» » » Menu Rame Nasi Uduk Kebon Kacang Daerah Betawi

Nasi Uduk Kebon Kacang Betawi - Hari ini kita akan belajar membuat sebuah hidangan istimewa Betawi yang tentunya akan melengkapi koleksi resep masakan daerah yang sudah ada. Menu kali ini bernama "Nasi Uduk Kebon Kacang Betawi", bagi yang belum pernah menyajikan sendiri masakan ini bisa belajar memasaknya bersama saya.

Yang perlu saya informasikan tentang kuliner ini adalah Nasi Uduk Kebon Kacang Betawi merupakan salah satu menu asli dari Betawi. Kuliner ini banyak diminati karena bahan-bahannya yang beragam dan cara membuatnya yang simpel. Untuk anda yang jarang bepergian keluar daerah dan ingin mencicipi rasa khas masakan ini bisa membuatnya dengan panduan yang akan diberikan.

Bahan dan Bumbu Resep Nasi Uduk Kebon Kacang Betawi

Untuk membuat masakan ini kita harus menyiapkan tiga bahan sekaligus yaitu meliputi bahan dasar, bahan bumbu dan juga bahan pelengkapnya. Meski terdapat tiga bahan namun saya yakin bahan-bahan tersebut tidaklah sulit untuk kita siapkan. Supaya cepat selesai, mari kita siapkan bahan-bahan tersebut seperti pada daftar di bawah ini.

Bahan Dasar
250 gr Beras, cuci bersih
350 ml Santan kental

Bahan Bumbu
2 lbr Daun salam
2 btg Serai, dimemarkan
1/2 sdt Garam

Bahan Pelengkap
Ayam goreng
Tempe goreng
Tempe Orek
Perkedel kentang
Irisan telur dadar
Semur tahu dan kentang
Semur jengkol
Bawang goreng
Sambal kemiri
Sambal kacang nasi uduk
Lalapan ( mentimun, tomat dan kol )
Kerupuk
Emping goreng

Cara Membuat Nasi Uduk Kebon Kacang
Kalau sudah disiapkan semua bahan yang diperlukan kita akan mulai langsung dalam proses pembuatan. Berikut langkah demi langkah Cara Memasak Nasi Uduk Kebon Kacang Betawi tersebut, silahkan diikuti satu persatu.

  1. Campur beras, santan dan bumbu, kemudian aduk rata.
  2. Masak atau aron nasi dengan menggunakan api sedang hingga mendidih sambil sesekali diaduk hingga santan terserap habis dan nasi menjadi setengah matang, lalu angkat.
  3. Pindahkan nasi ke dalam dandang kukusan. 
  4. Kemudian kukus nasi sampai matang, Angkat.
  5. Sajikan nasi uduk dengan taburan bawang merah goreng dan bahan pelengkap untuk 5 porsikebon kacang
Yang membuat masakan ini heboh adalah bahan pelengkapnya. Untuk anda yang sedikit kesulitan menyiapkan pelengkap masakan ini bisa melakukan kreasi dengan mengganti bahan pelengkap sesuai dengan selera masing-masing.

Dengan berkreasi dari resep asli Nasi Uduk Kebon Kacang Betawi kita akan mendapatkan sebuah menu baru yang lebih sesuai dengan kesukaan kita semua. Mudah-mudahan dengan belajar menyiapkan sajian dari Betawi tersebut kita mendapatkan satu tambahan menu baru lagi untuk dihidangkan. Sampai disini saja, lain waktu akan kita sambung lagi dengan menu spesial daerah lainnya.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post