» » » » Panduan Cara Membuat Unagi Donbori Lengkap Ada Disini

Panduan Cara Membuat Unagi Donbori Lengkap Ada Disini - Menyambung resep masakan Jepang terdahulu sekarang mari kita mencoba salah satu menu lain yaitu "resep unangi donburi". Panduan lengkapnya ada disini khusus untuk semua pecinta kuliner Jepang yang ada disini. Jadi jika anda membutuhkan panduan resep silahkan baca Cara Membuat Unagi Donbori ini tidak perlu susah-susah lagi mencarinya.

Masakan Unagi Donbori adalah salah satu masakan yang menggunakan bahan dasar nasi putih. Nasi putih pada masakan ini dikombinasikan dengan bahan unagi serta telur dadar. Mau tahu bagaimana membuat masakan ini yang mudah dan lengkap, simak penjelasan berikut!

Bahan Unagi Donbori

Tidak berbeda dari yang telah disebutkan tadi, bahan yang digunakan dalam masakan jenis ini ada dua jenis. Bahan dasar dan bahan saus tersebut silahkan siapkan sesuai daftar berikut!

Bahan dasar
  • 200 gram nasi putih
  • 100 gram unagi, cuci bersih
  • 1 butir telu, dadar

Bahan saus Unagi Donbori 
  • 200 ml kikkoman soyu
  • 1 sendok makan sake
  • 3 sendok makan mirin
  • 3 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan madu
  • 1 sendok teh jahe, parut
  • 75 ml air

Panduan Resep Unagi Donbori Lengkap Ada Disini
Unagi (Sidat)
Panduan Resep Unagi Donbori Lengkap Ada Disini

Untuk yang belum familiar dengan masakan jepang silahkan baca keterangan bahan yang ada di bawah ini agar lebih mudah dalam menyiapkannya. 
  1. Unagi (sidat) adalah kata dalam bahasa Jepang untuk belut air tawar, khususnya belut Jepang
  2. Kikkoman soyu adalah kecak jepang
  3. Mirin adalah bumbu dapur untuk masakan Jepang berupa minuman beralkohol berwarna kuning, berasa manis, mengandung gula sebanyak 40%-50% dan alkohol sekitar 14%.
"Unagi is the Japanese word for freshwater eel, especially the Japanese eel, Anguilla japonica. Unagi is a common ingredient in Japanese cooking. It is not to be confused with saltwater eel, which is known as anago in Japanese". (Sumber: Wikipedia)

Bahan di atas tentunya dapat dikreasikan dengan bahan-bahan pengganti yang sesuai seperti misalnya penggunaan kikkoman soyu diganti dengan kecap asin biasa yang tidak mengandung alkohol dan penggunaan mirin dapat diganti dengan minuman bersoda. Nah sekarang kita simak Cara Membuat Unagi Donbori dibawah ini.

Panduan Cara membuat Unagi Donbori

Untuk membuat masakan ini tidaklah sulit, setelah siap dengan bahan dan bumbu ikuti panduan cara membuatnya berikut!
  1. Panaskan mirin hingga terbakar, tunggu hingga api redup.
  2. Masukkan sake, gula pasir, kikkoman soyu, jahe parut dan madu.
  3. Tambahkan air, masak dengan api kecil hingga saus sedikit berkurang dan agak kental.
  4. Matikan api, ambil unagi, poles dengan saus sedikit demi sedikit.
  5. Panggang dengan api sedang sambil dipoles berulang-ulang hingga unagi matang.
  6. Sajikan bersama nasi putih dan telur dadar.
Selesai, mudah bukan Cara Membuat Unagi Donbori tersebut? Sekarang kita dapat menikmati salah satu masakan khas luar negeri di rumah masing-masing dan tidak perlu harus pergi ke tempat asalnya. Lain waktu kita coba lagi masakan Jepang lain yang enak-enak untuk memperkaya resep-resep yang sudah ada. Selamat mencoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post