» » Cara Membuat Aneka Resep Kue Bolu yang Mudah

Cara Membuat Aneka Resep Kue Bolu yang Mudah - Berbicara mengenai khas daerah, yang enak-enak bukan hanya dari makanan saja, kue juga banyak yang terkenal enak dan banyak disukai. Salah satu kue tersebut adalah kue bolu. Kue ini sudah sangat terkenal, banyak kreasi yang sudah dicoba untuk jenis kue yang satu ini.

Kue ini menjadi salah satu kue terkenal bukan hanya karena cara membuatnya yang mudah melainkan karena rasanya yang lekat di lidah para penikmat sajian nusantara. Ada banyak Resep Kue Bolu yang terkenal, semuanya enak dan wajib dicoba. Namun meski sudah banyak yang tahu masih ada yang belum bisa membuat sendiri kue lezat tersebut. Bagaimana dengan anda, apakah anda bisa membuat kue bolu dengan muda?

Khusus bagi anda semua yang belum begitu terbiasa dengan proses pembuatan kue lembut ini hari ini akan kita bahas beberapa jenis kue bolu sekaligus. Disini akan diuraikan panduan cara membuat kue lengkap dengan info bahan - bahan yang digunakan beserta langkah-langkahnya. Ada 3 jenis bolu yang akan kita coba yaitu:
1. Kue Bolu Pisang
2. Resep Kue Bolu Kukus Tape
3. Resep Kue Bolu Panggang

Ketiga kreasi resep kue bolu tersebut akan dibahas secara lengkap dengan panduan cara membuat yang akan diberikan satu per satu. Anda yang ingin belajar cara membuat kue bolu bisa mengikuti panduan tersebut.

Cara Membuat Resep Kue Bolu Pisang

Kue Bolu Kukus sudah lazim dan sudah dikenal banyak orang. Resep dengan kreasi Kue Bolu Kukus bisa bermacam-macam jadinya ada Resep Kue Bolu Kukus Pisang Keju juga ada Resep Kue Bolu Kukus Coklat nah kali ini satu lagi Jenis Resep Kue Bolu yang Resep Masakan Indonesia ingin menyajikan Resep Kue Bolu dikreasikan dengan Pisang sangat cocok untuk waktu kumpul bersama teman-teman atau kerabat anda.

Bahan-bahan Resep Kue Bolu Pisang
2 buah pisang raja, dihaluskan
100 gram gula pasir
50 cc susu cair / santan
3 butir telur
1/2 sendok teh pelembut kue, misalnya SP
1 sendok makan cokelat bubuk
125 gram tepung cokelat
2 sendok makan cokelat pasta
1/2 sendok teh baking powder
50 gram muisjes

Cara Membuat Resep Kue Bolu Pisang 
  1. Kocoklah telur, gula dan SP atau pelembut kue sampai mengembang kemudia masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk dan cokelat bubuk, cokelat pasta, dan baking powder kembali aduk rata.
  2. Masukkan susu cair/santan dan pisang pada adonan sambil diaduk-aduk.
  3. Masukkan adonan dalam loyang. beri taburan Muisjes
  4. Kukuslah adonan selama 15 menit atau sampai matang
Cara Membuat Aneka Resep Kue Bolu yang Mudah

Resep Kue Bolu Kukus Tape Coklat

Setelah anda menyelesaikan resep yang pertama masih ada resep kue bolu kukus tape coklat yang bisa anda coba di rumah. Tidak jauh berbeda dengan bolu pertama, bolu ini juga menggunakan bahan-bahan dan cara pembuatan yang tidaklah sulit.

Jika anda hendak mencoba kreasi kue bolu ini anda bisa mulai langsung dengan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Setelah semua bahan siap anda bisa memulainya dengan panduan langkah demi langkah yang diberikan disini.

Bahan Resep Kue Bolu Kukus Tape Coklat
  • 150 gram tepung terigu
  • ½ sdt baking powder
  • 5 butir telur
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sdt SP
  • ¼ sdt vanili
  • 250 gram tapai singkong, lumatkan dengan garpu
  • 50 ml susu kental manis
  • 200 gram mentega, lelehkan
  • 20 ml cokelat pasta
Cara Membuat Cake / Kue Bolu Tape Coklat Kukus :

  1. Campurkanlah tepung terigu dan baking powder kemudian sisihkan. 
  2. Kocoklah telur, gula pasir, SP, dan vanili sampai mengembang. Masukkan campuran tepung yang tadi  sedikit  sedikit lalu masukkan tapai singkong yang sudah dilumatkan sambil dikocok.
  3. Masukkanlah susu kental manis kemudian aduk rata. Tambahkan juga mentega cair, aduk rata. Bagi adonan menjadi dua bagian. Tambahkan cokelat pasta ke dalam satu bagian adonan, aduk rata.
  4. Siapkan loyang berukuran 20 x 20 cm, olesi dengan minyak dan alasi dengan plastik. 
  5. Tuang setengah adonan putih ke dalam loyang, lalu kukus selama 16 menit sejak air mendidih, angkat. Taruhlah setengah adonan cokelat ke atas cake putih, lalu kukus selama 20 menit, angkat.
  6. Masukkan sisa adonan putih, kukus kembali selama 15 menit, angkat. Tuangkan sisa adonan cokelat, kukus kembali hingga cokelat matang. Angkat dan siap untuk disajikan. 

Resep Kue Bolu Panggang Enak

Resep yang terakhir untuk edisi Cara Membuat Aneka Resep Kue Bolu yang Mudah ini adalah kue bolu panggang. Kalau anda bosan dengan dua bolu di atas anda bisa mencoba bolu panggang ini. Apa saja bahannya dan bagaimana membuat bolu panggang tersebut, anda bisa mendapatkan penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Bahan  Resep Kue Bolu Panggang Enak
  • Telur ayam 8 butir .
  • Gula pasir 1/4 kg .
  • Vanili secukupnya .
  • Ovalet 1/5 sendok teh .
  • Mentega 2 sendok teh .    
  • Coklat 1 sendok teh .
  • Tepung terigu 1/4 kg .
Cara Membuat Resep Kue Bolu Panggang Enak
  • Cairkan Mentega .
  • Panasi bakingpan yang telah diolesi mentega diatas perapian sedang .
  • Telur , gula pasir , panili , dan ovalet dikocok sampai benar-benar mengembang.
  • Masukkan tepung terigu kedalam adonan No 2 sambil dimasuki mentega yang sudah dicairkan Aduk rata
  • Masukkan adonan ke bakingpan dan taburi dengan coklat sambil dipanaskan diatas perapian sedang. 
  • Setelah masak , hidangkan.
Tiga buah resep sekaligus saya rasa cukup untuk satu hari ini. Semoga semua Cara Membuat Aneka Resep Kue Bolu yang Mudah yang sudah diberikan bisa dicoba dan anda tidak mendapatkan kesulitan dalam mencobanya sendiri. Untuk kue lain silahkan lihat resepnya di bagian akhir tulisan ini.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post