» » » » Resep Sate Udang Spesial yang Menggoda Selera

Resep Sate Udang Spesial - Penggemar sate pokoknya harus mencoba satu resep spesial ini. Beda dari yang biasa kita sajikan karena sate yang akan kita buat kali ini bukan menggunakan bahan daging baik itu daging sapi, kambing, ayam dan daging lainnya. Sate ini cukup enak dan menggugah selera namun tidak untuk yang alergi dengan udang. Yang ingin menambah koleksi resep aneka sate yang sudah ada di rumah sebaiknya bersiap-siap untuk belajar membuat sate udang dengan situs masakan khas daerah kali ini. Lumayan sebagai tambahan variasi menu kejutan yang pasti akan menghilangkan kebosanan.

Udang adalah bahan masakan yang cukup populer dan banyak di gemari oleh berbagai kalangan. Udang ini banyak di oleh dengan berbagai cara, ada yang diolah sebagai masakan berkuah, ada yang diolah untuk cemilan dan bahkan ada juga pengolahan udang menjadi produk bahan pangan lain seperti terasi. Udang memang sudah selalu dekat dengan dapur kita semua.

Kali ini secara khusus kita akan mencoba sebuah resep masakan yang sebelumnya belum pernah dimasak. Masakan ini adalah masakan jenis sate yang menggunakan bahan dasar udang tersebut. Sate udang spesial ini akan menjadi menu utama di hari libur dan hari lain, untuk menggantikan menu sate yang biasa kita berikan.

Untuk masakan jenis sate jika dilihat dari bahan yang digunakan memang memiliki begitu banyak jenis. Misalnya, sudah ada sate ayam, sate kambing, sate domba, sate ikan, belut dan lain sebagainya. Nah, yang akan kita coba ini bukan diantara mereka yang menggunakan bahan daging. Yang akan kita coba yaitu Resep Sate Udang Spesial yaitu menu sate dengan bahan dasar udang segar. Bagaimana, berminat untuk ikutan mencoba resep tersebut?

A. Bahan dan Bumbu Sate Udang Spesial

Udang dengan berbagai bumbu rempah lain, jelas hanya itu yang kita butuhkan untuk membuat masakan spesial ini. Tidak perlu di bahas ya kalau untuk bahan dan bumbu ini, kita dapat langsung mencari berbagai bahan dan bumbu tersebut di pasar tradisional.

Biasanya sih berbagai bahan bumbu yang dibutuhkan untuk masakan ini sudah tersedia di dapur kita. Apa saja bahan dan bumbu untuk sate udang tersebut, mari kita siapkan sesuai daftar berikut!

Bahan yang diperlukan:
35 ekor udang besar (buang misainya, kepala jangan dibuang)
2 buah jeruk nipis (ambil airnya)

Bumbu yang diperlukan:
25 buah bawang merah
5 siung bawang putih
11 buah cabai merah
2 ruas jahe
3 ruas kunyit
3 lembar daun salam
4 sendok makan saus tomat
garam dan gula merah secukupnya

Untuk udang yang akan kita gunakan sebaiknya udang yang masih segar. Udang di pilih yang ukurannya cukup besar, jangan memilih udang yang ukurannya kecil. Untuk menusuk udang tersebut kita dapat menggunakan lidi atau sejenisnya yang cukup kecil tetapi cukup kuat.


Selain bumbu di atas, jika kita suka kita juga bisa menambahkan kecap manis untuk menambah rasa akhir masakan ini, tentunya semua bisa kita sesuaikan dengan selera kita masing-masing.

Cara Membuat Sate Udang Spesial

Kalau kita berbicara mengenai proses memasak maka tidak ada yang perlu di khawatirkan. Untuk membuat sate ini tidaklah sulit dan pasti meski kita belum pernah membuatnya kita pasti bisa sendiri apalagi jika melihat panduan langkah demi langkah yang akan di berikan. Untuk membuat sate udang pertama kita siapkan udang segar, setelah itu kita siapkan bahan lain dan juga bumbu sesuai pada daftar yang disertakan di atas.

Setelah itu kita bersihkan udang dan berbagai bahan dan bumbu sampai siap untuk diolah. Setelah itu proses selanjutnya untuk memasak masakan spesial ini bisa kita ikuti langkah di bawah ini.
  1. Lumuri udang dengan air jeruk dan garam, diamkan selama 1 jam dalam lemari es, tusuk udang dengan lidi.
  2. Haluskan bumbu, tumis sampai harum. Masukkan udang yang sudah ditusuk dengan lidi, tumis sampai udang berubah warna, angkat.
  3. Bakar udang sampai matang sambil tuangi sisa bumbu sedikit demi sedikit.

Udang dicampur dengan air jeruk dan garam dan didiamkan di lemari es bertujuan untuk menghilangkan aroma amis yang ada pada udang segar tersebut. Selain itu dengan tambahan air jeruk maka rasa udang nantinya juga akan lebih sedap.

Proses menumis udang bertujuan untuk membuat bumbu-bumbu yang ada cukup meresap ke dalam daging udang. Setelah proses itu selesai baru kita bisa membakar atau memanggang udang tersebut sampai matang.

Cukup mudah bukan untuk membuat masakan ini. Sekarang kita telah memiliki tambahan menu baru dengan adanya Resep Sate Udang Spesial tersebut. Dengan tambahan menu ini kita kini memiliki lebih banyak variasi masakan sate yang bisa kita hidangkan untuk keluarga di rumah. Itu saja, setelah mencoba masakan ini jangan lupa juga untuk mencoba beberapa resep lain di bagian bawah. 

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post