» » » » Cara Membuat Asam Padeh Khas Minang

Bosan dengan masakan ikan yang itu-itu saja. Sobat dapat mengikuti ulasan mengenai cara membuat asam padeh yang merupakan resep asli Minang berikut. Disini akan kita bahas lengkap dari bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan, cara memasak dan juga penyajiannya seperti apa.

Ilustrasi

Ikan padeh merupakan menu ikan dari minang yang menggoda selera. Menu ini menggunakan bahan dasar ikan kembung atau ikan lain sesuai selera. Dipadu dengan bumbu rempah yang kental. 

Ciri khas masakan ini adalah warna merah kuning yang mencolok yang jika dipandang akan menggoda orang untuk menyantapnya. Sebagai salah satu menu khas daerah, jenis masakan ikan tersebut tidak sulit untuk dibuat dan bumbu serta bahannya pun tidak sulit untuk disiapkan.

A. Bahan dan bumbu asam padeh

Pertama-tama akan kita siapkan langsung bahan-bahan yang digunakan serta bumbu-bumbu yang dibutuhkan untuk memasak resep unik tersebut. Bahan dan bumbu tersebut yaitu sebagai berikut.


Bahan-Bahan

Ikan kembung, bersihkan
Air
Laos, keprek
Sereh, keprek
Daun kunyit
Asam kandis

:
:
:
:
:
:
1 Ekor
600 ml
1 ibu jari
2 batang
2 lb
3 butir


Bumbu Halus

Cabe merah kering
Bawang merah
Bawang putih
Jahe
Kunyit
Garam

:
:
:
:
:
:
25 gr
8 butir
3 siung
1/2 ibu jari
1/2 kelingking
3/4 sdm



Yang perlu diperhatikan dalam bahan dan bumbu tersebut adalah bahwa kunyit dan daun kunyit merupakan bumbu wajib yang tidak boleh diganti atau tidak ada jika kita ingin memasak resep ini.

Selain itu takaran bahan dan bumbu juga akan sangat mempengaruhi cita rasa yang dihasilkan jadi jika ingin mencicipi sensasi ikan padeh asli kita harus memasaknya dengan bumbu dan bahan yang sesuai.

B. Cara membuat asam padeh

Meski terlihat sangat spesial namun untuk proses memasa tidak akan sulit. Tidak jauh berbeda prosesnya. Hanya mungkin saat menyiapkan bahan-bahnnya yang sedikit bingung. Tapi kalau sudah ada panduannya ya mudah saja. 

Langsung disiapkan semuanya ya. Setelah siap dengan apa yang dibutuhkan yaitu bahan dan bumbu maka mari langsung saja kita masak menu tersebut dengan panduan cara membuat seperti tertera di bawah ini.

  1. Masak air bersama bumbu yang dihaluskan sampai mendidih
  2. Masukkan sereh, laos dan daun kunyit
  3. Masukkan Ikan
  4. Masukkan asam
  5. Masak kurang lebih 25-30 menit
  6. Angkat dan sajikan

Untuk mendapatkan sensasi rasa yang mantap, sajikan menu asam padeh tersebut selagi panas. Jika perlu kita juga dapat menambahkan pelengkap sebagai variasi pada masakan ini.

Cukup sampai disini, silahkan catat alamat blog ini agar lebih mudah dalam mencari berbagai sumber referensi resep masakan unik yang lezat yang selalu diperbarui setiap minggunya. Terima kasih dan selamat mencoba.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post