» » » Bubur Sagu Ubi – Masakan Mantap dari Maluku

Lain daerah lain pula ciri masakannya, seperti pada masakan mantap dari Maluku yang akan dibuat berikut ini. Bubur sagu ubi merupakan salah satu resep unik dari daerah Maluku yang terkenal dan banyak dibuat bahkan oleh pecinta kuliner dari daerah lain. Penasaran?

Masakan khas daerah pada kesempatan ini akan memandu bagaimana cara membuat bubur sagu ubi tersebut. Tujuannya adalah sebagai salah satu sarana untuk berkreasi dan menikmati kuliner nusantara.

Bubur sagu ubi adalah jenis masakan bubur yang terbuat dari bahan dasar sagu dan ubi merah. Dalam penyajiannya, bubur ini menggunakan saus yang terbuat dari santan, daun pandan dan juga garam. Tentu bubur ini bisa dijadikan saat-saat santai bersama keluarga di rumah.

Jika anda ingin merasakan seberapa mantap masakan bubur daerah tersebut silahkan ikuti panduan memasak bubur sagu ubi yang akan saya jelaskan. Akan dijelaskan apa saja bahannya dan juga proses pembuatannya.

Pertama-tama kita akan menyiapkan peralatan dapur yang akan digunakan, setelah itu kita menyiapkan bahan-bahan yang akan kita masak yaitu bahan dasar dan bahan saus. Bahan tersebut secara lengkap sebagai berikut!

Bahan
  • 100 gr sagu lempengan
  • 1 lt air
  • 100 gr gula pasir
  • 100 gr gula merah, sisir
  • 2 lbr daun pandan, simpulkan
  • 100 gr kenari
  • 100 gr ubi merah

Saus
  • 250 ml santan dari 1 btr kelapa kupas parut
  • 2 lbr daun pandan
  • 1 sdt garam

Setelah selesai dengan persiapan kita menuju ke proses pembuatan. Proses pembuatannya dapat mengikuti langkah-langkah bagaimana membuat bubur sagu ubi yang secara rinci dijelaskan sebagai berikut.

  1. Pertama kupas, cincang kasar kenari untuk taburan
  2. Setelah itu potong dadu 1/2 x 1/2 cm ubi merah
  3. Rendam sagu dalam 500 ml air selama 1 jam hingga mengembang.
  4. Tiriskan dan buang airnya.
  5. Kemudian masak 1 liter air bersama gula pasir, gula merah, dan daun pandan hingga gula larut. Angkat lalu saring.
  6. Didihkan kembali air gula, masukkan ubi merah dan sagu yang telah lunak.
  7. Masak sambil terus diaduk hingga matang dan kental.
  8. Untuk saus didihkan semua bahan sambil terus diaduk hingga santan kental.
  9. Angkat, sisihkan.
  10. Taruh bubur sagu dalam mangkuk saji.
  11. Beri saus dan taburi kenari cincang. Sajikan.

Itulah panduan yang dapat saya berikan berkaitan dengan artikel kita kali ini mengenai "Bubur Sagu Ubi – Masakan Mantap dari Maluku". Saya sangat berharap dari resep tersebut kita semua dapat berkreasi dan dapat menghasilkan satu resep baru yang akan lebih sesuai dengan selera kita masing-masing.

Bubur Sagu Ubi – Masakan Mantap dari Maluku

Dengan menajikan salah satu jenis masakan daerah tentunya itu dapat mengobati kerinduan kita pada kampung halaman. Dan juga kita dapat lebih pintar lagi dalam hal masak-memasak khususnya untuk menu-menu nusantara. Terima kasih, selamat mencoba!

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post