» » » » » » Cara Membuat Biskuit Palem Renyah Khas Perancis

Cara Membuat Biskuit Palem Renyah Khas Perancis - Yuk belajar membuat kue enak ala luar negeri, mau? Kalau mau anda bisa ikutan belajar masak kali ini yang akan mencoba sebuah resep baru yaitu resep kue. Lumayan untuk menambah koleksi jajanan atau snack biskuit yang sudah ada di rumah yang biasa disajikan untuk keluarga.

Pastikan anda tidak ketinggalan ya, dan pastikan juga anda siapkan buku resepnya terlebih dahulu. Kalau sudah baru anda bisa gabung bersama mencoba sajian ini. Dijamin deh, dijamin pinter kalau anda mau terus belajar dari berbagai resep spesial yang dibahas disini.

Kue apa yang akan kita buat hari ini? Yapz, nama kerennya adalah Palmiers atau kita bias menyebutnya dengan sebutan yang lebih mudah yaitu Biskuit Palem. Asli kue ini berasal dari negara Perancis looh, sudah tahu kan? Pastinya anda tahu dong, ya sudah tidak usah kita bahas masalah sejarah palmiers tersebut karena kita memang bukan ahlinya. Sekarang kita akan langsung aja membahas Resep Biskuit Palem Renyah tersebut.

Sekilas mengenai kue ini, bahan dasar yang digunakan yaitu puff pastry (dengan bahan butter sebagai bahan utama). Bahan lainnya seperti gula kastor dan juga mentega. Bagaimana dengan cara membuatnya? Anda tidak perlu khawatir, meski tergolong resep serapan dari luar namun bisa dikatakan untuk membuat biskuit ini tidak terlalu sulit, jadi anda bisa belajar sendiri. 

Bahan - Bahan / Ingredients
Anda yang ingin mencoba renyahnya biskuit ala Perancis ini bisa langsung mencari dan menyiapkan bahan-bahannya. Bahan-bahan yang dibutuhakan untuk Biskuit Palem ini adalah seperti dalam daftar bahan yang ada di bawah ini, silahkan disiapkan.
1 bungkus puff pastry siap pakai
4 - 5 sdm gula kastor (bisa gula putih yang agak halus)
20 gr mentega dilelehkan
1/2 sdt kayu manis bubuk (optional)
1 sdm madu

Cara Membuat Biskuit Palem Renyah Khas Perancis
Untuk yang baru pertama kali sebaiknya anda baca terlebih dahulu petunjuk proses pembuatan biskuit ini dengan baik. Setelah anda benar-benar mengetahui langkah-langkahnya baru anda bisa mencobanya langsung. Untuk membuat Biskuit Palem Renyah tersebut caranya adalah sebagai berikut:
  1. Saring atau tabur 2 - 2.5 sdm gula diatas meja kerja, letakkan puff pastry di atasnya dan giling sedikit agar gula melekat.
  2. Oleskan mentega di atas pastry kemudian taburkan sisa gula bersama kayu manis bubuk 
  3. Lipat bagian memanjang sebelah kanan dan kiri dan kanan kira-kira 1/4 bagian. Lipat lagi keduanya sampai bertemu ditengah dan bersentuhan (rapat), tekan lagi sedikit di kedua sisi. Dengan menggunakan kertas pembungkus istirahatkan pastry dalam kulkas sekurangnya 30 menit.
  4. Panaskan oven 200 C atau jika oven menggunakan kipas 180 C
  5. Keluarkan pastry dari kulkas, olesi dengan mentega cair kedua sisinya dan potong setebal 1 cm 
  6. Letakkan diatas loyang yang dialasi kertas roti (atau pakai loyang non stick). Beri jarak yang cukup diantaranya (biskuit ini akan mengembang selama dipanggang), tekan sedikit bagian atas dan buka sedikit bagian bawah masing-masing biskuit untuk mendapatkan bentuk yang bagus (lihat gambar). Olesi lagi dengan mentega cair.
  7. Letakan loyang dibagian tengah oven. Kalau anda mempunyai oven dengan mode kipas, sebaiknya gunakan mode ini karena warna biskuit akan lebih seragam.
  8. Campur madu dengan sisa mentega 
  9. Panggang selama 20 - 25 menit ( balikkan setelah setengah jalan) sampai berwarna kecoklatan. Olesi masing-masing biskuit dengan campuran madu dan mentega. Dinginkan beberapa menit, sebelum disajikan.
Kalau tidak memuaskan hasilnya jangan putus asa, waktu pertama kali membuat mungkin hasilnya tidak akan terlalu maksimal tapi anda pasti bisa membuat palmiers ini dengan lezat dan tentunya renyah. 

Cara Membuat Biskuit Palem Renyah Khas Perancis

Itu dulu ya, silahkan anda coba Cara Membuat Biskuit Palem ini di rumah masing-masing. Jangan lupa, lihat juga beberapa resep kue renyah lain yang ada di bagian bawah artikel ini. Semoga ide sajian kali ini berkenan di hati anda. Terima kasih, selamat mencoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post