» » » Resep Opor Ayam Sunggingan Kudus

Panduan Resep Opor Ayam Sunggingan Khas Kudus – jumpa lagi dengan masakan khas daerah. Kali ini akan kita lanjutkan pelajaran memasak kita dengan sebuah resep baru lagi. Masakan opor dari Kudus merupakan salah satu sajian nusantara yang kaya akan rasa. 

Jika anda ingin menyajikannya namun belum tahu bagaimana cara membuat Opor Ayam Sunggingan Khas Kudus tersebut silahkan ikuti panduan langkah demi langkah untuk melakukannya. Mungkin ada yang penasaran bagaimana uniknya rasa masakan ini?

Resep khas daerah kali ini diharapkan akan menjadi salah satu variasi masakan yang disukai oleh keluarga anda. Resep ini mudah-mudahan akan menjadi resep baru yang menarik dengan kreasi oleh tangan-tangan trampil anda semua.

Untuk anda yang sudah pernah menyantap atau menyajikan masakan khas daerah yang satu ini mungkin tidak akan kaget melihat panduan ini, namun jika anda baru mengetahuinya saya harap anda jangan menyerah dan tetap semangat dalam berkreasi dengan resep asli tersebut.

A. Bahan dan Bumbu

Untuk memulainya silahkan langsung siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Lengkap satu persatu sesuai dengan yang ada pada daftar berikut. Sesuaikan juga dengan takaran yang sudah ditulis. Berikut bahan dan bumbu selengkapnya.

Bahan
1 ekor ayam kampung
1 butir kelapa dibuat 250 ml santan kental

Bumbu
15 butir kemiri
10 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1/4 sdt ketumbar
1/4 sdt jintan
1 sdm garam

Jadi dalam masakan ini yang kita gunakan adalah ayam kampung. Kenapa ayam kampung, tentu tidak usah dijelaskan lagi ya. Yang jelas rasanya lebih khas dan lezat serta dagingnya pun lebih alami. Silahkan disiapkan semua bahan dan juga bumbunya.

B. Cara Memasak

Sekarang giliran kita membuat opor ayam khas Kudus dengan panduan berikut. Sudah tidak sabar ingin mencicipi masakan ini bukan? Gampang kok memasaknya. Rekan remaja putri pun pasti bisa kalau dipandu dengan resep ini. Langkah-langkah memasaknya seperti dijelaskan di bawah ini.
  1. Kepal bumbu halus dan dimasukkan ke dalam rongga perut ayam.
  2. Bagian-bagian ayam yang berlubang disemat atau dijahit, agar bumbu tidak "pecah" keluar.
  3. Rebus ayam dalam 2 liter air hingga ayam matang dan cukup empuk.
  4. Angkat ayam, tiriskan, keluarkan sisa bumbu dari perut ayam.
  5. Setelah tiris, panggang ayam di atas bara arang hingga agak kering.
  6. Masak sisa air rebusan dan sisa bumbu dengan santan kental hingga kental.
  7. Gunakan kuah ini sebagai kuah opor untuk menyiram irisan/guntingan ayam bakar.
  8. Sajikan untuk 6 porsi

Demikianlah tadi resep opor ayam sunggingan yang bisa kita sajikan kali ini. Jangan lupa coba juga berbagai resep asli daerah lainnya yang pasti enak dan lezat. Lain waktu masih akan diberikan lagi berbagai resep lain yang tentunya baru dan belum pernah di coba. 


Anda tidak akan kehabisan ide jika sering main di situs masakan ini. Makanya, jangan lupa dicatat saja alamat situs ini. Pastikan anda mencatat alamat blog ini agar tidak ketinggalan update menu nusantara lainnya. Sekian, terima kasih!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post