» » » Sop Kambing Khas Betawi

Resep Cara Membuat Sop Kambing Khas Betawi - Salah satu variasi masakan untuk daging kambing adalah sop kambing. Kali ini, kita akan mencoba membuat sop sesuai dengan resep dari Betawi. Sop kambing khas Betawi ini dapat kita sajikan pada acara-acara khusus seperti hari raya dan hari istimewa lainnya. Ingin tahu bagaimana rasa dari menu sop tersebut?

Hal yang paling pertama dipertimbangkan dalam memilih makanan biasanya dari segi rasa, memang demikian. Apalagi untuk jenis masakan kuah seperti sop, bagi anda yang gemar jenis menu seperti ini tak ada salahnya mencoba menu sop khas Jakarta tersebut. Menu yang satu ini cukup terkenal dengan beberapa varian menu lain misalnya saja beberapa menu berikut!

1) Sop kambing betawi bening
2) Resep sop kambing betawi susu
3) Sop kambing madura
4) Resep sop kambing bening
5) Sop kambing betawi tanah abang
6) Sop kambing paling enak di jakarta
7) Sop kambing tanah abang

Sop kambing khas Betawi merupakan masakan sop yang kaya akan rempah dan bahan tambahan. Dalam sop ini, kita menggunakan susu full cream dan emping goreng sebagai bahan tambahan.

Selain itu rempah yang lumayan lengkap juga digunakan disini seperi sereh, lengkuas, merica dan banyak lagi lainnya. Dengan bahan dan bumbu tersebut menu sop ini menjadi sebuah masakan yang memiliki ciri khas tersendiri.

1) Bahan dan Bumbu

Tentu saja, mudah tidaknya dan keputusan untuk mencoba sebuah resep baru biasanya juga akan melihat apa saja bahan dan bumbu yang dibutuhkan. Tenang, untuk masakan dari Jakarta yang satu ini bahan serta bumbu yang dibutuhkan tidak begitu sulit untuk disiapkan.

Ya, mungkin kalau bahan utamanya saja yang berkaitan dengan harga yang mungkin tidak murah. Ya, yang terpenting adalah daging kambing segar untuk bahan utama. Selain daging kambing sebagai bahan utama masakan dari Jakarta ini juga menggunakan berbagai bumbu yang lengkap. 

Bahan tambahannya yaitu susu dan juga emping sedangkan untuk bumbunya ada bawang, jahe, kapulaga dan lainnya. Bahan dan bumbu-bumbu selengkapnya dapat dilihat dalam daftar bahan dan bumbu di bawah ini.


Bahan-Bahan

Daging kambing muda bagian paha
Air
Susu Full Cream
Minyak Samin
Daun Jeruk Purut
Daun Salam
Sereh
Langkuas
Merica
MSG
Kecap Manis
Bawang Goreng
Garam
Jeruk Limau
Daun Bawang dan Daun Seledri
Tomat
Emping Goreng
Minyak Sayur
:
:
:
:
:
:
:
:
:
:
: : :
:
:
:
:
:
500 gram
1,5 liter
1 liter
Secukupnya
4 Lembar
4 Lembar
2 Batang
5 cm
Secukupnya
Secukupnya
Secukupnya
Secukupnya
Secukupnya
Secukupnya
Secukupnya
Secukupnya
Secukupnya
2 sdm

Bumbu Yang Dihaluskan

Bawang Putih
Bawang Merah
Kayu Manis
Cengkih
Kemiri
Jahe
Kapulaga
Merica
Biji Pala

:
:
:
:
:
:
:
:
:
6 Siung
6 Siung
4 cm
3 butir
3 butir
3 cm
3 Butir
1 sdm
1 Butir


Dengan daftar bahan dan bumbu di atas kita dapat menyajikan salah satu variasi masakan dengan bahan dasar daging kambing.

Dengan demikian keluarga dapat dipastikan akan menikmati satu menu baru yang akan memuaskan lidah mereka. Kalau biasanya saat ada daging kambing hanya dijadikan menu sate maka kali ini bisa disajikan dalam bentuk masakan sop.

2) Cara Memasak Sop Kambing Betawi

Repot atau tidak yang penting hasilnya mantap, sudah siap mencoba masakan ini? Tidak sulit untuk membuat masakan yang lezat tersebut. Hal yang mungkin perlu diperhatikan adalah komposisi takaran bumbu yang nantinya akan sangat mempengaruhi rasa. Tapi yang terpenting adalah anda mau mencoba lebih dulu, satu dua kali memasak masakan ini pasti hasilnya lebih memuaskan.

Pertama anda siapkan bahan utama dan juga bumbu-bumbu yang dibutuhkan. Setelah itu anda bisa menuju dapur dan menyiapkan proses memasak. Untuk membuat resep Betawi ini tidak begitu sulit kok, hanya beberapa langkah dan tidak rumit jadi yakin anda pasti bisa. Cara memasaknya silahkan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.
  • Potong daging kambing kecil-kecil
  • Rebus daging dengan 1 liter air mendidih kira-kira 15 menit
  • Buang rebusan air pertama untuk menghilangkan bau bandot dan lemaknya
  • Rebus kembali daging dengan 1,5 liter air sampai daging cukup empuksekitar 1 s/d 1,5 jam. 
  • Ambil 1 lt air rebusan kuah kambing dan campurkan dengan susu full cream. 
  • Biarkan daging kambing di dalam air campuran tersebut.
  • Masukkan daun salam dan daun jeruk.
  • Masukkan sereh dan langkuas yang sudah di keprek
  • Tumis bumbu yang dihaluskan dengan minyak sayur sampai harum dan matang.
  • Masukkan tumisan bumbu ke dalam air rebusan dan campuran susu. 
  • Aduk sampai rata.
  • Tunggu beberapa saat, angkat.
  • Beri penyedap rasa, merica, kecap manis dan garam sesuai dengan selera.
  • Tambahkan bawang goreng, daun bawang dan seledri sesuai dengan selera.
  • Tuangkan Kuah Sop Kambing yang masih panas sampai memenuhi mangkok.
  • Tambahkan emping di atas racikan.
  • Untuk memberi rasa asam dan aroma harum, potong 1 buah Jeruk Limau dan peras ke dalamnya.
  • Beri 1/2 sdm Minyak Samin untuk memberi rasa gurih dan aroma sedap.
Ada beberapa catatan yang sebaiknya kita perhatikan saat memasak sop ini. Pertama, usahakan untuk memotong daging kecil-kecil agar lebih cepat lunak saat dimasak. 

sop kambing betawi

Untuk merebus daging. Selain itu saat merebus akan lebih cepat jika kita menggunakan panci presto. Saya rasa itu saja pembahasan kita kali ini tentang resep sop kambing Betawi sebagai tambahan menu laksa ayam, semoga anda yang belum pernah merasakan masakan ini dapat mencobanya di rumah.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post