» » » Kue Bolu Pandan Hijau

Resep Kue Bolu Pandan Hijau Lezat Nikmat - lebih asyik jika saya menyebutkan dengan sebutan "Bolu Pandan Hijau". Pastinya dong, mendekati hari-hari spesial seperti lebaran idul fitri, tahun baru dan hari spesial lainnya jadi aneka resep kue labaran dan kue tahun baru banyak dicari. 


Ingin yang spesial dan ingin yang beda makanya kali ini berkreasi dengan Kue Bolu Pandan Hijau yang mudah-mudahan akan sama spesialnya dengan acaranya.

Tidak begitu jauh dengan kue bolu yang biasa kita sajikan, Kue Bolu Pandan Lezat Nikmat ini hanya memberikan sedikit tambahan warna agar lebih cantik dan menggugah selera. Bahan dan cara membuatnya pun tidak berbeda, jadi pastinya anda tidak akan kesulitan membuatnya sendiri di rumah.

Jika anda sedang mencari sedikit ide kreasi anda bisa mencoba Resep Kue Bolu Pandan berikut ini. Ditangan anda mungkin resep ini akan menjadi lebih spesial. Mau tahu bagaimana cara membuat Bolu Pandan Hijau ini, temukan jawabannya di bawah.

A. Bahan - Bahan Kue Bolu Pandan

Kita siapkan dulu bahan-bahan kue yang dibutuhkan, tidak banyak dan tidak sulit didapatkan. Silahkan langsung siapkan semua bahan kue bolu yang ada di bawah ini.

- 12 lembar daun pandan.
- 250 gr margarin atau mentega.
- 250 gr gula pasir.
- 4 butir telur ayam.
- 1 bungkus bubuk vanili.
- 320 gr tepung terigu.
- 1 bungkus baking powder
- Susu kental secukupnya

Benarkan, tidak sulit untuk menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Nah kalau sudah semua anda bisa siap-siap untuk membuatnya. Panduannya dimana, panduannya ada di bawah ini.

B. Cara Membuat Bolu Pandan

Kalau anda sudah siap dan ingin langsung membuat bolu pandan hijau ini silahkan ikuti langkah demi langkah yang dijelaskan berikut!

  1. Panaskan oven kira-kira 170°C 
  2. Daun pandan ditumbuk atau diblender, diberi air lalu diperas hingga diperoleh larutan daun pandan 120ml. 
  3. Margarin atau mentega dipanaskan hingga cair. 
  4. Gula pasir, telur, dan vanili dikocok dengan mixer sampai rata tercampur. 
  5. Masukkan tepung terigu dan mentega cair secara bergantian, kocok hingga rata. 
  6. Masukkan baking powder 
  7. Susu kental dimasukkan ke larutan daun pandan, diaduk hingga rata, lalu campuran ini dituangkan ke adonan. Aduk sampai rata. 
  8. Oleskan merata loyang dengan margarin lalu taburi tepung terigu sedikit. 
  9. Tuang adonan ke loyang (sebaiknya persegi yang memanjang), panggang dalam oven yang sudah panas selama kira-kira satu jam. 

Sebagai catatan tambahan, jika warna hijau kurang terang, daun pandan ditambahi pula dengan daun suji sehingga larutan lebih pekat. Daun suji dapat pula diganti dengan sepuhan warna hijau. Jika daun pandan tidak ada, dapat pula dipakai ekstrak pandan (1 sendok teh) meskipun aromanya agak berbeda. 

Selain itu jika pakai susu kental manis, gula dikurangi (tinggal kira-kira 210gr saja, atau tergantung selera). Terakhir, susu cair (125ml) dapat pula dipakai dan dikombinasi dengan ekstrak daun pandan, dan jangan lupa tambahkan sedikit "cinta".

Itulah tadi sedikit mengenai Resep Kue Bolu Pandan Lezat Nikmat, semoga dengan tambahan resep ini anda memiliki lebih banyak koleksi resep kue. Jangan lupa coba juga beberapa kreasi kue lainnya di bagian bawah.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post