» » » » Masakan Nokdu Bindaetteok – Resep Korea

Masih ada satu lagi resep surantap dari yaitu masakan nokdu bindaetteok. Di negara asalnya masakan ini cukup dikenal dan diluar negaranya masakan ini juga sudah banyak yang menyukai. Sebagai tambahan koleksi hari ini akan kita coba "resep Korea Nokdu Bindaetteok" tersebut. Masakan ini menggunakan bahan dasar yang mungkin tidak berkenan bagi sebagian orang yaitu daging babi jadi bagi yang tidak boleh menyantapnya dapat langsung berkreasi dengan resep Korea tersebut.

Bahan dasar masakan ini adalah kacang hijau, beras dan juga beberapa kombinasi bahan lain. Cara membuatnya bisa dikatakan tidak terlalu sulit bahkan untuk kita yang belum terbiasa dengan masakan Korea. Seperti juga masakan luar negeri lainnya, masakan ini memiliki ciri khas rasa yang sesuai dengan Negara asalnya.

Kalau anda adalah salah satu yang ingin mencicipi menu luar negeri tersebut silahkan langsung saja mulai dengan menyiapkan bahan dan bumbu yang akan digunakan untuk membuat Masakan Nokdu Bindaetteok tersebut. Bahan-bahan serta bumbu yang digunakan untuk sajian sedap ini yaitu sebagai berikut:

Bahan Dasar
  • 200g kacang hijau
  • 2 sdm beras
  • 300cc air rendaman kacang hijau
  • 1 batang daun bawang
  • 1 buah cabe merah dan cabe rawit
  • 1/2 gelas minyak

Bahan Isi
  • 150gr daging babi dengan bumbu: 1/2 sdm kecap asin, 5g bawang putih cincang halus, 1 sdt daun bawang cincang halus, 1 sdt arak, 1 sdt minyak wijen, 1gr lada
  • 150g toge dengan bumbu: 2g garam, 1 sdt minyak wijen, 1 sdt bawang putih cincang halus
  • 130g kimchi matang dengan bumbu: 1/2 sdt gula pasir, 1 sdt minyak wijen, 1 sdt biji wijen
  • 90g tumbuhan pakis dengan bumbu : 1 sdt kecap asin untuk sup, 1 sdt bawang putih cincang halus, 1 sdt daun bawang cincang halus

Bahan Saus 
  • 2 sdm kecap asin
  • 2 sdm cuka
  • 2 sdm gula pasir 

Agak sedikit banyak memang, namun nanti kan sesuai dengan masakan yang dihasilkan. Namanya juga resep luar negeri jadi ya kita tidak perlu heran. Kalau sudah siap semua dengan bahan dan bumbu mari kita mulai memasak menu Korea tersebut dengan panduan di bawah ini:

  1. Rendam kacang hijau selama 8 jam, dan rendam beras selama 3 jam. Air rendaman kacang hijau dipakai ketika menghaluskan kacang hijau di blender.
  2. Bumbui daging babi giling dan diamkan.
  3. Bumbui toge setelah direbus.
  4. Bumbui tumbuhan pakis setelah direbus.
  5. Potong kimchi matang dan bumbui kecuali sedikit kimchi yang akan dipakai sebagai hiasan.
  6. Belah daun bawang dan potong dengan panjang. Potong melintang cabe merah dan cabe hijau.
  7. Olesi minyak pada wajan yang sudah dipanaskan dengan api sedang lalu tempatkan satu sendok adonan di atas minyak lalu taruh bahan-bahan olahan di atas adonan. Kemudian tambahkan sedikit adonan diatasnya supaya bahan-bahan dapat disatukan dengan adonan.
  8. Tempatkan daun bawang, kimchi matang, dan cabe merah dan cabe hijau di atas adonan.
  9. Goreng dengan membali-balik dan sajikan untuk 2 orang 

Tambah satu lagi referensi resep keren dari Korea, mudah-mudahan resep yang kita miliki semakin bertambah terus dengan adanya resep masakan luar negeri ini. Lain waktu akan kita siapkan lagi resep lain yang juga terkenal. Sekarang silahkan mencoba resep masakan nokdu bindaetteok tersebut di rumah masing-masing.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post