» » » Minuman Bir Pletok khas Betawi

Resep Minuman Bir Pletok khas dari Betawi - jika anda hobi dengan yang namanya masuk angin anda harus mencoba salah satu resep minuman khas daerah dari Betawi ini. Nama minuman ini adalah "bir pletok". Yang bukan orang Betawi mungkin penasaran dengan namanya ya?

Minuman ini berkhasiat menurunkan gejala masuk angin, mengatasi sariawan, kelelahan, dan bahkan untuk rematik juga. Yang sangar hanya namanya ya. Bukan seperti yang ada diluar saja, minuman nusantara ini memang patut dicoba.

Minuman dengan bahan dasar jahe. Jahe sendiri memiliki ciri khas akan membuat hangat. Maka ketika dijadikan minuman tentu akan memiliki efek yang tidak jauh berbeda. Dikombinasikan dengan bahan lain tentu akan menjadi khas dan nikmat.

1) Bir pletok halal
2) Jual bir pletok
3) Bir pletok sachet
4) Bir pletok bandung
5) Minuman khas betawi
6) Minuman bir pletok betawi
7) Resep bir pletok jawa
8) Bir pletok recipe
9) Kayu secang

Ada yang sudah pernah mencoba? Kalau meminumnya mungkin sudah banyak ya tapi kalau membuat sendiri mungkin masih jarang. Makanya kita bagikan resep bir pletok ini. Berminat mencoba? Yuk ikuti langsung panduan resep minuman khas dari Betawi tersebut.

A. Bahan - Bahan

Seperti biasa yang namanya membuat masakan atau mimunan kita harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Untuk bahan-bahan minuman segar ini silahkan disiapkan sesuai daftar bahan berikut.

Bahan-bahan
  • 1 kg jahe emprit (bisa juga menggunakan jahe gajah 1½ kg)
  • 3 kg gula pasir
  • 3 x 9 kayu Masoyi
  • 20 gr kayu manis
  • 1½ ons kayu secang
  • 20 batang sereh
  • 20 lembar daun pandan
  • 1/2 ons daun jeruk
  • 1 buah pala
  • 1 sendok makan garam
  • 21 liter air

Jahe, memang merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan untuk minuman tradisional. Ada juga yang dikenal dengan sebutan wedang jahe. Ada juga yang lain. Intinya minuman ini memang layak deh untuk dicoba.

B. Cara Membuat Bir Pletok

Kalau sudah siap dengan bahan-bahan yang dibutuhkan sekarang kita langsung menuju dapur untuk mulai menyiapkan minuman ini. Panduan untuk cara membuat minuman khas Betawi tersebut yaitu seperti dijelaskan berikut!
  1. Jahe dicuci, dikupas kemudian diiris tipis-tipis. 
  2. Rebus dengan 21 liter air. Jika sudah bergolak, diaduk-aduk dan bolak balik, kemudian diangkat jahenya (ampas jahe ini bisa dibuat manisan). 
  3. Setelah jahe diangkat, masukkan rempah-rempah lainnya dan rebus hingga matang lalu angkat dan saring. 
  4. Campurkan gula pasir, biarkan hingga bergolak lagi lalu saring dan masukkan ke botol, tutup rapat kemudian disegel dan sterilkan dengan cara direbus. 
  5. Minuman ini akan menjadi 30 botol

Demikianlah panduan Resep Bir Pletok Betawi yang dapat kita coba untuk hari ini. Kalau mau mencoba yang lain juga masih ada kok. Banyak resep minuman enak dan segar yang patut untuk dijadikan teman santai.


Beberapa yang bisa dicoba sudah disiapkan dibagian akhir pembahasan. Silahkan dibuat di rumah ya. Selamat mencoba dan semoga saja dengan resep Betawi tersebut kesehatan tubuh kita akan lebih terjaga. Sampai bertemu lain waktu.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post