» » » Kepiting Masak Santan

Cara Membuat Kepiting Masak Santan - Masakan berkuah memang kental di Nusantara, banyak variasi masakan yang menggunakan kuah kental di berbagai daerah. Ada yang disajikan khusus untuk hari-hari tertentu seperti hari lebaran idul fitri atau tahun baru dan ada juga yang spesial untuk acara tertentu. Masakan jenis ini sangat beragam mulai dari bahan dasar sampai cara penyajiannya.

Salah satu jenis masakan kuah kental yang ada di Indonesia adalah kepiting masak santan. Masakan kepiting ini diolah seperti masakan lainnya dengan kuah kental yang rasanya sangat khas. Kepiting santan merupakan masakan khas Kalimantan Timur yang biasa dihidangkan dalam acara pernikahan.

Meski demikian sekarang sudah banyak masyarakat dari daerah lain yang belajar memasaknya untuk menu sehari-hari khususnya bagi mereka yang hobi berwisata kuliner.

Anda bisa mencoba memasak masakan sejenis opor ini sendiri di rumah karena bahan-bahan serta bumbu yang dipakai tidak sulit untuk disiapkan, cara memasak nya pun tidaklah sulit. Menu ini sangat cocok untuk anda yang suka dengan kuliner kepiting, jika anda ingin mencoba anda bisa belajar dari resep kepiting santan yang akan diberikan.

A. Bahan dan Bumbu

Jika anda berniat belajar menu ini anda bisa mempelajari panduan resep yang diberikan disini dan mencoba kelezatan masakan khas Kalimantan Timur ini bersama keluarga di rumah. Anda bisa mulai dengan menyiapkan semua bahan dan bumbu. Berikut bahan-bahan dan bumbu untuk masakan kepiting masak santan tersebut.

Bahan-bahan 
2 ekor kepiting, dicuci bersih, direbus 
2 lembar daun salam 
½ sdt garam 
¼ sdt gula pasir 
100 ml santan kental dari ½ kelapa 
300 ml santan encer dari perasan santan kental

Bumbu halus 
6 siung bawang merah 
1 cm jahe 
1 buah cabai merah besar 
2 buah cabai merah keriting 

B. Cara Membuat Kepiting Masak Santan
Tidak susah untuk menyiapkan sajian ini, dan saya yakin anda bisa dengan mudah menyiapkannya sendiri. Bagaimana caranya, silahkan anda ikuti langkah membuat kepiting masak santan yang dijelaskan detail sebagai berikut.

  1. Potong kepiting jadi 2 bagian kemudian cuci bersih dan rebus. 
  2. Rebus santan encer, bumbu halus, kepiting, daun salam, garam, dan gula pasir sampai mendidih dan matang.
  3. Tuang santan kental. 
  4. Masak sampai mendidih dan matang, sajikan dengan nasi hangat

Resep Kepiting Masak Santan Kalimantan Timur

Mudah bukan, sesekali sajian dari daerah lain pasti akan sangat ditunggu oleh seluruh keluarga di rumah. Jangan lupa, anda bisa berkreasi dengan resep asli tersebut agar lebih sesuai dengan selera. Pastikan anda menambahkan bumbu rahasia agar masakan ini mantap lezat dan disukai keluarga di rumah. 

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post