» » » Daging Masak Khas Gorontalo

Daging Masak Khas Gorontalo Yang Enak. Masakan daerah yang akan kita coba kali ini adalah masakan dari Gorontalo yaitu daging masak. Daging masak khas Gorontalo ini adalah masakan yang enak yang cara membuatnya lain daripada yang lain. Mari kita coba resep khas ini, siapa tahu enak dan pas di lidah kita.

Daging masak ini merupakan sebuah masakan dengan bahan dasar daging khas dalam yang diolah dengan cara sedikit berbeda dari cara memasak daging pada umumnya. Kenapa saya bilang berbeda? Masakan melalui dua tahap memasak yang menurut kami pribadi dapat dipisahkan satu satu. 

Bagaimana tidak masakan ini pertama-tama dimasak (ditumis) dengan bumbu, setelah itu masakan ini diangkat dan selanjutnya dibakar atau dipanggang. Kenapa tidak ditumis saja atau dibakar saja, temukan jawabannya dengan mencicipi rasa enak dari masakan daerah tersebut.

Kalau berbicara mengenai bahan dan bumbu, masakan ini terbuat dari daging khas dalam dengan campuran kacang tanah goreng. Untuk bumbu, masakan ini menggunakan bumbu inti/penyedap rasa dan beberapa rempah lain seperti cengkeh, kayu manis dan pala. Jika kita ingin mencoba menghidangkan masakan ini maka persiapan yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Menyiapkan alat masak yang dibutuhkan
2. Menyiapkan semua bahan 
3. Menyiapkan bumbu dapur
4. Mempelajari proses pembuatan

Semua informasi mengenai persiapan memasak tersebut bisa didapatkan dalam artikel resep masakan kali ini. Bagi yang sudah tidak sabar bisa langsung mencobanya dengan panduan yang akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini.



Bahan dan Bumbu Dasar

Daging has dalam, potong melebar
Bumbu Inti / Penyedap Rasa
Kecap manis
Kacang tanah goreng, haluskan
Pala bubuk
Cengkeh bubuk
Kayumanis bubuk
Air asam
Air
Garam
Minyak untuk menumis

500 gram
1 pak (50 gram)
2 sdm
50 gram
½ sendok teh
¼ sendok teh
½ sendok teh
1 sendok teh
500 ml
1 ½ sendok teh
1 sendok makan

Cara Membuat Daging Masak Khas Gorontalo

1.      Lumuri daging dengan Bumbu Inti, kecap manis, kacang tanah, pala, cengkeh, kayu manis, dan air asam.
2.      Diamkan ±30 menit di lemari es.
3.      Tumis rendaman daging.
4.      Aduk sampai berubah warna.
5.      Tuang air sedikit demi sedikit sambil dimasak sampai meresap. Angkat daging.
6.      Bakar di atas bara api sampai kecokelatan.
7.      Angkat dan hidangkan


Menu daging masak khas Gorontalo yang enak ini tidak akan terasa mantap jika hanya disantap sendiri, karena itu silahkan coba dan nikmati masakan Gorontalo tersebut bersama-sama dengan keluarga, saudara atau siapa saja yang sobat suka.

Gambar Ilustrasi
Jika ingin mencoba masakan lain dari daerah Gorontalo sobat juga dapat melihat panduan cara memasaknya melalui beberapa artikel berikut!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post