» » » Cara Membuat Nasi Uduk Sederhana Yang Lezat

Cara Membuat Nasi Uduk Sederhana Yang Lezat - Orang kita memang tak bisa jauh dari nasi, hal ini bisa dilihat dengan banyaknya variasi masakan dengan bahan dasar nasi yang ada di berbagai daerah. Salah satu yang terkenal yaitu masakan nasi uduk yang akan kita bahas sekarang.

Masakan ini merupakan olahan nasi yang dimasak dengan tambahan bumbu khusus sehingga nasi memiliki rasa lezat, gurih dan khas. Untuk masakan nasi uduk ini sendiri tidak hanya satu dua jenis tetapi ada banyak variasi yang berkembang di masyarakat seperti misalnya nasi uduk kebon kacang dari Betawi. Untuk yang akan kita bahas disini adalah resep nasi uduk sederhana yang bisa dengan mudah kita masak sendiri di rumah.

Inti dari proses masak menu khas daerah ini adalah memasak nasi yang ada rasanya, jadi prosesnya tidak sulit alias mudah. Bahan yang digunakan seperti beras dan santan juga sangat mudah untuk kita siapkan. Jika anda sudah sering menghidangkan sajian nusantara tersebut ada baiknya anda mulai melakukan kreasi atau improvisasi dari berbagai resep yang sudah anda miliki. Dengan demikian kesukaan pada menu ini tidak akan berkurang.

Anda yang sedang belajar masak juga bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Jika berminat ingin mencoba silahkan gunakan panduan memasak yang akan dibahas berikut ini. Selain masakan disini anda juga bisa belajar resep kue dan jajanan lain.

Bahan - Bahan Nasi Uduk Lezat 

Untuk resep ini bahannya tidak terlalu banyak, dan mudah untuk disiapkan. Anda yang ingin belajar bisa langsung bersiap-siap untuk menyediakan berbagai bahan dan bumbu yang diperlukan. Bahan dan bumbu uduk tersebut seperti pada daftar berikut.
- Beras 1 kg, cuci bersih
- Santan dari 1 butir kelapa, buat menjadi 1250 cc
- daun salam 2 lbr
- lengkuas 1 ruas dimemarkan
- daun pandan 2 lbr
- garam 1sdt
- bawang merah goreng

Kalau anda sudah familiar dengan bahan di atas dan tahu hasil akhirnya anda bisa juga berkreasi dengan bahan-bahan tersebut. Jika suka anda bisa menambah beberapa bahan lain yang sesuai agar hidangan uduk yang anda buat bisa lebih enak dan tentunya sesuai dengan selera.

Sebagai contoh, terkadang saya menambahkan beberapa bahan pelengkap penyajian seperti kerupuk, telor goreng atau bahkan beberapa lalapan dengan rasa yang khas misalnya petai. Silahkan anda sesuaikan dengan keinginan dan selera anda.

Cara Membuat Nasi Uduk Sederhana Lezat 
Namanya juga sederhana pasti cara memasaknya tidak sulit. Anda tidak perlu terlalu repot jika menggunakan panduan resep ini karena ini merupakan resep standar yang tidak begitu banyak variasi. Jika anda sudah siap memasak masakan ini anda bisa langsung mulai dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Masak santan dengan daun salam, lengkuas, daun pandan dan garam sampai mendidih.
  2. Campur beras, aron sampai santan mengering. 
  3. Lalu kukus sampai matang.
  4. Sajikan dengan taburan bawang merah goreng.
Silahkan gunakan resep ini dulu, setelah anda mencobanya lain waktu anda bisa berkreasi dengan berbagai perubahan dan penyesuaian bahan seperti di sebutkan di atas.

Cara Membuat Nasi Uduk Sederhana Yang Lezat

Masakan yang biasanya dijajakan dipinggir jalan ini - kalau boleh jujur - memang akan lebih terasa enak jika disantap dipinggir jalan, ada sensasi rasa yang berbeda dibanding saat kita menyantap nasi uduk yang kita buat sendiri di rumah. Apapun itu yang jelas untuk kesehatan dan rasa yang pas tentu akan lebih baik jika kita menyajikan sendiri masakan tersebut untuk keluarga tercinta. Itu saja, selamat mencoba Membuat Nasi Uduk Yang Lezat tersebut.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post