» » » » Resep Kue Keju

Resep Kue Keju Enak Mudah Dibuat - Sore hari tak ada pekerjaan sedangkan esok juga sama, kebetulan sedang santai dan banyak waktu luang jadi sudah diputuskan untuk membuat kue lagi. Sedangkan yang beruntung akan dibuat hari ini adalah kue keju yang tentunya dijadwalkan akan menjadi teman santai esok hari.

Sebenarnya resep kue yang satu ini lebih sering disajikan pada hari raya namun tak apalah, kita bisa menyajikan hidangan ini untuk hari natal atau pun tahun baru saja.

Sudah tahu kan, dilihat dari namanya tentu saja kue keju ini terbuat dari bahan utama yaitu keju namun tentunya ada bahan-bahan lain yang digunakan. Seperti juga bahan kue lain, kue ini menggunakan tepung terigu dan juga mentega.

Selain itu ada juga wijen dan biji bawang. Bagi yang belum pernah mencoba membuat sendiri kue ini tidak perlu khawatir karena kue ini tidak begitu sulit. Meski tidak begitu sulit namun yang belum pernah mencoba tentunya harus sedikit bersabar dan hati-hati dalam membuatnya.

Sebagai panduan agar lebih mudah kita bisa menggunakan panduan dan langkah yang dijelaskan pada resep kue keju tersebut. Agar waktu tidak bergulir percuma maka kita bisa mulai siap-siap dengan segala kebutuhan untuk membuat kue tersebut.

A. Bahan - Bahan

Di atas kan sudah disinggung juga masalah bahan ini. Ya, tidak begitu banyak bahan yang diperlukan. Selain itu bahannya juga tidak sulit untuk disiapkan. Ada tepung terigu, bubuk cabe, mentega dan lain sebagainya.

Agar tidak menghabiskan waktu terlalu lama lebih baik kita mulai menyiapkan semua bahan tersebut. Bahan - bahan yang diperlukan tersebut seperti tertera pada daftar berikut ini.
  • 300 gr tepung terigu, protein sedang, plus extra untuk taburan (tepung kunci biru) 
  • 2 sdt bubuk cabe
  • 2 sdt mixed herbs, tambah untuk taburan 
  • 130 gr mentega dingin, potong dadu 
  • 350 gr keju cheddar, parut 
  • 40 gr keju parmesan, parut 
  • 4 sdm wijen putih 
  • 4 sdm wijen hitam atau biji bawang (kalonji) 
Kalau ada bahan di atas yang sulit untuk disiapkan kita bisa menggantinya dengan bahan lain yang sejenis. Pokoknya kita bisa berkreasi sesuka hati, namanya juga belajar di rumah sendiri, benar tidak? Jika kita berani mencoba siapa tahu kita bisa menciptakan sebuah masakan yang khas dan memiliki cita rasa yang unik.

B. Cara Membuat Kue Keju

Sudah siap? Kalau belum siap maka siap-siap saja dulu. Mulai dari menyiapkan bahan, setelah itu baca panduan-nya sampai paham. Baru setelah paham berbagai langkahnya kita bisa langsung mencoba membuat sendiri hidangan tersebut. Supaya tidak bingung di tengah jalan, jangan lupa mencatat cara membuat kue tersebut. Cara membuat kue ini yaitu sebagai berikut
  1. Masukkan tepung, cabe bubuk, paprika (atau bubuk kari) ke dalam food processor gunakan tombol pulse beberapa kali saja. 
  2. Masukkan mentega dan keju setengah-setengah 
  3. Hidupkan mesin dengan kecepatan tinggi sampai menjadi gumpalan, keluarkan, bentuk menjadi bola tanpa terlalu banyak menguleni. 
  4. Bungkus dengan cling film atau masukkan dalam plastik dan dinginkan dalam kulkas selama 1 jam 
  5. Panaskan oven 190 C. 
  6. Untuk cheese stick, giling adonan persegi panjang, taburkan dried herbs, wijen hitam dan putih di atasnya kemudian giling lagi sampai biji-bijian melekat dan bentuk menjadi : 12 cm lebar, 1 cm tebal (saya buat kira-kira 7 mm) dan potong selebar kira-kira 7 mm juga, dapat dilihat pada gambar di bawah ini. 
  7. Letakkan ke loyang yang telah dialasi kertas roti (kecuali menggunakan loyang non stick), panggang 5 - 8 menit atau sampai kekuningan dan renyah 
  8. Dengan adonan yang sama, dapat dibentuk menjadi biskuit bulat. Gulung adonan seperti batang dengan diameter kira-kira 3 cm. 
  9. Taburkan campur wijen putih dan hitam, kemudian gulungkan adonan diatasnya sambil ditekan agar melekat. 
  10. Potong adonan setebal 5 mm, kemudian tekan sedikit lagi agar agak lebih tipis. 
  11. Tusuk-tusuk dengan garpu agar nantinya tidak menggembung ditengah, susun di atas loyang dan beri jarak, 
  12. Panggang 5 - 6 menit atau sampai kekuningan dan renyah. 
  13. Biarkan beberapa saat sebelum memindah biskuit dari loyang 
  14. Sisihkan biskuit sampai benar-benar dingin sebelum disimpan dalam wadah kedap udara. 

Jangan terburu-buru ya, kalau baru pertama kali mungkin akan sedikit bingung namun kalau sudah mencoba satu dua kali maka kita pasti bisa lebih mudah untuk membuat kue ini. Jika baru pertama mungkin hasilnya tidak akan sebagus yang diharapkan namun tidak perlu putus asa, lain waktu jika anda masih mau mencoba lagi pasti hasilnya akan lebih bagus.

Resep Kue Keju Enak Mudah Dibuat


Membuat kue juga bisa dikatakan sebuah seni, butuh tangan terampil dan terlatih jadi untuk kita yang belum terbiasa maka banyak-banyaklah mencoba. Jangan takut gagal, beranikan diri kita untuk sesekali bereksperimen menuangkan ide-ide kita. Mudah-mudahan dengan bekal Resep Kue Keju Enak Mudah Dibuat di atas kita bisa lebih mudah dalam mempelajari resep ini. 

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post