» » » Panduan Membuat Kue Ape

Panduan Membuat Kue Ape - Sesekali tidak ada salahnya kita perlengkap resep kue khas yang sudah ada dengan mencoba berbagai kue dari daerah lainnya. Dengan semakin banyak jenis kue yang bisa kita buat maka akan semakin bervariasi makanan yang bisa dinikmati di rumah.

Untuk kesempatan ini kita akan mencoba sebuah kue khas daerah yang berasal dari daerah Jakarta yaitu Kue Ape (serabi Jakarta). Jenis kue ini juga merupakan salah satu kue yang banyak digemari hal itu terbukti kue ini juga dikenal di berbagai daerah lain dengan keunikannya masing-masing. Sudah tahu dengan kue ini bukan?

Kue ape atau serabi Jakarta merupakan jajanan khas dari Jakarta. Bentuknya menyerupai pancake. Karena bentuknya, orang juga menyebutnya sebagai kue tetek. Kue yang biasa dijajakan di jalan atau di depan sekolah ini dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan susu. Saat ini dijual dengan berbagai variasi warna dan taburan di atasnya (keju atau meses). (Sumber: Wikipedia)

Disini tidak akan dibahas secara meluas misalnya mengenai kandungan gizi dan lainnya namun disini hanya akan dipaparkan mengenai Resep Kue Ape yang bisa kita gunakan guna memandu kita belajar membuat kue dengan mudah. Jika anda ingin ikut mencoba nikmatnya jenis kue tradisional ini anda bisa mengikuti Panduan Membuat Kue Ape tersebut.

Bahan untuk Membuat Kue Ape

Seperti sudah disinggung sebelumnya, kue ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan beras serta beberapa bahan tambahan lain. Kita akan langsung mulai untuk menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk kue ini. Jika anda sudah siap belajar silahkan mulai dengan menyiapkan semua bahan yang ada pada daftar berikut.

Bahan Dasar
200 gr tepung terigu
100 gr tepung beras
150 gr gula pasir
1/2 sdt garam
1/4 sdt soda kue
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt vanili atau pandan pasta
600 ml santan panas

Taburan
Keju parut
Pisang raja potong tipis
Meises (sesuai selera)

Panduan Cara Membuat Kue Ape

Meski belum pernah membuat kue ini sebelumnya, dipastikan anda tidak akan kesulitan untuk membuat kue ape ini karena caranya mudah. Langkah-langkahnya dapat anda ikuti pada panduan memasak kue daerah berikut ini.

  1. Campur semua bahan kering.
  2. Tambahkan 1/2 bagian santan, aduk rata lalu pukul-pukul sampai jadi adonan yang halus (lembut)
  3. Tambahkan sisa santan, aduk rata.
  4. Tambahkan pewarna hijau bila suka.
  5. Panaskan wajan serabi, olesi mentega sedikit.
  6. Tuang adonan 1 sendok sayur lalu goyang melingkar agar adonan melebar kesamping lalu tutup.
  7. Tambahkan taburan sesuai selera. Biarkan pinggiran kue agak kering, lalu angkat.
  8. Kue ape siap dihidangkan.

Panduan Membuat Kue Ape

Mudah bukan, kue tradisional ini bisa anda sajikan dikala senggang untuk keluarga di rumah. Cocok untuk teman santai di sore hari. Jika anda penggemar kue nusantara anda bisa mencoba membuat berbagai kue khas lainnya yang sudah pernah di bahas disini.

Semoga Panduan Membuat Kue Ape ini bisa bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Rekan lain yang membuat kue ape juga mencoba beberapa informasi berikut:
Membuat Kue Ape
cara membuat adonan kue cubit
cara membuat kue cubit ubi
cara membuat kue cubit sederhana
cara membuat kue tape goreng
cara membuat kue bolu tape keju
cara membuat ape dari barang bekas
cara membuat ape paud dari bahan bekas
cara membuat ape dari botol bekas

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post