» » » Cara Membuat Dashi (kaldu) Yang Mudah

Cara Membuat Dashi Yang Mudah - Pernah dengar nama "Dashi" bukan? Yapz, jika anda mengikuti panduan dari berbagai masakan Jepang yang sebelumnya telah diberikan tentu kata ini tidak akan asing ditelinga kita.

Dashi adalah kaldu dasar untuk semua masakan Jepang. Bagaimana membuat kaldu tersebut, temukan panduan Resep Membuat Dashi di bawah ini jika anda berminat.

Karena bukan budaya kita maka terkadang memang kita heran dengan berbagai bahan dan juga bumbu masak dari negara atau daerah lain seperti dengan salah satu bumbu masakan khas Jepang yang akan segera kita coba ini.

Pada jenis masakan khas dari Negara Jepang, dashi menjadi satu jenis bahan yang banyak digunakan contohnya pada masakan ishikari nabe. Untuk dashi ini ada beberapa jenis misalnya saja ichiban dashi. Terlepas dari semua itu disini kita akan mencoba membuat dashi sendiri untuk kebutuhan masakan yang akan kita buat.

Dengan tahu bagaimana cara membuat dashi sendiri tentu akan mendukung dan memudahkan kita dalam menyajikan setiap masakan Jepang yang menggunakan kaldu tersebut. Karena itulah anda sekarang diajak untuk belajar memasaknya. Mudah dan gampang, tidak perlu susah juga!

Bahan - Bahan Dashi (Kaldu)
Siapkan langsung bahan bahannya jika anda ingin membuat sendiri kaldu Jepang tersebut. Bahan-bahannya adalah sebagai berikut:

- 1 gelas (6 gram) parutan ikan cakalang kering
- 2 gelas (400 ml) air

Panduan Cara Membuat Dashi
Kalau bahannya sudah siap untuk membuat kaldu ini anda bisa mengikuti langkah demi langkah membuat Cara Membuat Dashi yang dijelaskan berikut!

  1. Didihkan air pada panci.
  2. Sediakan mangkuk besar, saringan halus atau lap yang telah dibasahi.
  3. Masukkan satu gelas parutan ikan cakalang kering ke dalam air mendidih; 
  4. Kecilkan api dan masak selama sekitar 1 menit.
  5. Saring menggunakan saringan halus atau lap yang telah dibasahi yang dipasang di atas mangkuk.


Semoga dengan tahu bagaimana cara mudah dalam membuat kaldu Jepang tersebut anda jadi lebih bersemangat lagi dalam belajar memasak kuliner Jepang. Sampai disini saja untuk hari ini, silahkan dilanjutkan!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post