» » » » Resep Kue Bugis Ketan Hitam Lezat Mantap

Resep Kue Bugis Ketan Hitam Lezat Mantap - Banyak sekali terdapat resep kue yang ada akan tetapi biasanya kita enggan untuk mencoba membuat kue sendiri. Kita lebih suka membeli kue jadi ketimbang repot-repot bikin sendiri, padahal kue bikinan sendiri lebih unggul kualitas kesehatannya dibanding kue beli di pasar atau toko oleh-oleh. Jelas kita mengetahui sendiri dari tingkat kebersihan atau pun penggunaan bahan-bahan berbahaya seperti pewarna makanan maupun pengawet makanan. 

Akan tetapi terkadang kita lebih memilih yang gampang yaitu memilih untuk beli kadang disebabkan karena kita tidak bisa membuatnya dan lain-lain. Oleh karena itu di sini akan kita bahas mengenai pembuatan aneka kue khas nusantara salah satunya yaitu Kue Bugis Ketan Hitam.

Kue ini merupakan kue tradisional kadang disebut juga dengan kue basah. Kue mungil dengan berbungkus daun pisang ini memang memiliki rasa yang cukup manis. Karena kue ini berisikan parutan kelapa yang dikecek dengan gula pasir. Cara pembuatan kue ini juga tidak terlalu sulit hampir menyerupai dengan kue koci (kalau ditempat saya) yaitu dengan cara di kukus.

Anda pasti sudah tidak asing bukan dengan kue bugis ini? anda ingin tau bagaimana cara membuat kue bugis ini? Apa saja bahan-bahan nya? berikut akan saya bagikan khusus untuk anda semua mengenai resep Kue Bugis Ketan Hitam.
 

Bahan - Bahan Kue Bugis Ketan Hitam

Jika kita ingin membuat kue pastinya kita akan membutuhkan beberapa bahan yang akan kita pergunakan dalam membuat kue baik bahan dasarnya maupun untuk bahan isi, tak terkecuali untuk kue yang akan kita buat ini.

Bahan Dasar
Pertama-tama yang harus kita siapkan adalah bahan dasarnya terlebih dahulu. Dan dalam pembuatan kue bugis ini yang perlu kita sediakan tentunya adalah:
  • 600 gr tepung ketan hitam
  • 375 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa
  • 1/4 sdt garam halus
  • 1 lembar daun pandan, potong-potong kecil
  • Daun pisang secukupnya

Bahan Isi

Setelah bahan dasar tersedia sekarang kita tinggal menyiapkan bahan untuk isi kue ini. Untuk bahan isinya pun tidak bermacam-macam dan sangat mudah sekali untuk kita dapatkan. Adapun bahan isi yang harus kita siapkan adalah:
  • 200 gr kelapan setengah tua, kupas, parut memanjang
  • 100 gr gula pasir
  • 3 sdm air
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/4 sdt garam halus


Cara Membuat Kue Bugis Ketan Hitam Lezat Mantap

Setelah semua bahan tersedia sekarang saatnya kita membuat kue ini, anda tidak perlu resah karena di bawah ini akan dijelaskan langkah-langkahnya lengkap. Jadi anda tinggal ikuti saja petunjuk resep kue seperti di bawah ini:

  1. Bahan Isi : Panaskan wajan, masukkan kelapa parut, gula pasir, garam, dan daun pandan. Tuangkan air, aduk rata. Masak sambil diaduk terus hingga kelapa agak mengering. Angkat, dinginkan dan sisihkan.
  2. Didihkan santan, garam, dan daun pandan. Masak sampai mendidih dan angkat.
  3. Tuang santan panas sedikit demi sedikit ke dalam tepung ketan, aduk dan uleni sampai tercampur rata.
  4. Ambil 1 sdm adonan tepung ketan, bentuk bulat pipih, isi dengan satu sendok teh bahan isi. Bulatkan kembali.
  5. Siapkan daun pisang, bentuk menyerupai corong. Masukkan adonan kue bugis, tekan dan bentuk menyerupai kerucut. Bungkus dan semat dengan lidi. Lakukan seterusnya sampai adonan habis.
  6. Kukus kue bugis selama 30 menit atau sampai matang. Angkat dan sajikan setelah dingin.
  7. Untuk : 25 buah

Usai sudah eksperimen kita dalam membuat kue bugis ini, bagaimana mudah bukan? Ternyata mudah ya? Bagi anda yang kurang suka dengan gula putih sebagai bahan isi anda juga bisa menggantinya dengan gula jawa atau lebih dikenal dengan gula merah yang dipadukan dengan ampas kelapa pastinya akan lebih mantap dan sesuai selera.


Resep Kue Bugis Ketan Hitam Lezat Mantap


Semoga Resep Kue Bugis Ketan Hitam Lezat Mantap kali ini bisa menambah pengetahuan anda mengenai resep kue basah yang belum pernah anda sajikan. Dan nantikan resep-resep kue nusantara berikutnya. Serta jangan lupa untuk mencoba kue ini di rumah anda.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post