» » » 3 Resep Masakan Spesial Khas Daerah Maluku

Hari ini saya akan membagikan 3 resep langsung yang akan kita coba menghidangkannya. Resep masakan tersebut berasal dari dearah yaitu masakan spesial Maluku. Untuk yang ingin ikutan dalam edisi kreasi masakan khas daerah kali ini mari langsung simak panduan memasak untuk Resep Spesial Khas Maluku tersebut.

1. Resep Kohu-Kohu Masak
Masakan pertama Resep Spesial Khas Maluku yang akan kita hidangkan adalah kohu-kohu masak. Yuk langsung kita siapkan apa yang diperlukan mulai dari bahan, bumbu dan langsung menuju ke cara membuat kohu-kohu masak tersebut. 

Bahan
  1. Sayur sawi hijau ½ kg
  2. daun kemangi 2 ikat
  3. taoge pendek 2 ons
  4. ikan tongkol bakar 1 ekor
  5. kelapa sedang tuanya, diparut, 1 buah

Bumbu
  1. cabai merah 5 buah
  2. cabai rawit 7 buah
  3. bawang putih 3 siung
  4. jeruk nipis 4 buah
  5. terasi ½ sdt
  6. garam secukupnya

Cara memasak
  • Sawi hijau dicuci bersih, kemudian diseduh dengan air panas, diamkan kira-kira 10 menit. Kemudian ditiriskan dan diremas-remas lalu diranjang halus.
  • Daun kemangi diiris halus, cabai merah, cabai rawit dan bawang putih haluskan. Tongkol dipanggang diambil dagingnya lalu dihaluskan. 
  • Seteah itu campur daging ikan dengan kelapa parut, daun kemangi, air jeruk nipis dan garam, lalu disangrai hingga kecoklaatan. Kemudian masukkan potongan sawi dan terakhir tauge pendek. Aduk hingga rata dan siap dihidangkan.

2. Masakan Bidara Rica Maluku
Menu Resep Spesial Khas Maluku kedua yang akan kita siapkan adalah masakan bidara rica Maluku yang merupakan masakan dengan bahan dasar ayam. Langsung siapkan saja bahan dasar serta bumbu-bumbu yang digunakan seperti pada daftar berikut!

Bahan
  1. Ayam 1 ekor
  2. Tomat 2 buah
  3. Daun kemangi 30 lembar

Bumbu
  1. bawang merah 5 buah
  2. bawang putih 6 siung
  3. Ketumbar ½ sdt
  4. buah kenari secukupnya

Cara memasak
  • Semua bumbu dihaluskan. Ayam setelah dibersihkan lalu dipotong-potong, setelah itu dikukus lalu dibakar, dan dimasukkan dalam tumisan bumbu.
  • Bumbu halus ditumis dengan minyak, lalu diberi air kaldu ayam dan tambahkan bumbu penyedap
  • Tomat setelah dipotong-potong, masukkan dalam adonan tersebut, lalu angkat. Hidangan siap di sajikan dan hiasi dengan daun kemangi di atasnya

3. Sayur Ganemo Santan Campur Taoge Pendek
Resep selanjutnya adalah resep sayur yaitu sayur ganemo santan campur taoge pendek. Bahan-bahan, bumbu serta panduan cara memasak masakan khas Maluku yang satu ini adalah sebagai berikut

Bahan dan Bumbu
  1. Ganemo (daun mlinjo muda) 1 kg
  2. santan 1 butir 750 cc
  3. taoge pendek 100g
  4. bawang merah 9 butir
  5. terasi 1 potong
  6. lengkuas 1 ruas jari
  7. daun salam 2 lembar
  8. garam secukupnya

Cara memasak
  • Bawang merah setelah dibersihkan lalu dihaluskan bersama garam dan terasi.
  • Masak santan hingga mendidih. Bila santan kental telah mengapung, disendok dan ditempatkan dalam satu tempat. Sisa santan dimasak terus sampai mendidih, lalu tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan, lengkuas dan daun salam.
  • Masukkan genemo / daun melinjo sampai matang, baru tambahkan tauge. Aduk sebentar kemudian tuang campuran santan kental, diaduk terus sampai semua bahan matang. Angkat dan siap disajikan.

Demikianlah tadi 3 Resep Khas Maluku yang akan kita hidangkan untuk edisi kreasi masakan khas daerah hari ini. Semoga dapat menambah referensi resep masakan spesial yang kita miliki. Sampai disini, selamat mencoba.

About Resep Masakan

Hi..! Resep Masakan Khas Daerah adalah blog tentang masakan khas daerah, kuliner, resep masakan Indonesia, cara membuat, menu memasak, bahan dan cara penyajian dan berbagai info masakan lainnya. Silahkan dicoba, terima kasih telah berkunjung...
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post