» » » Resep Sayur Asem Jawa Timur

Resep Segar Sayur Asem Jawa Timur - Kalau kondisi cuaca lagi panas, paling enak masakan yang disantap adalah yang segar-segar seperti sayur asem khas daerah Jawa Timur yang akan kita bahas pada resep kali ini. Biar tidak bosan dengan sayur asem yang rasanya cuma asem doang langsung kita coba yuk resep ini.

Untuk membuat sayur asam sebenarnya bukanlah perkara yang mudah karena biasanya bahan dan bumbu pun tidak begitu asing bagi kita. Tapi bagaimana dengan resep sayur asam Jatim, apakah sama mudahnya?

Ya, pada umumnya jenis masakan ini merupakan masakan yang pengolahannya tidak terlalu rumit. Hal ini karena inti dari proses memasak untuk sayur asam ini hanyalah di rebus. Pasti sudah pernah dong?

Masakan khas daerah, Kita tinggal menyiapkan bahan yang dibutuhkan dan juga bumbunya, setelah itu di rebus. Bagaimana sih sebenarnya proses cara membuat sayur asem segar tersebut? Dalam kreasi kali ini kita akan mengangkat resep Jawa Timur ini. Mau ikutan?

A. Bahan dan Bumbu Sayur Asem Jawa Timur

Yang asyik dari sayur asem ini adalah sayur asem ini menggunakan kecambah dari kedelai. Bahan-bahan selengkapnya yaitu:
  • 50 gram kecambah dari kedelai atau tauge besar
  • 10 biji kacang panjang, potong 5 cm
  • 2 buah labu siam. kupas kulitnya, potong dadu sesuai selera
  • 1 ikat kangkung, potong sesuai selera
  • 4 buah bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang merah, haluskan
  • 2 cm lengkuas, keprek
  • 3 biji belimbing wuluh
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • 1 liter air
Sayur asam memang menjadi salah satu menu masakan yang sudah cukup terkenal. Sayur ini biasanya di santap dengan nasi putih dengan beberapa pelengkap seperti misalnya tempe goreng, atau ikan goreng dan juga sambal. Coba juga: resep nasi goreng udang

Ciri yang sangat umum pada menu masakan ini adalah rasanya yang segar dan menggugah selera. Dengan aroma yang menyegarkan dan rasa gurih asam yang nikmat menu ini sering sekali kita jumpai di rumah makan atau warung-warung makan di pinggir jalan. Nah, karena di atas kita telah menyiapkan semua bahan untuk masakan ini maka kita mulai saja proses pembuatannya.

B. Cara Membuat Sayur Asem Khas Jawa Timur

Mudah, tidak perlu takut, bahkan sederhananya, masakan ini asal di cemplungin aja sudah jadi. Khusus bagi kita yang belum pernah sama sekali membuat sayur asam dari Jawa Timur ini bisa mengikuti panduan langkah-langkah memasak berikut.
  1. Rebus air hingga mendidih.
  2. Masukkan bawang putih, bawang merah, lengkuas dan belimbing wuluh.
  3. Setelah air kembali mendidih, masukkan kacang panjang, kecambah dan labu siam. Masak hingga semua bahan setengah matang.
  4. Tambahkan kangkung, gula dan garam. Aduk-aduk dan tunggu kurang lebih 1 menit atau sampai kangkung empuk.
  5. Matikan api dan angkat.
  6. Sayur Asem Jawa Timur siap dihidangkan selagi hangat.

Sampai disini uraian singkat saya mengenai Resep Segar Sayur Asem Jawa Timur hari ini, semoga menu kali ini dapat menambah daftar menu pilihan keluarga anda. Jangan lupa untuk mencoba resep lain yang tak kalah seru. Selamat mencoba.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post