


Di bagian bawah ada beberapa resep pilihan atau kita bisa mencari resep lain selain Resep Asem Asem Bandeng Segar ini di bagian kotak pencarian situs. Banyak kok menu sayur yang enak-enak dan bisa dijadikan alternatif pilihan.

Lain waktu kita akan kembali dengan berbagai resep baru yang tak kalah menarik. Silahkan dilanjutkan lagi dengan kreasi menu-menu lain sesuai pilihan dan selera. Selamat bersantap ria. Salam.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post