» » Resep Gulai Telur Puyuh Tahu

Hari ini kita akan mencoba satu menu khusus yaitu gulai telur puyuh tahu, bagi yang belum pernah mencoba resep ini mari ikuti saya membuat dan menyajikan masakan ini untuk keluarga tercinta di rumah.

Resep ini bisa kita jadikan variasi untuk beberapa masakan yang biasa kita sajikan misalnya masakan bahan dasar tahu atau masakan berbahan dasar telur puyuh.

Dengan menyiapkan menu kreasi yang sedikit berbeda dari biasanya tentu akan mengurangi resiko keluarga kita bosan dengan menu yang kita sajikan. Masakan sepesial ini seperti namanya menggunakan dua bahan utama yaitu tahu dan telur puyuh. 

Cara memasak resep gulai telur puyuh tahu ini tidak sulit apalagi ditambah dengan panduan yang akan diberikan, jadi pasti anda bisa dengan mudah mencobanya sendiri di rumah. Mau ikut merasakan enaknya masakan ini, silahkan coba dengan panduan berikut.

A. Bahan dan Bumbu

Sesuai dengan namanya, untuk bahan dasar dari masakan ini tentunya telur puyuh dan juga tahu. Bahan lainnya silahkan disiapkan sebagai berikut!

Bahan Dasar Gulai Telur Puyuh Tahu
30 butir telur puyuh
2 lembar daun salam
1/2 lembar daun kunyit
1 ibu jari lengkuas, memarkan
1 buah tahu cina, potong dadu kecil, goreng (Jika tidak ada tahu cina dapat menggunakan tahu biasa)
350 ml santan cair
250 ml santan kental
3 sdm minyak, untuk menumis
Bahan Bumbu Halus Gulai Telur Puyuh Tahu
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
6 buah cabai merah keriting
4 cm kunyit
1/2 sdt ketumbar
1 sdt merica butir
2 butir kemiri
1 1/2 sdt garam
1 sdm gula pasir
Sudah siap dengan bahan-bahan yang disebutkan di atas, sekarang langsung saja kita coba membuatnya dengan panduan dari resep ini.

B. Cara Membuat Gulai Telur Puyuh Tahu

Untuk dapat menyiapkan masakan spesial ini langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk membuatnya adalah sebagai berikut.
  1. Pertama-tama rebus telur puyuh sampai matang dan kupas kulitnya. 
  2. Kemudian goreng sampai kecokelatan, angkat dan tiriskan.
  3. Tumis bumbu-bumbu yang sudah di haluskan bersama bumbu lainnya hingga harum. 
  4. Masukkan telur kedalam tumisan tadi. 
  5. Tambahkan santan cair, aduk sampai mendidih.
  6. Setelah itu masukkan tahu goreng dan santan kental, aduk terus sampai kuah mendidih. Masak sampai semua bahan matang dan kuah berkurang. 
  7. Angkat dan sajikan selagi panas.
Gulai Telur Puyuh Tahu

Membuat menu masakan gulai telur puyuh tahu bisa menjadi alternatif lain untuk sajian di rumah agar anggota keluarga tidak bosan dengan hidangan yang itu-itu saja. 

Untuk resep lainnya silahkan temukan cara membuatnya di kotak pencarian yang sudah disediakan pada blog ini. Semoga menu kali ini dapat menyegarkan hari anda semuanya.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post