» » » Cara Membuat Resep Lawar Khas Bali

Cara Membuat Resep Lawar Khas Bali - Lawar adalah salah satu masakan daerah Bali yang terkenal dan banyak digemari. Sudah banyak yang pintar membuat masakan khas daerah tersebut apalagi dengan banyaknya panduan yang sudah disediakan.

Tak ketinggalan, kali ini website ini akan ikut berbagi mengenai jenis masakan nusantara tersebut yaitu mengenai tentang berbagai bahan masakan lawar, bumbu-bumbu lawar Bali dan juga panduan cara memasak menu tersebut.

Dalam kreasi kita kali ini akan dibahas dua jenis lawar sekaligus, resep lawar khas Bali yang pertama adalah lawar ayam dan resep kedua adalah lawar babi.

Anda pasti dengan mudah bisa menebak bahan dasar yang digunakan dalam kedua masakan tersebut. Ya, lawar ayam terbuat dari daging ayam sedangkan lawar babi terbuat dari daging babi, mau coba?

Unik dan nikmatnya menu daerah tersebut membuat banyak pecinta kuliner yang belajar memasaknya sendiri di rumah. Sudah banyak yang mempelajari cara memasak lawar bali dan mempraktikkannya di rumah.

Jika anda berminat ikut merasakan sensasi Bali pada kedua masakan tersebut anda bisa mengikuti panduan yang akan diberikan berikut.

Masakan Lawar Ayam Khas Bali

Masakan lawar pertama yang akan kita coba adalah lawar ayam. Masakan ini terbuat dari bahan dasar ayam dengan berbagai kombinasi bahan serta bumbu khas dari daerah Bali. Masakan ini cukup digemari, jika anda ingin belajar memasak lawar ayam anda bisa mengikuti panduan Resep Lawar Ayam berikut.

Bahan Lawar Ayam
3 cup kacang panjang, potong ukuran ½ cm, rebus.
½ cup kelapa parut, sangrai.
Bawang putih, kupas, iris, lalu goreng.
6-8 siung bawang merah, kupas,iris goreng.
2 butir cabai merah, buang bijinya, potong serong.
4-6 butir cabai jawa, iris.
3 sdt cabai kering giling.
2 sdm bumbu kaldu ayam.
Bawang goreng secukupnya untuk hiasan

Bahan Dressing
250 gram daging ayam tanpa tulang, iris kecil-kecil atau disuwir.
2 sdm bumbu kaldu ayam.
1 sdt air perasan jeruk nipis.
1 sdt garam.
½ sdt lada hitam, haluskan.
Daun pisang untuk pembungkus

Cara Membuat Lawar Ayam Khas Bali

  1. Campurkan kacang panjang, kelapa, bawang merah, bawang putih,cabai dan umbu kaldu ayam di dalam mangkuk. Aduk merata.
  2. Untuk dressing campurkan irisan (suwiran) ayam dengan 2 sdmbumbu kaldu ayam. Aduk merata hingga membentuk semacam adonan. Setelah itu, letakkan adonan memanjang di atas daun pisang, lalu gulung hingga padat.
  3. Kukus gulungan tadi selama 20 menit.
  4. Lepaskan aluminium foil dan daun pisang. Acak-acak daging ayam dengan garpu.
  5. Campurkan daging ayam dengan kacang panjang rebus. Tambahkan garammerica dan perasan jeruk nipis.
  6. Hias dengan bawang goreng renyah.

Resep Lawar Babi, Kuah Komoh dan Muluk Goreng

Menu kedua yang bisa kita coba adalah lawar bali, jika anda ingin tahu bagaimana membuat masakan ini anda bisa belajar dari panduan berikut.

Pada resep ini diberikan juga sekaligus resep kuah komoh, dan juga muluk goreng. Silahkan dipelajari dan dicoba sendiri di rumah masing-masing.

