» » » Resep Kue Pukis

Resep Cara Membuat Kue PukisSibuk dengan berbagai menu masakan khas daerah sampai melupakan beberapa sajian kue enak yang juga khas nusantara. Padahal banyak sekali resep kue daerah yang bisa dicoba dan disajikan untuk keluarga tercinta. 

Agar tidak kehabisan ide sajian maka pada kesempatan ini kita akan belajar membuat kue daerah yaitu kue pukis. Sudah pernah dengar jenis kue ini bukan? Pasti anda tidak asing dengan namanya apalagi jika anda asli berasal dari daerah di Indonesia. Ya, kue ini memang merupakan salah satu kue terkenal yang banyak disukai, rasanya enak dan khas.

Pukis adalah sebuah kue khas Indonesia. Kue ini dibuat dari adonan telur, gula pasir, tepung terigu, ragi dan santan. Adonan itu kemudian dituangkan ke dalam cetakan serta dipanggang. Pukis dapat dikatakan sebenarnya adalah modifikasi dari kue wafel. Variasinya bermacam-macam, diberi taburan coklat butir, keju, irisan daging, atau kacang.

Kue pukis memiliki bentuk dan warna yang khas. Bagian atasnya berwarna kuning dan bagian bawahnya kecoklatan. Pukis mudah dijumpai di toko-toko kue maupun penjual kaki lima di Indonesia. Dan karena mudah dijumpai kue ini jarang disajikan pada pesta-pesta. (Sumber: Wikipedia)

A. Bahan - Bahan 

Jika anda adalah penggemar kuliner daerah tentu saja anda akan dengan senang hati untuk mencicipi sajian kue yang sebelumnya belum pernah anda nikmati. Kue ini bisa anda buat sendiri di rumah tentunya dengan panduan pada membuat kue pukis yang akan diberikan. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan tidak banyak, dan pastinya tidak sulit untuk disiapkan. Yang terpenting cara membuatnya pun mudah dan tidaklah terlalu ribet. Mau mencoba membuatnya sendiri di rumah? Silahkan siapkan semua bahan-bahan yang ada pada daftar berikut.

180 ml Santan 
½ sdm Ragi instan 
60 ml Air hangat 
100 gram Gula pasir
3 butir Telur ayam  
150 gram Tepung terigu 

B. Cara Membuat Kue Pukis yang Mudah

Sudah siap dengan bahan yang dibutuhkan, baiklah, kalau semua sudah disiapkan anda bisa langsung mulai membuat kue pukis ini. Panduan langkah-langkah dalam membuat kue khas daerah ini bisa anda ikuti seperti dijelaskan berikut.

1. Rebus santan hingga mendidih, aduk agar santan tidak pecah, angkat dan diamkan hingga hangat. 
2. Campur ragi dengan air hangat, aduk hingga berbuih.
3. Kocok telur dan gula pasir sampai menjadi kental dan mengembang. 
4. Tambahkan tepung terigu sedikit-sedikit sambil aduk hingga adonan rata. 
5. Masukkan air larutan ragi. Aduk lagi sampai adonan rata. 
6. Tuangkan santan, aduk sampai rata. Lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit.
7. Panaskan cetakan pukis di atas api sedang, olesi dengan sedikit minyak sayur atau margarin.
8. Tuang adonan ke dalam lubang cetakan pukis hingga hampir penuh. 
9. Tunggu sampai matang dan pinggirnya kering. 
10. Lalu angkat pukis, sajikan untuk 20 buah kue pukis

Jika anda hobi masak saya rasa membuat kue pukis ini tidak akan sulit bagi anda. Untuk yang baru belajar perlu diingat bahwa pertama kali mungkin hasilnya tidak akan begitu memuaskan namun jika anda perhatikan benar komposisi bahan dan cara membuatnya lain waktu pasti akan lebih bagus hasilnya.



Setelah selesai dengan Resep Kue Pukis tersebut silahkan pelajari dan praktekkan juga beberapa resep kue tradisional lainnya yang ada di bagian bawah tulisan ini. Untuk memastikan anda mendapatkan update terbaru resep kue enak dari website ini silahkan catat alamat situs ini. Terima kasih, selamat mencoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post