» » Resep Pangek Ikan Khas Minangkabau

Setelah beberapa kali mencoba masakan gulai sekarang akan kita coba resep pangek ikan khas dari Minangkabau. Kita akan ulas bagaimana cara membuat resep khas Minang tersebut mulai dari bahan dan bumbu sampai proses memasaknya.

Resep pangek ikan ini menggunakan bahan utama ikan seperti ikan tongkol, tenggiri, kembung atau ikan mas. Sebagai tambahan digunakan juga kacang panjang. Untuk bumbu selain bahan-bahan umum yang digunakan dalam masakan, menu spesial ini juga menggunakan kecombrang sebagai bumbu. Agar lebih jelas silahkan simak penjelasan selanjutnya.

Bahan dan Bumbu Pangek Ikan

Bahan utamanya tidak banyak, bumbunya pun tidak begitu sulit untuk didapatkan. Bagi yang ingin mencoba memasak resep ini silahkan siapkan bahan dan bumbu yang dibutuhkan seperti pada daftar berikut.

Ikan (tongkol, tenggiri, kembung, mas)
Cabai merah
Kelapa
Kacang panjang
Garam
:
:
:
:
:
1 kilogram
50 gram, halus
1 buah, diambil santannya
1 ikat, potong 10 cm
1 sendok teh
Bawang merah
Bawang putih
Kemiri
Kunyit
Serai
Lengkuas
Daun kunyit
Daun jeruk
Asam kandis
Kecombrang / kincung iris
Tomat merah
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
50 gram
3 siung
3 butir
Secukupnya
1 batang
1 potong
1 lembar
5 lembar
1 sendok teh
Secukupnya, iris
2 buah, dibelah belah

Yang sedikit berbeda dari masakan-masakan daerah sebelumnya adalah penggunaan kecombrang sebagai bumbu masak. Meski sedikit sulit di daerah tertentu tetapi penggunaan bahan tersebut memang mampu menghasilkan rasa masakan yang lebih nendang.

Cara Membuat Resep Pangek Ikan Khas Minangkabau

Untuk dapat menyantap masakan pangek ikan ini kita tidak selalu perlu pergi jauh-jauh karena kita dapat memasaknya sendiri di rumah. Cara memasak menu ini tidaklah begitu sulit bahkan tergolong mudah dan dijamin kita semua dapat melakukannya. Cara membuat resep ini yaitu:

  • Pertama-tama bersihkan dan siangi Ikan 
  • Kemudian masak bumbu yang sudah dihaluskan dengan santan
  • Setelah mendidih, masukkan asam kandis.
  • Setelah itu masukkan ikan, tambahkan kacang panjang, tomat dan kecombrang.
  • Kecilkan apinya, tunggu sampai berminyak.
  • Angkat dan sajikan hangat

Mudah bukan untuk membuat Resep Pangek Ikan Khas Minangkabau ini, nah giliran anda di rumah untuk mencoba memasak resep spesial minangkabau tersebut untuk keluarga tercinta. Jangan lupa juga untuk mencoba resep Minang lain yang juga sangat menggoda lidah.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post