Bahan Lawar Babi
1 kg Kulit Babi / sapi
1/8 buah nangka muda, rebus lalu rajang kasar. Rendam sambil diremas2, peras air hingga habis

Bumbu (Sambal Embe)
bw merah goreng
bw putih goreng
cabe rajang goreng
1 limau belah dua

Bumbu (Basa Gede) dirajang halus
Laos
Kencur
Jahe
Kunyit
bw putih
Kemiri
Lada hitam
daging kelapa dibakar, ambil kulit yg gosong lalu rajang halus
santan kental dari sisa kelapa bakar
Cara: goreng semua bahan yang sudah dirajang kecuali santan, tumis hingga harum lalu tambahkan santan, aduk hingga santan habis, sisihkan.

Bumbu (Basa Penyangluh)
Laos, rajang halus
kencur, rajang halus
bw putih, rajang halus
kemiri, sangrai lalu dihaluskan
Cara: goreng semua bahan dengan sedikit minyak kelapa aseli, hingga setengah kering.

Cara Membuat Lawar Babi
  1. Dalam pembuatan lawar, bahan kulit akan dirajang. Caranya kulit direbus hingga empuk, lalu potong memanjang.
  2. Pisahkan kulit dengan lemak yang menempel dikulit (lelesin)
  3. Tahap berikutnya disebut NGELIBAR dimana kulit di iris tipis, gunakan pisau tipis yang sangat tajam untuk melakukan tahap ini.
  4. Tahap berikutnya adalah NGERAMAS, Irisan tipis kulit tadi dirajang halus, gunakan Blakas(Golok khas Bali).
  5. Buatlah ENTEGAN (Entegan adalah daging yang dipanggang hingga semua sisinya berwarna kecoklatan. panggang daging pada wajan yang anti lengket, bersamaan dengan itu bakar juga bw putih dan lombok besar. Setelah daging panggang matang, lalu rajang bersama bw putih dan lombok besar hingga halus.
  6. Lakukan PENGADONAN LAWAR. Caranya : Siapkan ramasan Kulit tadi, kemudian tambahkan Entegan dan nangka rajang lalu campur rata. Tambahkan 3 sdm Basa Gede pada adonan ramasan, aduk rata. Tambahkan Basa Penyangluh dan tahap ini tambahkan garam dan gula secukupnya. aduk hingga bumbu merata. Terakhir tambahkan bahan sambal Embe dan jeruk limau, aduk lagi hingga merata. Siap disajikan, dengan nasi hangat sambal embe, muluk goreng dan sate babi.

Cara Membuat Kuah Komoh

  1. Daging Entegan sudah dirajang halus, tambahkan air panas, aduk sebentar kemudian daging disaring, lalu peras air daging hingga habis. Daging yang sudah diperas airnya digunakan sebagai bahan campuran lawar, sedangkan air daging inilah inti dari KUAH KOMOH.
  2. Tambahkan kaldu dengan sejumput sambal embe, 1 sdm basa gede dan 1 sdm basa penyangluh, dan 1/2 perasan jeruk limau, siap disajikan.

Cara Membuat Muluk Goreng

  1. Muluk adalah lemak sisa dari kulit, iris tipis tambahkan 1 sdm basa gede dan 2/3 sdm garam lalu uleni hingga bumbu dan muluk tercampur rata.
  2. Tambahkan tepung kanji (bisa gunakan tepung Kobe atau mama suka atau sejenisnya) aduk merata
  3. Goreng dengan minyak sedikit, karena yg digoreng adalah lemak maka minyak pasti akan bertambah dengan sendirinya.
  4. Setelah berubah kecoklatan angkat tiriskan, biarkan dingin, baru masukan dalam wadah toples
Akhirnya selesai sudah panduan Cara Membuat Resep Lawar Khas Bali yang bisa kita pelajari kali ini. Masing-masing menu di atas bisa disesuaikan atau dikreasikan sesuai dengan selera anda masing-masing. Ditangan anda, resep apapun pasti akan menjadi pilihan keluarga dan orang terkasih, apalagi jika anda memasaknya dengan cinta.


Itu saja, wisata kuliner kali ini, jangan lupa silahkan coba juga beberapa resep masakan daerah Bali lain yang anda suka. Jangan lupa bagikan juga resep ini di facebook atau media sosial yang anda miliki. 

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post