» » » Resep Masakan Garang Asam Patin Kalimantan Timur

Resep Masakan Garang Asam Patin Kalimantan Timur - Berhenti sejenak untuk kembali merasakan resep warisan daerah sendiri, maklum banyak hal yang membuat kita suka tidak suka harus menyantap berbagai masakan daerah lain. Meski bukan sesuatu yang buruk namun terkadang kita pasti rindu dengan rasa enak dari masakan asal sendiri.

Di hari spesial ini saya akan mengajak anda kembali mencoba sesuatu yang baru, sebuah masakan khas yang akan menghantarkan kita merasakan sensasi keunikan budaya Kalimantan. Garang Asam Patin akan menjadi sajian menu pilihan yang akan kita pelajari atau kita kreasikan. Kenapa harus masakan garang asam patin?

Alasan dalam memilih sebuah makanan adalah rasa, selain itu keunikan juga akan mempengaruhi seseorang dalam memilih menu santapan. Jika anda selalu berkreasi atau selalu menghidangkan berbagai jenis masakan, sebuah menu masakan baru yang belum pernah dicoba sebelumnya tentu akan menjadi pilihan yang ditunggu-tunggu. Begitupun dengan menu masakan Kalimantan yang satu ini. 

Sesuai dengan namanya, masakan ini diolah menggunakan bahan dasar ikan patin. Masakan khas ini diolah sedemikian rupa dengan berbagai bumbu rempah sehingga menciptakan aroma dan rasa khas yang akan lekat dilidah kita, terutama yang baru pertama kali mencobanya.

Masakan garang asam patin ini sebenarnya menggunakan bahan dan bumbu yang tidak jauh berbeda dengan jenis masakan sejenis, namun kenapa masakan ini menjadi berbeda? Hal ini tentu karena setiap masakan, resep masakan apapun itu akan tergantung pada tangan yang memasak. Jika anda penasaran dengan Resep Masakan Garang Asam Patin ini anda bisa mencobanya sendiri di rumah dengan panduan cara membuat yang akan diberikan disini. 

Bahan Masakan Garang Asam Patin
1 ekor ikan patin
½ sdt air asam + ½ sdt garam (untuk rendam ikan)
2 sdt asam jawa
1 sdt garam
2 ½ sdt gula pasir
1.000 ml air
2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus Garang Asam Patin 
3 butir kemiri
6 siung bawang merah
1 cm kunyit, dibakar
½ sdt terasi, dibakar
1 cm lengkuas
1 btg serai
3 buah cabai merah besar, buang bijinya

Cara Membuat Masakan Garang Asam Patin Kalimantan Timur
  1. Potong ikan patin menjadi bagian.
  2. Sangrai kemiri.
  3. Lumuri ikan patin dengan ½ sdt air asam dan ½ sdt garam, sisihkan.
  4. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukan garam, dan gula pasir, aduk sampai rata. Angkat
  5. Masukkan ke dalam ikan patin. Aduk rata. Sisihkan.
  6. Didihkan air dan asam. Masukkan ikan patin. Masak sampai matang, angkat sajikan dengan nasi hangat.

Resep Masakan Garang Asam Patin Kalimantan Timur

Setelah membaca Resep Garang Asam Patin mungkin anda berfikir masakan ini tidak berbeda jauh dari masakan patin yang biasa anda sajikan. Namun jika anda memasak dengan resep asli pastinya akan ada bedanya. Tak masalah berbeda atau tidak, yang terpenting adalah kita menyajikan masakan enak yang disukai oleh seluruh anggota keluarga di rumah.

Tips: Untuk menghindari rasa bosan dengan berbagai masakan yang sudah sering anda sajikan akan lebih baik jika sesekali anda memberikan menu kejutan yang belum pernah anda berikan. Anda bisa juga memasak menu kesukaan keluarga anda dengan menggunakan resep yang berbeda sehingga ada variasi dan menghindari kebosanan. 

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post