» » » » Resep Masakan Ikan Goreng Saus Asam yang Enak

Resep Masakan Ikan Goreng Saus Asam yang Enak - Untuk satu masakan saja mungkin ada banyak sekali resep yang bisa kita gunakan, untuk itu kita harus memilih dan pekerjaan ini juga membutuhkan waktu dan perhatian. Untuk urusan masakan sehari-hari yang waktu memasaknya terbatas mungkin akan lebih baik jika kita menggunakan resep masakan sederhana yang mudah dan cepat. 

Seperti kita ketahui bersama, ikan memiliki banyak kandungan gizi penting yang berguna bagi tubuh. Karena itu wajar jika menu dengan bahan dasar ikan banyak digemari oleh semua masyarakat. Beberapa manfaat mengkonsumsi ikan bagi kesehatan kita antara lain yaitu:

1. Menekan Risiko Stroke & Serangan Jantung
2. Rendah Lemak
3. Sumber Protein, Vitamin dan Mineral yang Kaya
4. Mengurangi Kolesterol LDL
5. Mengurangi Peradangan dan Sakit Sendi
6. Minyak Ikan untuk Janin dan Bayi Menyusui
7. Untuk Nutrisi Otak

Untuk menambah koleksi itulah kali ini  akan kita coba sebuah resep ikan goreng spesial yang masih bisa dibilang sederhana namun rasanya tak kalah enak dengan resep lain. Meski dengan keterbatasan waktu sekalipun namun kalau hanya digoreng pasti menu ikan kurang spesial dan kurang mengundang selera untuk itulah kita sajikan yang sedikit berbeda yaitu dengan saus asam. 

Sama dengan ayam goreng lain, bahan dasarnya tentu ikan. Dalam menu ini pertama ikan digoreng dengan menggunakan tepung setelah itu dalam penyajiannya disiram dengan saus asam. Untuk jenis masakan ikan goreng, menu yang satu ini cukup banyak digemari, anda ingin mencobanya?

Bahan dan Bumbu Ikan Goreng Saus Asam

Untuk bahan yang akan digunakan hanya satu yaitu ikan. Ikan ini bisa dipilih dari jenis ikan yang paling banyak disuka dan paling gurih rasanya. Bisa anda sesuaikan dengan selera orang di rumah, ikan gurame bisa, nila oke, mujair pun jadilah. 

Pastikan ikan dalam keadaan bersih, lalu setelah itu digoreng dengan tepung. Baru setelah itu kita siapkan dengan resep ikan goreng saus asam tersebut.

Bahan
Ikan yang telah digoreng Tepung

Bumbu saus asam
Mentega secukupnya untuk menumis. 
1 siung bawang bombay, yang sudah diiris. 
2 siung bawang putih, dimemarkan 
Garam, gula pasir dan lada putih bubuk secukupnya. 
4 buah tomat ceri, masing-masing dipotong menjadi 4 bagian. 
Saus tomat sesuai selera. 
50 ml air kaldu ayam 
1 buah jeruk nipis, ambil airnya. 
1/2 sendok teh kecap inggris. 
50 gram Nanas, yang telah dipotong-potong. 

Keunikan atau kekhasan dari masakan ini adalah dalam hal saus yang digunakan. Jika anda sudah mencoba memasak masakan ini dengan menggunakan resep asli anda bisa berkreasi dengan saus yang digunakan. 

Cara Membuat Ikan Goreng Saus Asam

Mudah kok, dijamin bisa, kalau anda benar-benar ingin mencicipi rasa spesial dari menu ikan tersebut anda bisa belajar membuatnya sendiri di rumah. Bagaimana cara memasak masakan tersebut, anda bisa gunakan panduan yang ada berikut. Tidak sulit, untuk membuat ikan goreng saus asam silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Mentega dipanaskan hingga meleleh untuk menumis. 
  2. Tumislah bawang putih dan bawang bombay sampai harum. 
  3. Kemudian Tambahkan semua bahan dan bumbu untuk saus asam manis kecuali air kaldu dan nanas, aduk sampai tercampur rata. 
  4. Tambakan air dan masukkan nanas, masak sampai nanas menjadi agak layu, mendidih dan mengental, matikan api kompornya. 
  5. Letakkan ikan yang telah goreng dengan tepung di piring kemudian siramlah dengan saus asam manis. 
Resep Masakan Ikan Goreng Saus Asam yang Enak

Yakin mudah bukan, makanya segera catat saja Resep Ikan Goreng Saus Asam ini untuk tambahan referensi anda semua. Kalau ada waktu kita bisa sekali-kali menyajikan menu ini sebagai kejutan untuk keluarga di rumah. Selain menu ikan goreng disini anda bisa juga mencoba berbagai menu ikan lain yang sudah disiapkan. Silahkan pilih mana yang andasuka dibagian bawah.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post