» » » Resep Kue Sarang Semut (Bika Karamel)

Belajar mencoba satu resep lagi yaitu Resep Kue Sarang Semut yang merupakan salah satu kue khas yang banyak di jumpai di masyarakat kita. Kue yang lebih dikenal dengan sebutan "kue sarang semut" tersebut juga dikenal dengan sebutan Bika Karamel. Yang menjadikan kue ini unik seperti namanya adalah dari sisi tekstur kue yang mirip dengan sarang semut maka jadilah sebutan nama tersebut.

Kue yang termasuk jenis kue panggang ini sering kita jumpai di hari raya atau perayaan tertentu. Kue Sarang Semut ini memiliki tekstur lembut dengan rasa legit dan warna kecoklatan dari gula yang dipakai. Dibuat dengan bahan dasar tepung terigu dan beberapa bahan lainnya, kue khas ini tergolong mudah dalam proses pembuatan-nya. Untuk orang yang belum pernah membuatnya pun bahkan tidak akan terlalu mengalami kesulitan saat belajar membuat kue tersebut.

Kita yang ingin belajar untuk membuat jenis kue enak ini bisa memanfaatkan panduan Resep Masakan yang akan kita bahas disini. Sudah disediakan panduan lengkap mulai dari persiapan bahan sampai dengan proses pembuatan. Dengan belajar membuat kue saran semut ini tentu kita bisa memiliki tambahan resep kue yang akan memperbanyak koleksi yang sudah ada. Lumayan, bisa untuk persiapan berbagai acara di kemudian hari.

Bahan Bahan Kue Sarang Semut
Kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkan. Tidak banyak, hanya beberapa bahan saja dan mudah juga untuk kita siapkan. Kalau yang sudah siap mulai silahkan siapkan bahan sesuai pada daftar di bawah ini.

  • 200 gr margarin/mentega, cairkan
  • 200 gr gula pasir
  • 200 ml air
  • 150-200 ml susu kental manis (tergantung tingkat kemanisan yang diinginkan)
  • 100 gr tepung terigu
  • 1 sdt soda kue
  • 5 butir telur

Bisa disiapkan dengan melihat takaran yang ada di daftar tersebut ya, nanti setelah mencoba sekali atau dua kali dengan resep sarang semut ini kita masih bisa berkreasi dalam cara membuat kue tersebut. Setelah siap dengan bahan yang dibutuhkan kita akan langsung ke proses pembuatan.

Cara Membuat Kue Sarang Semut
Untuk persiapan, membuat kue meski dikatakan mudah tentu saja harus belajar dulu apalagi untuk kue yang belum pernah di coba. Untuk bekal kita belajar seperti sudah disinggung di atas berikut akan dijelaskan jga proses pembuatan kue khas Indonesia ini.

Pertama-tama, sebelum membuat kue ini kita persiapkan terlebih dahulu bahan kue yang dibutuhkan. Setelah itu jangan lupa siapkan juga alat pembuatan kue yang akan digunakan contohnya saja kocokan telur, loyang dan sebagainya. Kalau sudah siap kita mulai pembuatan dengan langkah sebagai berikut:

  1. Panaskan gula hingga menjadi karamel, beri air, aduk hingga gula karamel larut, dinginkan
  2. Kocok telur hingga agak pucat dan berbuih, masukkan susu, kocok hingga rata.
  3. Tambahkan tepung, mentega cair, aduk rata lalu masukkan air karamel dan soda kue. Aduk rata kembali.
  4. Tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung tipis. Panggang dengan suhu 150 °C hingga matang (lebih kurang 45 menit)
  5. Tunggu hingga benar-benar dingin sebelum dipotong.


Dalam membuat kue ini, adonan yang kita buat tadi sebelum dipanggang memang terlihat cair, jadi tidak perlu bingung. Lanjutkan saja sampai proses pemanggangan selesai.

Kalau sudah ada Resep Kue Sarang Semut (Bika Karamel) seperti ini memang terlihat begitu mudah untuk membuat kue tersebut. Pokoknya bagi yang belum pernah mencoba wajib belajar sendiri. Siapa tahu dengan belajar membuat kue seperti ini kita bisa menjadi pengusaha kue yang sukses.

Resep Kue Sarang Semut (Bika Karamel)

Ya sudah, untuk panduan kali ini itu saja, jangan lupa, ada beberapa kue baru yang juga bagus untuk kita pelajari. Silahkan pilih mana yang di suka pada bagian akhir resep ini. Lain waktu kita akan bertemu dengan resep kue yang lebih dahsyat lagi. Itu saja, selamat mencoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post